SILABUS PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan : SMP/MTS Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Kelas/Semester : VII/Genap Tahun Pelajaran : 20../20..
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP/MTS
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/Genap
Tahun
Pelajaran : 20../20..
Kompetensi Inti:
·
KI1 dan KI2:Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan
kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan
spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan
terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
|
Kompetensi
Dasar |
Materi
Pembelajaran |
Indikator |
Nilai
Karakter |
Kegiatan
Pembelajaran |
Alokasi waktu |
Sumber
belajar |
penilaian |
|
3.5 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang,
benda sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan be,
adjective) .5
Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi
terkait sifat orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
·
Fungsi sosial Mendeskripsikan, mengidentifikasi, mengkritisi, memberikan
penilaian tentang orang, binatang, dan benda dari segi sifatnya. ·
Struktur teks -
Memulai -
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan) ·
Unsur kebahasaan -
Pernyataan dan pertanyaan terkait
sifat orang, benda, binatang -
Kosa kata, terkait dengan ciri
fisik (a.l. red, big, dark, loud), selera
(a.l. nice, beautiful, cute),
mental (a.l. clever, smart), psikologis (a.l. happy, sad, disappointed, angry, wild), budi (a.l. kind,
good, polite) -
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan ·
Topik Sifat dan keadaan orang, binatang, benda, yang terdapat di
rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik yang dapat menumbuhkan
perilaku yang termuat di KI |
3.5.1
mengidentifikasi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, dan benda
dengan konteks adjective 3.5.2
mengidentifikasi interaksi
transaksional lisan dan tulis .5.1
menyusun teks interaksi
tindakan member dan meminta |
· Religius · Mandiri · Gotong royong · Kejujuran · Kerja keras · Percaya diri · Kerja sama |
·
Menyimak dan menirukan guru menanyakan dan menyebutkan sifat orang
dan binatang yang terdapat di rumah, sekolah, dan sekitarnya, dengan tata
bahasa, ucapan dan tekanan kata yang benar · Mencermati beberapa teks pendek yang mendeskripsikan sifat orang, benda,
dan binatang di kelas dan sekolah untuk kemudian membaca dengan ucapan dan
tekanan kata yang benar · Bertanya jawab tentang sifat beberapa benda di dalam dan sekitar rumah · Membaca beberapa teks pendek tentang sifat orang, benda, binatang di
dalam dan di sekitar rumah dan sekolah sekitarnya · Bertanya jawab
tentang sifat orang, benda, binatang terkenal · Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya |
20 JP |
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa
Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata
Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
· TesTertulis · Tes Lisan · Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk
kerja |
|
3.6 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/
fungsi orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya
(Perhatikan unsur kebahasaan kalimat declarative, interrogative, simple
present tense) .5
Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait tingkah laku/tindakan/fungsi
orang, binatang, dan benda, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsurkebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
·
Fungsi sosial Mendeskripsikan, mengidentifikasi, mengkritisi orang,
binatang, dan benda dari segi sifatnya. ·
Struktur teks -
Memulai -
Menanggapi (diharapkan/di luar
dugaan) ·
Unsur kebahasaan -
Pernyataan dan pertanyaan terkait
tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, benda -
Kalimat deklaratif (positif dan
negatif) dalam simple present tense -
Kalimat interogative: Yes/No question; Wh-question -
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan ·
Topik Tingkah laku/tindakan/ fungsi orang, binatang, benda, yang
terdapat di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik yang dapat
menumbuhkan perilaku yang termuat di KI |
3.6.1
Mengidentifikasi fungsi
social dari ungkapan untuk memberi dan
meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/fungsi orang,
binatang,benda 3.6.2
