SILABUS PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan : SMP/MTS Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Kelas/Semester : VII/Ganjil Tahun Pelajaran : 20../20..
SILABUS
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP/MTS
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Tahun
Pelajaran : 20../20..
Kompetensi Inti:
·
KI1 dan KI2:Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan
kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan
spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan
terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
|
Kompetensi
Dasar |
Materi
Pembelajaran |
Indikator |
Nilai
Karakter |
Kegiatan
Pembelajaran |
Alokasi waktu |
Sumber
belajar |
Penilaian |
|
3.1 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan menyapa, berpamitan,
mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan
konteks penggunaannya 3.1 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan,
mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, dan menanggapinya dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks |
·
Fungsi sosial Menyapa,
berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya, untuk menjaga
hubungan interpersonal dengan guru dan teman. ·
Struktur teks -
Memulai -
Menanggapi (diharapkan/di luar
dugaan) ·
Unsur kebahasaan -
Ungkapan-ungkapan yang lazim
digunakan -
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan ·
Topik Interaksi antara peserta didik di dalam di luar kelas yang
melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf yang
dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI |
3.1.1 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis dengan teman dan
guru. 3.1.2
Membedakan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan
tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan teks interaksi
interpersonal. 4.1.1
Menyajikan informasi
terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang diperoleh dari
teks interaksi interpersonal. 4.1.2
Menyajikan informasi
terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang diperoleh dari
teks interaksi interpersonal. 4.1.3
Mendeskripsikan secara
lisan, pendek dan sederhana dengan memberi dan meminta informasi terkait
dengan interaksi interpersonal 4.1.4
Menulis deskripsi pendek
dan sederhana dengan meminta dan memberi informasi terkait dengan teks
interaksi interpersonal |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Menyimak, menirukan, dan
memperagakan beberapa contoh percakapan, dengan ucapan dan tekanan kata yang
benar. ·
Mengidentifikasi ungkapan yang
sedang dipelajari ·
Belajar menanyakan hal-hal yang
tidak diketahui atau yang berbeda. ·
Menentukan ungkapan yang tepat
secara lisan/tulis dari berbagai situasi lain yang serupa. ·
Membiasakan menerapkan yang
sedang dipelajari. dalam interaksi dengan guru dan teman secara alami di
dalam dan di luar kelas. ·
Melakukan refleksi tentang proses
dan hasil belajar. |
12 JP |
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017 Buku Siswa Mata
Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017 Buku Guru Mata
Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
· Tes Tertulis · Tes Lisan · Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk
kerja |
|
3.2 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya. Perhatikan unsur kebahasaan
dan kosa kata terkait hubungan keluarga; pronoun (subjective, objective,
possessive) 4.2 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait jati diri, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
·
Fungsi sosial Berkenalan, memperkenalkan diri sendiri/orang lain. ·
Struktur teks -
Memulai -
Menanggapi (diharapkan/di luar
dugaan) ·
Unsur kebahasaan -
Sebutan anggota keluarga inti dan
yang lebih luas dan orang-orang dekat lainnya -
Verba: be, have, go, work, live (dalam simple present tense) -
Subjek Pronoun: I, You, We, They, He, She, It -
Kata ganti possessive my, your, his, dsb. -
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan ·
Topik Deskripsi diri sendiri sebagai bagian dari keluarga: ayah,
ibu, kakak, adik,yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI |
3.2.1
Mengidentifikasi ungkapan
yang digunakan untuk memperkenalkan
jati diri 3.2.2
Mengidentifikasi fungsi
social teks lisan dan tulis untuk memperkenalkan jati diri 3.2.3
Mengidentifikasi ungkapan
yang digunakan untuk menyatakan Hobi dan kegemaran 3.2.4
Mengidentifikasi ungkapan
untuk menyatakan Anggota keluarga 4.2.1
Melakukan percakapan
interpersonal untuk meminta dan member
informasi terkait jati diri, hobi, kegemaran dan anggota keluarga kegiatan terintegrasi menyimak, membaca,
berbicara dan menulis dengan percaya diri |
·
|
·
Menyimak dan menirukan beberapa contoh
pemaparan jati diri, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar ·
Mengidentifikasi
ungakapan-ungkapan penting ·
Menanyakan hal-hal yang tidak
diketahui atau yang berbeda. ·
Mempelajari contoh teks pemaparan
jati diri oleh figur-figur terkenal ·
Memaparkan jati dirinya yang
sebenarnya. ·
Saling menyimak dan bertanya
jawab tentang jati diri masing-masing dengan teman-temannya ·
Melakukan refleksi tentang proses
dan hasil belajarnya |
16 JP |
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017 Buku Siswa Mata
Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017 Buku Guru Mata
Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
· TesTertulis · Tes Lisan · Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk
kerja |
|
3.3 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu
dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan kosa kata terkait angka kardinal dan
ordinal) 4.3 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama
hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan
tahun, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dansesuaikonteks |
·
Fungsi sosial Menyebutkan/ menanyakan waktu dari keadaan/
peristiwa/kegiatan ·
Struktur teks -
Memulai -
Menanggapi (diharapkan/di luar
dugaan) ·
Unsur kebahasaan -
Pernyataan dan pertanyaan terkait
hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan
tahun -
Angka ordinal dengan theuntuk menyebut tanggal (lisan):
a.l. the first, the second, the twenty third, the
thirty first of May) -
Angka ordinal tanpa the untuk menyebut tanggal (lisan):
a.l. 1st, 2nd, 23rd, 31st, of May) -
Waktu (lisan): at one, at two fifteen, at ten to
seven, at a quarter past eight -
Waktu (tulis): 01:00; 02:15; 06:50; 08:15 -
Artikel the untuk menyebut waktu
dalam hari, in the morning, in the afternoon, in the evening -
Preposisi untuk in (bulan, tahun, waktu dalam hari), on (hari dan tanggal), at (jam, at noon, at night) -
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan ·
Topik Waktu kejadian/peristiwa/ kegiatan terkait kehidupan di
sekolah, rumah, dan lingkungan sekitar peserta didik yang dapat menumbuhkan
perilaku yang termuat di KI |
3.3.1
Mengidentifikasi ungkapan
yang digunakan untuk menyebutkan nama hari, waktu, tanggal bulan dan tahun
dalam bahasa Inggris 3.3.2
Memahami penggunaan
cardinal number dan ordinal number 4.3.1
Melakukan tindak tutur
menyebutkan nama-nama bulan dengan percaya diri |
·
|
·
Menyimak dan menirukan pemaparan
tentang waktu terjadinya
keadaan/kejadian/ peristiwa, mencakup nama hari, bulan, nama waktu
dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun ·
Menyebutkan semua nama hari,
bulan, tanggal 1-31, waktu, bagian hari, tahun dengan ucapan dan tekanan kata
yang benar, satu per satu. ·
Menyatakan secara lisan waktu
terjadinya berbagai keadaan/peristiwa/ kegiatan ·
Menanyakan hari, tanggal, bulan,
dan waktu terjadinya keadaan/peristiwa/ kegiatan dengan unsur kebahasaan yang
benar ·
Membuat tulisan tentang
waktu-waktu terjadinya peristiwa penting yang diketahui umum. Hasilnya
dipublikasikan di kelas atau di majalah dinding sekolah ·
Melakukan refleksi tentang proses
dan hasil belajarnya |
20 JP |
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017 Buku Siswa Mata
Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017 Buku Guru Mata
Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
· TesTertulis · Tes Lisan · Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk
kerja |
|
3.4 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang,
benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan peserta didik
sehari-hari, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan dan kosa kata terkait article a dan the, plural dan singular) 4.4 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama
dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan
siswa sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
· Fungsi sosial Mengidentifikasi
dan menyebutkan berbagai benda, binatang, dan bangunan umum di lingkungan
sekitar. · Struktur teks -
Memulai -
Menanggapi (diharapkan/di luar
dugaan) · Unsur kebahasaan -
Pernyataan dan pertanyaan terkait
benda, binatang, bangunan publik -
Penyebutan benda dengan a, the,
bentuk jamak (-s) -
Penggunaan kata penunjuk this, that, these, those ... -
Preposisi untuk in, on, under untuk menyatakan tempat -
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan · Topik Benda,
binatang, dan bangunan yang biasa dijumpai dalam kehidupan nyata di rumah,
sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik yang dapat menumbuhkan perilaku
yang termuat di KI |
3.4.1
Mengidentifikasi ungkapan
yang digunakan untuk menyebutkannama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
publik yang dekat dengan kehidupan peserta didik sehari-hari 3.4.2
Memahami penggunaanplural
dan singular 4.4.1
Melakukan tindak tutur
menyebutkan |
·
|
·
Mencermati beberapa teks pendek
berisi penyebutan benda-benda di kelas dan sekolah untuk kemudian membaca
dengan ucapan dan tekanan kata yang benar ·
Menyimak dan menirukan guru menanyakan dan menyebutkan benda-benda
yang terdapat di dalam kelas dan di sekolah, dengan tata bahasa, ucapan dan
tekanan kata yang benar ·
Bertanya jawab tentang beberapa
benda di dalam dan sekitar rumah ·
Membaca beberapa teks pendek
tentang rumah dan sekitarnya, terutama keberadaan benda dan binatang ·
Bertanya jawab tentang beberapa bangunan dan benda-benda
dan binatang-binatang di dalam dan sekitarnya ·
Melakukan refleksi tentang
proses dan hasil belajarnya |
24 JP |
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017 Buku Siswa Mata
Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017 Buku Guru Mata
Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
· TesTertulis · Tes Lisan · Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk
kerja |
Comments
Post a Comment