SILABUS PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan : SMP/MTS Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Kelas/Semester : VII/Ganjil Tahun Pelajaran : 20../20..

 

SILABUS PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan      : SMP/MTS

Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris

Kelas/Semester           : VII/Ganjil

Tahun Pelajaran         : 20../20..

 

Kompetensi Inti:

·         KI1 dan KI2:Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Indikator

Nilai Karakter

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi waktu

Sumber belajar

Penilaian

3.1  Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya

3.1  Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

·   Fungsi sosial

Menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.

·   Struktur teks

-    Memulai

-    Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

·   Unsur kebahasaan

-    Ungkapan-ungkapan yang lazim digunakan

-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Interaksi antara peserta didik di dalam di luar kelas yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

3.1.1  Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis dengan teman dan guru.

3.1.2  Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan teks interaksi interpersonal.

4.1.1  Menyajikan informasi terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang diperoleh dari teks interaksi interpersonal.

4.1.2  Menyajikan informasi terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang diperoleh dari teks interaksi interpersonal.

4.1.3  Mendeskripsikan secara lisan, pendek dan sederhana dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan interaksi interpersonal

4.1.4  Menulis deskripsi pendek dan sederhana dengan meminta dan memberi informasi terkait dengan teks interaksi interpersonal

·         Religius

·         Mandiri

·         Gotong royong

·         Kejujuran

·         Kerja keras

·         Percaya diri

·         Kerja sama

·         Menyimak, menirukan, dan memperagakan beberapa contoh percakapan, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar.

·         Mengidentifikasi ungkapan yang sedang dipelajari

·         Belajar menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda.

·         Menentukan ungkapan yang tepat secara lisan/tulis dari berbagai situasi lain yang serupa.

·         Membiasakan menerapkan yang sedang dipelajari. dalam interaksi dengan guru dan teman secara alami di dalam dan di luar kelas.

·         Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar.

12 JP

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017 Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017 Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   Tes Tertulis

·   Tes Lisan

·   Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk kerja

3.2  Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya. Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait hubungan keluarga; pronoun (subjective, objective, possessive)

4.2  Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

·   Fungsi sosial

Berkenalan, memperkenalkan diri sendiri/orang lain.

·   Struktur teks

-    Memulai

-    Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

·   Unsur kebahasaan

-    Sebutan anggota keluarga inti dan yang lebih luas dan orang-orang dekat lainnya

-    Verba: be, have, go, work, live (dalam simple present tense)

-    Subjek Pronoun: I, You, We, They, He, She, It

-    Kata ganti possessive my, your, his, dsb.

-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Deskripsi diri sendiri sebagai bagian dari keluarga: ayah, ibu, kakak, adik,yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

3.2.1  Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk memperkenalkan  jati diri

3.2.2  Mengidentifikasi fungsi social teks lisan dan tulis untuk memperkenalkan jati diri

3.2.3  Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk menyatakan Hobi dan kegemaran

3.2.4  Mengidentifikasi ungkapan untuk menyatakan Anggota keluarga

4.2.1  Melakukan percakapan interpersonal  untuk meminta dan member informasi terkait jati diri, hobi, kegemaran dan anggota keluarga     kegiatan terintegrasi menyimak, membaca, berbicara dan menulis dengan percaya diri

·          

·         Menyimak dan menirukan beberapa contoh pemaparan jati diri, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar

·         Mengidentifikasi ungakapan-ungkapan penting

·         Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda.

·         Mempelajari contoh teks pemaparan jati diri oleh figur-figur terkenal

·         Memaparkan jati dirinya yang sebenarnya.