Mengidentifikasi struktur
teks dari ungkapan untuk memberi dan
meminta informasi terkait
dengan tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, benda 3.6.3
Mengidentifikasi
unsur kebahasaan teks dengan (kalimat
declarative, interrogative, simple present tense) .5.1
Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis terkait
tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang dan benda dengan fungsi sosial |
·
|
·
Menyimak guru membacakan beberapa
teks pendek kebiasaan yang dilakukan orang dan binatang yang terdapat di
rumah, sekolah, dan sekitarnya, dan kemudian menirukannya kalimat-kalimat
dengan tata bahasa, ucapan dan tekanan kata yang benar ·
Didiktekan guru, peserta didik
menulis teks-teks tersebut dengan tulis tangan, dengan ejaan dan tanda baca
yang benar ·
Membuat teks-teks pendek tentang
kebiasaan yang dilakukan beberapa
orang dan binatang yang sangat dikenal ·
Bertanya jawab tentang isi teks yang telah ditulis dengan
kelompok lain. ·
Melakukan refleksi tentang
proses dan hasil belajarnya |
20 JP |
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa
Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata
Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
· TesTertulis · Tes Lisan · Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk
kerja |
|
3.7
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa
teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait
dengan deskripsi orang, binatang, dan benda sangat pendek dan sederhana,
sesuai dengan konteks penggunaannya 4.7. Teks
Deskriptif 4.7.1 Menangkap makna secara
kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang,
binatang, dan benda 4.7.2 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana, terkait
orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks |
·
Fungsi sosial Mendeskripsikan, mengenalkan, memuji, mengidentifikasi,
mengkritik ·
Struktur teks Dapat
mencakup: -
identifikasi (nama keseluruhan
dan bagian) -
sifat yang menjadi pencirinya -
fungsi, perilaku, manfaat,
tindakan, kebiasaan yang menjadi penciri orang, binatang, atau benda yang
dibicarakan. ·
Unsur kebahasaan -
Kalimat deklaratif (positif dan
negatif), dan interrogative (Yes/No
question; Wh-question), dalam
simple present tense -
Nomina singular dan plural
dengan atau tanpa a, the, this, those,
my, their, dsb. -
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan ·
Topik Orang, binatang, benda, yang terdapat di rumah, sekolah,
dan lingkungan sekitar peserta didik, termasuk bangunan publik yang dapat
menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI |
3.7.1
Membedakankan fungsi
sosial dengan materi pembelajaran memberi dan meminta informasi terkait
dengan deskripsi orang, binatang, dan benda 3.7.2
Membedakankan struktur
teks dengan materi pembelajaran memberi dan meminta informasi terkait dengan
deskripsi orang, binatang, dan benda sangat pendek dan sederhana 3.7.3
Membedakankan unsur
kebahasaanbeberapa teks deskriptif lisan dan tulisdengan materi pembelajaran
memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan
benda 4.7.1
Teks deskriptif
membandingkan konteks penggunaan dengan lisan dan tulis 4.7.1.1
Memahamifungsi sosial
makna secara kontekstual terkait materi perbedaan fungsideskriptif lisan dan
tulis terkait orang, binatang, dan benda 4.7.1.2
Memahami struktur teks
makna secara kontekstual terkait materi perbedaan deskriptif lisan dan tulis
terkait orang, binatang, dan benda 4.7.1.3
Memahami unsur kebahasaan
makna secara kontekstual terkait materi perbedaan deskriptif lisan dan tulis
terkait orang, binatang, dan benda 4.7.2.1
Mempelajari teks
deskriptif lisan dan tulis dengan memperhatikan pembelajaran fungsi social
terkait orang, binatang, dan benda 4.7.2.2
Mempelajari teks
deskriptif lisan dan tulis dengan memperhatikan pembelajaran struktur teks
terkait orang, binatang dan benda 4.7.2.3
Mempelajari teks
deskriptif lisan dan tulis dengan memperhatikan pembelajaran unsur
kebahasaanterkait orang, binatang, dan benda |
·
|
·
Membaca beberapa teks deskriptif
tentang sekolah termasuk benda-benda dan binatang-binatang yang ada yang
disertai foto atau gambar yang menarik ·
Bertanya tentang informasi yang
terkait di dalam teks tersebut. ·
Menggunakan alat analisis (tabel
atau bagan mind-map) untuk
mempelajari sistematika deskripsi yang diterapkan ·
