SILABUS PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan : SMP/MTS Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Kelas/Semester : VII/Genap Tahun Pelajaran : 20../20..

 

SILABUS PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan      : SMP/MTS

Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris

Kelas/Semester           : VII/Genap

Tahun Pelajaran         : 20../20..

 

Kompetensi Inti:

·         KI1 dan KI2:Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Indikator

Nilai Karakter

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi waktu

Sumber belajar

penilaian

3.5  Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan be, adjective)

.5      Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait sifat orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

·   Fungsi sosial

Mendeskripsikan, mengidentifikasi, mengkritisi, memberikan penilaian tentang orang, binatang, dan benda dari segi sifatnya.

·   Struktur teks

-    Memulai

-    Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

·   Unsur kebahasaan

-    Pernyataan dan pertanyaan terkait sifat orang, benda, binatang

-    Kosa kata, terkait dengan ciri fisik (a.l. red, big, dark, loud), selera (a.l. nice, beautiful, cute), mental (a.l. clever, smart), psikologis (a.l. happy, sad, disappointed, angry, wild), budi (a.l. kind, good, polite)

-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Sifat dan keadaan orang, binatang, benda, yang terdapat di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

3.5.1        mengidentifikasi tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, dan benda dengan konteks adjective

3.5.2        mengidentifikasi interaksi transaksional lisan dan tulis

.5.1            menyusun teks interaksi tindakan member dan meminta

·  Religius

·  Mandiri

·  Gotong royong

·  Kejujuran

·  Kerja keras

·  Percaya diri

·  Kerja sama

·  Menyimak dan menirukan  guru menanyakan dan menyebutkan sifat orang dan binatang yang terdapat di rumah, sekolah, dan sekitarnya, dengan tata bahasa, ucapan dan tekanan kata yang benar

·  Mencermati beberapa teks pendek yang mendeskripsikan sifat orang, benda, dan binatang di kelas dan sekolah untuk kemudian membaca dengan ucapan dan tekanan kata yang benar

·  Bertanya jawab tentang sifat beberapa benda di dalam dan sekitar rumah

·  Membaca beberapa teks pendek tentang sifat orang, benda, binatang di dalam dan di sekitar rumah dan sekolah sekitarnya

·  Bertanya jawab tentang sifat orang, benda, binatang terkenal

·  Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya

20 JP

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   TesTertulis

·   Tes Lisan

·   Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk kerja

3.6  Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/ fungsi orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan kalimat declarative, interrogative, simple present tense)

.5      Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, dan benda, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsurkebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 

·   Fungsi sosial

Mendeskripsikan, mengidentifikasi, mengkritisi orang, binatang, dan benda dari segi sifatnya.

·   Struktur teks

-    Memulai

-    Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

·   Unsur kebahasaan

-    Pernyataan dan pertanyaan terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, benda

-    Kalimat deklaratif (positif dan negatif) dalam simple present tense

-    Kalimat interogative: Yes/No question; Wh-question

-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Tingkah laku/tindakan/ fungsi orang, binatang, benda, yang terdapat di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

3.6.1  Mengidentifikasi fungsi social dari ungkapan untuk memberi  dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang,benda

3.6.2  Mengidentifikasi struktur teks dari ungkapan untuk memberi dan  meminta  informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, benda

3.6.3  Mengidentifikasi unsur   kebahasaan teks dengan (kalimat declarative, interrogative, simple present tense)

.5.1      Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis  terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang dan benda dengan  fungsi sosial

·          

·         Menyimak guru membacakan beberapa teks pendek kebiasaan yang dilakukan orang dan binatang yang terdapat di rumah, sekolah, dan sekitarnya, dan kemudian menirukannya kalimat-kalimat dengan tata bahasa, ucapan dan tekanan kata yang benar

·         Didiktekan guru, peserta didik menulis teks-teks tersebut dengan tulis tangan, dengan ejaan dan tanda baca yang benar

·         Membuat teks-teks pendek tentang kebiasaan yang dilakukan beberapa  orang dan binatang yang sangat dikenal

·         Bertanya jawab tentang isi teks yang telah ditulis dengan kelompok lain.