·         Saling menyimak dan bertanya jawab tentang jati diri masing-masing dengan teman-temannya

·         Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya

16 JP

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017 Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017 Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   TesTertulis

·   Tes Lisan

·   Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk kerja

3.3  Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan kosa kata terkait angka kardinal dan ordinal)

4.3  Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dansesuaikonteks

·   Fungsi sosial

Menyebutkan/ menanyakan waktu dari keadaan/ peristiwa/kegiatan

·   Struktur teks

-    Memulai

-    Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

·   Unsur kebahasaan

-    Pernyataan dan pertanyaan terkait hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun

-    Angka ordinal dengan theuntuk menyebut tanggal (lisan): a.l. the first, the second, the twenty third, the thirty first of May)

-    Angka ordinal tanpa the untuk menyebut tanggal (lisan): a.l. 1st, 2nd, 23rd, 31st, of May)

-    Waktu (lisan): at one, at two fifteen, at ten to seven, at a quarter past eight

-    Waktu (tulis): 01:00; 02:15; 06:50; 08:15

-    Artikel the untuk menyebut waktu dalam hari, in the morning, in the afternoon, in the evening

-    Preposisi untuk in (bulan, tahun, waktu dalam hari), on (hari dan tanggal), at (jam, at noon, at night)

-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Waktu kejadian/peristiwa/ kegiatan terkait kehidupan di sekolah, rumah, dan lingkungan sekitar peserta didik yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

3.3.1  Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk menyebutkan nama hari, waktu, tanggal bulan dan tahun dalam bahasa Inggris

3.3.2  Memahami penggunaan cardinal number dan ordinal number

4.3.1  Melakukan tindak tutur menyebutkan nama-nama bulan dengan percaya diri

·          

·         Menyimak dan menirukan pemaparan tentang waktu terjadinya  keadaan/kejadian/ peristiwa, mencakup nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun

·         Menyebutkan semua nama hari, bulan, tanggal 1-31, waktu, bagian hari, tahun dengan ucapan dan tekanan kata yang benar, satu per satu.

·         Menyatakan secara lisan waktu terjadinya berbagai keadaan/peristiwa/ kegiatan

·         Menanyakan hari, tanggal, bulan, dan waktu terjadinya keadaan/peristiwa/ kegiatan dengan unsur kebahasaan yang benar

·         Membuat tulisan tentang waktu-waktu terjadinya peristiwa penting yang diketahui umum. Hasilnya dipublikasikan di kelas atau di majalah dinding sekolah

·         Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya

20 JP

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017 Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017 Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   TesTertulis

·   Tes Lisan

·   Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk kerja

3.4  Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan peserta didik sehari-hari, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait article a dan the, plural dan singular)

4.4  Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

·   Fungsi sosial

Mengidentifikasi dan menyebutkan berbagai benda, binatang, dan bangunan umum di lingkungan sekitar.

·   Struktur teks

-    Memulai

-    Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

·   Unsur kebahasaan

-    Pernyataan dan pertanyaan terkait benda, binatang, bangunan publik

-    Penyebutan benda dengan a, the, bentuk jamak (-s)

-    Penggunaan kata penunjuk this, that, these, those ...

-    Preposisi untuk in, on, under untuk menyatakan tempat

-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Benda, binatang, dan bangunan yang biasa dijumpai dalam kehidupan nyata di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

3.4.1  Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk menyebutkannama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan peserta didik sehari-hari

3.4.2  Memahami penggunaanplural dan singular

4.4.1  Melakukan tindak tutur menyebutkan

·          

·         Mencermati beberapa teks pendek berisi penyebutan benda-benda di kelas dan sekolah untuk kemudian membaca dengan ucapan dan tekanan kata yang benar

·         Menyimak dan menirukan  guru menanyakan dan menyebutkan benda-benda yang terdapat di dalam kelas dan di sekolah, dengan tata bahasa, ucapan dan tekanan kata yang benar

·         Bertanya jawab tentang beberapa benda di dalam dan sekitar rumah

·         Membaca beberapa teks pendek tentang rumah dan sekitarnya, terutama keberadaan benda dan binatang

·         Bertanya jawab tentang beberapa bangunan dan benda-benda dan binatang-binatang di dalam dan sekitarnya

·         Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya

24 JP

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017 Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017 Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·   TesTertulis

·   Tes Lisan

·   Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk kerja

 

Comments