Mengamati suatu
benda/binatang/orang yang sangat dikenal, untuk mengumpulkan data tentang
jumlah, sifat, perilaku, dll. Untuk mengritik/ menyatakan kekaguman/
mempromosikan ·
Dalam kelompok membuat proyek
kecil: dengan bantuan mind-map,
membuat teks deskripsi tentang kota atau desanya untuk mempromosikan ·
Menempelkan teks di dinding kelas
dan bertanya jawab dengan pembaca (siswa lain, guru) yang datang membacanya ·
Melakukan refleksi tentang proses
dan hasil belajarnya |
28 JP |
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa
Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata
Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
· TesTertulis · Tes Lisan · Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk
kerja |
|
3.8
Menafsirkan fungsi sosial
dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs 4.8
Menangkap makna secara
kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu
terkait kehidupan remaja SMP/MTs |
·
Fungsi sosial Mengembangkan nilai-nilai kehidupan dan karakter yang
positif ·
Unsur kebahasaan -
Kosa kata dan tata bahasa dalam
lirik lagu -
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan ·
Topik Hal-hal yang dapat memberikan keteladanan dan menumbuhkan
perilaku yang termuat di KI |
3.8.1
Memahami fungsi sosial
dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs 3.8.2
Memahami unsur kebahasaan
dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs 4.8.1
Mempelajari makna secara
kontekstual terkait dengan fungsi sosial dalam pembelajaran lirik lagu
terkait kehidupan remaja SMP/MTs 4.8.2
Mempelajari makna secara kontekstual
terkait dengan unsur kebahasaan dalam pembelajaran lirik lagu terkait
kehidupan remaja SMP/MTs |
·
|
·
Membaca, menyimak, dan menirukan
lirik lagu secara lisan. ·
Menanyakan hal-hal yang tidak
diketahui atau berbeda ·
Menyebutkan pesan yang terkait
dengan bagian-bagian tertentu ·
Melakukan refleksi tentang proses
dan hasil belajarnya. |
4 JP |
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa
Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata
Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
· TesTertulis · Tes Lisan · Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk
kerja |
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP/MTS
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/Genap
Tahun
Pelajaran : 20../20..
Kompetensi Inti:
·
KI1 dan KI2:Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan
kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan
spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan
terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
|
Kompetensi
Dasar |
Materi
Pembelajaran |
Indikator |
Nilai
Karakter |
Kegiatan
Pembelajaran |
Alokasi waktu |
Sumber
belajar |
penilaian |
|
3.7 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang,
benda sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan be,
adjective) .6
Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi
terkait sifat orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
·
Fungsi sosial Mendeskripsikan, mengidentifikasi, mengkritisi, memberikan
penilaian tentang orang, binatang, dan benda dari segi sifatnya. ·
Struktur teks -
Memulai -
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan) ·
Unsur kebahasaan -
Pernyataan dan pertanyaan terkait
sifat orang, benda, binatang -
Kosa kata, terkait dengan ciri
fisik (a.l. red, big, dark, loud), selera
(a.l. nice, beautiful, cute),
mental (a.l. clever, smart), psikologis (a.l. happy, sad, disappointed, angry, wild), budi (a.l. kind,
good, polite) -
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan ·
Topik Sifat dan keadaan orang, binatang, benda, yang terdapat di
rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik yang dapat menumbuhkan
perilaku yang termuat di KI |
3.7.1
mengidentifikasi tindakan
memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, dan benda
dengan konteks adjective 3.7.2
mengidentifikasi interaksi
transaksional lisan dan tulis .6.1
menyusun teks interaksi
tindakan member dan meminta |
· Religius · Mandiri · Gotong royong · Kejujuran · Kerja keras · Percaya diri · Kerja sama |
·
Menyimak dan menirukan guru menanyakan dan menyebutkan sifat orang
dan binatang yang terdapat di rumah, sekolah, dan sekitarnya, dengan tata