·         Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya

20 JP

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   TesTertulis

·   Tes Lisan

·   Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk kerja

3.7 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.7. Teks Deskriptif

4.7.1    Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda

4.7.2    Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana, terkait  orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

·   Fungsi sosial

Mendeskripsikan, mengenalkan, memuji, mengidentifikasi, mengkritik

·   Struktur teks

Dapat mencakup:

-    identifikasi (nama keseluruhan dan bagian)

-    sifat yang menjadi pencirinya

-    fungsi, perilaku, manfaat, tindakan, kebiasaan yang menjadi penciri orang, binatang, atau benda yang dibicarakan.

·   Unsur kebahasaan

-    Kalimat deklaratif (positif dan negatif), dan interrogative (Yes/No question; Wh-question), dalam simple present tense

-    Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Orang, binatang, benda, yang terdapat di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik, termasuk bangunan publik yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI

3.7.1        Membedakankan fungsi sosial dengan materi pembelajaran memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda

3.7.2        Membedakankan struktur teks dengan materi pembelajaran memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda sangat pendek dan sederhana

3.7.3        Membedakankan unsur kebahasaanbeberapa teks deskriptif lisan dan tulisdengan materi pembelajaran memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda

4.7.1        Teks deskriptif membandingkan konteks penggunaan dengan lisan dan tulis

4.7.1.1  Memahamifungsi sosial makna secara kontekstual terkait materi perbedaan fungsideskriptif lisan dan tulis terkait orang, binatang, dan benda

4.7.1.2  Memahami struktur teks makna secara kontekstual terkait materi perbedaan deskriptif lisan dan tulis terkait orang, binatang, dan benda

4.7.1.3  Memahami unsur kebahasaan makna secara kontekstual terkait materi perbedaan deskriptif lisan dan tulis terkait orang, binatang, dan benda

4.7.2.1  Mempelajari teks deskriptif lisan dan tulis dengan memperhatikan pembelajaran fungsi social terkait orang, binatang, dan benda

4.7.2.2  Mempelajari teks deskriptif lisan dan tulis dengan memperhatikan pembelajaran struktur teks terkait orang, binatang dan benda

4.7.2.3  Mempelajari teks deskriptif lisan dan tulis dengan memperhatikan pembelajaran unsur kebahasaanterkait orang, binatang, dan benda

·          

·         Membaca beberapa teks deskriptif tentang sekolah termasuk benda-benda dan binatang-binatang yang ada yang disertai foto atau gambar yang menarik

·         Bertanya tentang informasi yang terkait di dalam teks tersebut.

·         Menggunakan alat analisis (tabel atau bagan mind-map) untuk mempelajari sistematika deskripsi yang diterapkan

·         Mengamati suatu benda/binatang/orang yang sangat dikenal, untuk mengumpulkan data tentang jumlah, sifat, perilaku, dll. Untuk mengritik/ menyatakan kekaguman/ mempromosikan

·         Dalam kelompok membuat proyek kecil: dengan bantuan mind-map, membuat teks deskripsi tentang kota atau desanya untuk mempromosikan

·         Menempelkan teks di dinding kelas dan bertanya jawab dengan pembaca (siswa lain, guru) yang datang membacanya

·         Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya

28 JP

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   TesTertulis

·   Tes Lisan

·   Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk kerja

3.8     Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs

4.8     Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs

 

·   Fungsi sosial

Mengembangkan nilai-nilai kehidupan dan karakter yang positif

·   Unsur kebahasaan

-    Kosa kata dan tata bahasa dalam lirik lagu

-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Hal-hal yang dapat memberikan keteladanan dan menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

3.8.1        Memahami fungsi sosial dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs

3.8.2        Memahami unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs

4.8.1        Mempelajari makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dalam pembelajaran lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs

4.8.2        Mempelajari makna secara kontekstual terkait dengan unsur kebahasaan dalam pembelajaran lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs

·          

·         Membaca, menyimak, dan menirukan lirik lagu secara lisan.

·         Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau berbeda

·         Menyebutkan pesan yang terkait dengan bagian-bagian tertentu

·         Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.