bahasa, ucapan dan tekanan kata yang benar · Mencermati beberapa teks pendek yang mendeskripsikan sifat orang, benda,
dan binatang di kelas dan sekolah untuk kemudian membaca dengan ucapan dan
tekanan kata yang benar · Bertanya jawab tentang sifat beberapa benda di dalam dan sekitar rumah · Membaca beberapa teks pendek tentang sifat orang, benda, binatang di
dalam dan di sekitar rumah dan sekolah sekitarnya · Bertanya jawab
tentang sifat orang, benda, binatang terkenal · Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya |
20 JP |
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa
Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata
Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
· TesTertulis · Tes Lisan · Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk
kerja |
|
3.8 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/
fungsi orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya
(Perhatikan unsur kebahasaan kalimat declarative, interrogative, simple
present tense) .5
Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait tingkah laku/tindakan/fungsi
orang, binatang, dan benda, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsurkebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
·
Fungsi sosial Mendeskripsikan, mengidentifikasi, mengkritisi orang,
binatang, dan benda dari segi sifatnya. ·
Struktur teks -
Memulai -
Menanggapi (diharapkan/di luar
dugaan) ·
Unsur kebahasaan -
Pernyataan dan pertanyaan terkait
tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, benda -
Kalimat deklaratif (positif dan
negatif) dalam simple present tense -
Kalimat interogative: Yes/No question; Wh-question -
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan ·
Topik Tingkah laku/tindakan/ fungsi orang, binatang, benda, yang
terdapat di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik yang dapat
menumbuhkan perilaku yang termuat di KI |
3.8.1
Mengidentifikasi fungsi
social dari ungkapan untuk memberi dan
meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/fungsi orang,
binatang,benda 3.8.2
Mengidentifikasi struktur
teks dari ungkapan untuk memberi dan
meminta informasi terkait
dengan tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, benda 3.8.3
Mengidentifikasi
unsur kebahasaan teks dengan (kalimat
declarative, interrogative, simple present tense) .5.1
Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis terkait
tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang dan benda dengan fungsi sosial |
·
|
·
Menyimak guru membacakan beberapa
teks pendek kebiasaan yang dilakukan orang dan binatang yang terdapat di
rumah, sekolah, dan sekitarnya, dan kemudian menirukannya kalimat-kalimat
dengan tata bahasa, ucapan dan tekanan kata yang benar ·
Didiktekan guru, peserta didik
menulis teks-teks tersebut dengan tulis tangan, dengan ejaan dan tanda baca
yang benar ·
Membuat teks-teks pendek tentang
kebiasaan yang dilakukan beberapa
orang dan binatang yang sangat dikenal ·
Bertanya jawab tentang isi teks yang telah ditulis dengan
kelompok lain. ·
Melakukan refleksi tentang
proses dan hasil belajarnya |
20 JP |
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa
Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata
Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
· TesTertulis · Tes Lisan · Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk
kerja |
|
3.7
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa
teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait
dengan deskripsi orang, binatang, dan benda sangat pendek dan sederhana,
sesuai dengan konteks penggunaannya 4.7. Teks
Deskriptif 4.7.1 Menangkap makna secara
kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang,
binatang, dan benda 4.7.2 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana, terkait
orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks |
·
Fungsi sosial Mendeskripsikan, mengenalkan, memuji, mengidentifikasi,
mengkritik ·
Struktur teks Dapat
mencakup: -
identifikasi (nama keseluruhan
dan bagian) -
sifat yang menjadi pencirinya -
fungsi, perilaku, manfaat,
tindakan, kebiasaan yang menjadi penciri orang, binatang, atau benda yang
dibicarakan. ·
Unsur kebahasaan -
Kalimat deklaratif (positif dan
negatif), dan interrogative (Yes/No
question; Wh-question), dalam
simple present tense -