4 JP

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   TesTertulis

·   Tes Lisan

·   Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk kerja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan      : SMP/MTS

Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris

Kelas/Semester           : VII/Genap

Tahun Pelajaran         : 20../20..

 

Kompetensi Inti:

·         KI1 dan KI2:Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Indikator

Nilai Karakter

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi waktu

Sumber belajar

penilaian

3.7  Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan be, adjective)

.6      Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait sifat orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

·   Fungsi sosial

Mendeskripsikan, mengidentifikasi, mengkritisi, memberikan penilaian tentang orang, binatang, dan benda dari segi sifatnya.

·   Struktur teks

-    Memulai

-    Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

·   Unsur kebahasaan

-    Pernyataan dan pertanyaan terkait sifat orang, benda, binatang

-    Kosa kata, terkait dengan ciri fisik (a.l. red, big, dark, loud), selera (a.l. nice, beautiful, cute), mental (a.l. clever, smart), psikologis (a.l. happy, sad, disappointed, angry, wild), budi (a.l. kind, good, polite)

-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Sifat dan keadaan orang, binatang, benda, yang terdapat di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

3.7.1        mengidentifikasi tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, dan benda dengan konteks adjective

3.7.2        mengidentifikasi interaksi transaksional lisan dan tulis

.6.1            menyusun teks interaksi tindakan member dan meminta

·  Religius

·  Mandiri

·  Gotong royong

·  Kejujuran

·  Kerja keras

·  Percaya diri

·  Kerja sama

·  Menyimak dan menirukan  guru menanyakan dan menyebutkan sifat orang dan binatang yang terdapat di rumah, sekolah, dan sekitarnya, dengan tata bahasa, ucapan dan tekanan kata yang benar

·  Mencermati beberapa teks pendek yang mendeskripsikan sifat orang, benda, dan binatang di kelas dan sekolah untuk kemudian membaca dengan ucapan dan tekanan kata yang benar

·  Bertanya jawab tentang sifat beberapa benda di dalam dan sekitar rumah

·  Membaca beberapa teks pendek tentang sifat orang, benda, binatang di dalam dan di sekitar rumah dan sekolah sekitarnya

·  Bertanya jawab tentang sifat orang, benda, binatang terkenal

·  Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya

20 JP

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   TesTertulis

·   Tes Lisan

·   Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk kerja

3.8  Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/ fungsi orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan kalimat declarative, interrogative, simple present tense)

.5      Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, dan benda, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsurkebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 

·   Fungsi sosial

Mendeskripsikan, mengidentifikasi, mengkritisi orang, binatang, dan benda dari segi sifatnya.

·   Struktur teks

-    Memulai

-    Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

·   Unsur kebahasaan

-    Pernyataan dan pertanyaan terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, benda

-    Kalimat deklaratif (positif dan negatif) dalam simple present tense

-    Kalimat interogative: Yes/No question; Wh-question

-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Tingkah laku/tindakan/ fungsi orang, binatang, benda, yang terdapat di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

3.8.1  Mengidentifikasi fungsi social dari ungkapan untuk memberi  dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang,benda

3.8.2  Mengidentifikasi struktur teks dari ungkapan untuk memberi dan  meminta  informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, benda

3.8.3  Mengidentifikasi unsur   kebahasaan teks dengan (kalimat declarative, interrogative, simple present tense)

.5.1      Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis  terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang dan benda dengan  fungsi sosial

·          

·         Menyimak guru membacakan beberapa teks pendek kebiasaan yang dilakukan orang dan binatang yang terdapat di rumah, sekolah, dan sekitarnya, dan kemudian menirukannya kalimat-kalimat dengan tata bahasa, ucapan dan tekanan kata yang benar

·         Didiktekan guru, peserta didik menulis teks-teks tersebut dengan tulis tangan, dengan ejaan dan tanda baca yang benar

·         Membuat teks-teks pendek tentang kebiasaan yang dilakukan beberapa  orang dan binatang yang sangat dikenal

·         Bertanya jawab tentang isi teks yang telah ditulis dengan kelompok lain.