Nomina singular dan plural
dengan atau tanpa a, the, this, those,
my, their, dsb. -
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan ·
Topik Orang, binatang, benda, yang terdapat di rumah, sekolah,
dan lingkungan sekitar peserta didik, termasuk bangunan publik yang dapat
menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI |
3.8.3
Membedakankan fungsi
sosial dengan materi pembelajaran memberi dan meminta informasi terkait
dengan deskripsi orang, binatang, dan benda 3.8.4
Membedakankan struktur
teks dengan materi pembelajaran memberi dan meminta informasi terkait dengan
deskripsi orang, binatang, dan benda sangat pendek dan sederhana 3.8.5
Membedakankan unsur
kebahasaanbeberapa teks deskriptif lisan dan tulisdengan materi pembelajaran
memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan
benda 4.7.2
Teks deskriptif
membandingkan konteks penggunaan dengan lisan dan tulis 4.7.2.1
Memahamifungsi sosial
makna secara kontekstual terkait materi perbedaan fungsideskriptif lisan dan
tulis terkait orang, binatang, dan benda 4.7.2.2
Memahami struktur teks
makna secara kontekstual terkait materi perbedaan deskriptif lisan dan tulis
terkait orang, binatang, dan benda 4.7.2.3
Memahami unsur kebahasaan
makna secara kontekstual terkait materi perbedaan deskriptif lisan dan tulis
terkait orang, binatang, dan benda 4.8.2.1
Mempelajari teks
deskriptif lisan dan tulis dengan memperhatikan pembelajaran fungsi social
terkait orang, binatang, dan benda 4.8.2.2
Mempelajari teks
deskriptif lisan dan tulis dengan memperhatikan pembelajaran struktur teks
terkait orang, binatang dan benda 4.8.2.3
Mempelajari teks
deskriptif lisan dan tulis dengan memperhatikan pembelajaran unsur
kebahasaanterkait orang, binatang, dan benda |
·
|
·
Membaca beberapa teks deskriptif
tentang sekolah termasuk benda-benda dan binatang-binatang yang ada yang
disertai foto atau gambar yang menarik ·
Bertanya tentang informasi yang
terkait di dalam teks tersebut. ·
Menggunakan alat analisis (tabel
atau bagan mind-map) untuk
mempelajari sistematika deskripsi yang diterapkan ·
Mengamati suatu
benda/binatang/orang yang sangat dikenal, untuk mengumpulkan data tentang
jumlah, sifat, perilaku, dll. Untuk mengritik/ menyatakan kekaguman/
mempromosikan ·
Dalam kelompok membuat proyek
kecil: dengan bantuan mind-map,
membuat teks deskripsi tentang kota atau desanya untuk mempromosikan ·
Menempelkan teks di dinding kelas
dan bertanya jawab dengan pembaca (siswa lain, guru) yang datang membacanya ·
Melakukan refleksi tentang proses
dan hasil belajarnya |
28 JP |
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa
Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata
Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
· TesTertulis · Tes Lisan · Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk
kerja |
|
3.9
Menafsirkan fungsi sosial
dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs 4.9
Menangkap makna secara
kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu
terkait kehidupan remaja SMP/MTs |
·
Fungsi sosial Mengembangkan nilai-nilai kehidupan dan karakter yang
positif ·
Unsur kebahasaan -
Kosa kata dan tata bahasa dalam
lirik lagu -
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan ·
Topik Hal-hal yang dapat memberikan keteladanan dan menumbuhkan
perilaku yang termuat di KI |
3.9.1
Memahami fungsi sosial
dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs 3.9.2
Memahami unsur kebahasaan
dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs 4.8.3
Mempelajari makna secara
kontekstual terkait dengan fungsi sosial dalam pembelajaran lirik lagu
terkait kehidupan remaja SMP/MTs 4.8.4
Mempelajari makna secara kontekstual
terkait dengan unsur kebahasaan dalam pembelajaran lirik lagu terkait
kehidupan remaja SMP/MTs |
·
|
·
Membaca, menyimak, dan menirukan
lirik lagu secara lisan. ·
Menanyakan hal-hal yang tidak
diketahui atau berbeda ·
Menyebutkan pesan yang terkait
dengan bagian-bagian tertentu ·
Melakukan refleksi tentang proses
dan hasil belajarnya. |
4 JP |
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa
Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata
Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
· TesTertulis · Tes Lisan · Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk
kerja |
Comments
Post a Comment