·         Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya

20 JP

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   TesTertulis

·   Tes Lisan

·   Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk kerja

3.7 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.7. Teks Deskriptif

4.7.1    Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda

4.7.2    Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana, terkait  orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

·   Fungsi sosial

Mendeskripsikan, mengenalkan, memuji, mengidentifikasi, mengkritik

·   Struktur teks

Dapat mencakup:

-    identifikasi (nama keseluruhan dan bagian)

-    sifat yang menjadi pencirinya

-    fungsi, perilaku, manfaat, tindakan, kebiasaan yang menjadi penciri orang, binatang, atau benda yang dibicarakan.

·   Unsur kebahasaan

-    Kalimat deklaratif (positif dan negatif), dan interrogative (Yes/No question; Wh-question), dalam simple present tense

-    Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Orang, binatang, benda, yang terdapat di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik, termasuk bangunan publik yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI

3.8.3        Membedakankan fungsi sosial dengan materi pembelajaran memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda

3.8.4        Membedakankan struktur teks dengan materi pembelajaran memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda sangat pendek dan sederhana

3.8.5        Membedakankan unsur kebahasaanbeberapa teks deskriptif lisan dan tulisdengan materi pembelajaran memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda

4.7.2        Teks deskriptif membandingkan konteks penggunaan dengan lisan dan tulis

4.7.2.1  Memahamifungsi sosial makna secara kontekstual terkait materi perbedaan fungsideskriptif lisan dan tulis terkait orang, binatang, dan benda

4.7.2.2  Memahami struktur teks makna secara kontekstual terkait materi perbedaan deskriptif lisan dan tulis terkait orang, binatang, dan benda

4.7.2.3  Memahami unsur kebahasaan makna secara kontekstual terkait materi perbedaan deskriptif lisan dan tulis terkait orang, binatang, dan benda

4.8.2.1  Mempelajari teks deskriptif lisan dan tulis dengan memperhatikan pembelajaran fungsi social terkait orang, binatang, dan benda

4.8.2.2  Mempelajari teks deskriptif lisan dan tulis dengan memperhatikan pembelajaran struktur teks terkait orang, binatang dan benda

4.8.2.3  Mempelajari teks deskriptif lisan dan tulis dengan memperhatikan pembelajaran unsur kebahasaanterkait orang, binatang, dan benda

·          

·         Membaca beberapa teks deskriptif tentang sekolah termasuk benda-benda dan binatang-binatang yang ada yang disertai foto atau gambar yang menarik

·         Bertanya tentang informasi yang terkait di dalam teks tersebut.

·         Menggunakan alat analisis (tabel atau bagan mind-map) untuk mempelajari sistematika deskripsi yang diterapkan

·         Mengamati suatu benda/binatang/orang yang sangat dikenal, untuk mengumpulkan data tentang jumlah, sifat, perilaku, dll. Untuk mengritik/ menyatakan kekaguman/ mempromosikan

·         Dalam kelompok membuat proyek kecil: dengan bantuan mind-map, membuat teks deskripsi tentang kota atau desanya untuk mempromosikan

·         Menempelkan teks di dinding kelas dan bertanya jawab dengan pembaca (siswa lain, guru) yang datang membacanya

·         Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya

28 JP

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   TesTertulis

·   Tes Lisan

·   Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk kerja

3.9     Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs

4.9     Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs

 

·   Fungsi sosial

Mengembangkan nilai-nilai kehidupan dan karakter yang positif

·   Unsur kebahasaan

-    Kosa kata dan tata bahasa dalam lirik lagu

-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Hal-hal yang dapat memberikan keteladanan dan menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

3.9.1        Memahami fungsi sosial dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs

3.9.2        Memahami unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs

4.8.3        Mempelajari makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dalam pembelajaran lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs

4.8.4        Mempelajari makna secara kontekstual terkait dengan unsur kebahasaan dalam pembelajaran lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs

·          

·         Membaca, menyimak, dan menirukan lirik lagu secara lisan.

·         Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau berbeda

·         Menyebutkan pesan yang terkait dengan bagian-bagian tertentu

·         Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.

4 JP

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   TesTertulis

·   Tes Lisan

·   Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk kerja

 

 

Comments