FORMAT KISI-KISI SOAL PAT MATEMATIKA KELAS 7/2, SEMESTER GENAP 2022

 

FORMAT KISI-KISI SOAL

 

Satuan Pendidikan        :    MTS 

Mata Pelajaran              :    MATEMATIKA

Kelas/Semester              :    VII / 2

Jumlah Soal                   :    30 PG 

Kurikulum Acuan         :    Kurikulum 2013 (Permen Diknas No.24 tahun  2016 Revisi 2017/Kurikulum Darurat Covid_19) dan (KMA No. 183 dan 184 Th 2019) 

Tahun Pelajaran             :    2021/2022

 

KI 3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI 4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah kongkrit (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teoriteori.

 

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

INDIKATOR SOAL

LEVEL KOGNITIF/TAKSONOMI BLOOM

BENTUK SOAL

NOMOR SOAL

1

 

3.1 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan mengaitkannya pada garis bilangan dan memanfaatkan berbagai sifat operasi.

BILANGAN BULAT

l  Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat, Misal: zona pembagian waktu berdasarkan GMT (Greenwich Meredian Time)

 

Peserta didik dapat menghitung selisih waktu antara indonesia dan korea selatan

C2/L1

PG

1

 

 

 

 

 

 

2.

l  Mencermati urutan bilangan,

Peserta didik dapat mengurutkan bilangan bulat dari yang terbesar sampai terkecil

C3/L2

PG

2

3.

4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

l  Operasi dan sifat-sifat operasi hitung bilangan pecahan

Peserta didik diberikan soal cerita dan peserta didik dapat merumuskan hasil dari operasi hitung bilangan pecahan

C6/L3

PG

3

4.

3.2  Menjelaskan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual

HIMPUNAN

l  Menyatakan himpunan

Peserta didik dapat menunjukkan contoh yang merupakan himpunan

C1/L1

PG

4

5.

l  Operasi pada himpunan

Peserta didik dapat menentukan irisan dari himpuan P dan Q

C3/L2

PG

5

6.

3.3       Menjelaskan bentuk aljabar dan melakukan operasi pada bentuk aljabar   (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian)

OPERASI ALJABAR

l  Menjelaskan koefesien, variabel, konstanta, dan suku pada bentuk aljabar

Peserta didik dapat menyebutkan konstanta pada bentuk aljabar

 

C1/L1

PG

6

7.

l  Operasi hitung bentuk aljabar

Peserta didik dapat melakukan operasi perkalian pada bentuk aljabar

C3/L2

PG

7

8.

3.4 Menjelaskan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan penyelesaiannya

PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

l  Pernyataan

l  Kalimat terbuka

Peserta didik dapat menentukan nilai x dari persamaan linear satu variabel

C3/L2

PG

8

9.

4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

l  Penyelesaian persamaan linear satu variabel dan pertidaksamaan linear satu variable

Peserta didik dapat menentukan Panjang diagonal pintu jika masing-masing ukurannya diketahui

C5/L3

PG

9

10.

3.5 Menjelaskan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda) dengan fokus pada faktor skala, proporsi, kecepatan dan debit

 

PERBANDINGAN

l  Skala

Peserta didik dapat menuliskan skala pada peta jika diketahui jarak yang sebenarnya dan jarak pada peta

 

C2/L1

PG

10

11.

4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda) dengan fokus pada faktor skala, proporsi, kecepatan dan debit

l  Perbandingan senilai

l   

Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan yang senilai

C3/L2

PG

11

12.

l  Perbandingan berbalik nilai

Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan berbalik nilai

C3/L2

PG

12

13.

l  Membandingan dua besaran

 

Peserta didik dapat merancang ukuran bingkai poto jika ukuran bingkai poto mempunyai perbandingan yang sama dengan ukuran potonya

C6/L3

PG

13

14.

3.6 Mengenal dan menganalisis berbagai situasi terkait aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)

ARITMETIKA SOSIAL

l  Harga penjualan dan pembelian

Peserta didik dapat menyimpulkan pernyataan-pernyataan yang berkaitan dengan masalah jual beli

C1/L1

PG

14

15.

4.6 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara).

l  Keuntungan, kerugian, dan impas

 

Peserta didik dapat menghitung jumlah pendapatan dari hasil penjualan yang memperolah keuntungan

C3/L2

PG

15

16.

l  Harga penjualan dan pembelian

Peserta didik dapat menentukan harga penjualan suatu barang

C3/L2

PG

16

17.

l  Bunga tunggal

Peserta didik dapat menghitung jumlah uang tabungan setelah 3 bulan menabung

C5/L3

PG

17

18.

3.7 Menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal

GARIS DAN SUDUT

l  Garis

l  Kedudukan garis

l  Membagi garis

l  Pengertian sudut

l  Jenis-jenis sudut

Disajikan gambar hubungan antar sudut dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis lain, peserta didik dapat menentukan besar sudut yang ditanyakan

C2/L1

PG

18

19.

l  Hubungan antar sudut

Disajikan gambar bersuplemen, peserta didik dapat menentukan salah satu besar sudut pelurusnya.

C3/L2

PG

19

20.

Diberikan ilustrasi tentang sudut sepihak, peserta didik dapat menentukan sudut yang belum diketahui dari sudut tersebut.

C4/L3

PG

20

21.

4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal.

Disajikan gambar, peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan sudut yang ditentukan pada gambar tersebut.

C5/L3

PG

21

22.

3.8 Mengaitkan rumus keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga

l  BANGUN DATAR (SEGIEMPAT DAN SEGITIGA)

l  Pengertian segi empat dan segitiga

l  Jenis-jenis dan sifat-sifat bangun datar

Diberikan empat pernyataan , peserta didik dapat menentukan ciri-ciri belah ketupat

C1/L1

PG

22

23.

l  Keliling dan luas segi empat dan segitiga

Diberikan gambar layang-layang beserta ukurannya, peserta didik dapat menentukan luas layang-layang

C3/L2

PG

23

24.

Peserta didik dapat menentukan tinggi segitiga jika diketahui luas segitiga dan perbandingan alas dan tingginya.

C3/L2

PG

24

25.

4.8 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan keliling segiempat (persegi, persegi panjang, belahketupat, jajargenjang, trapezium, dan laying-layang) dan segitiga

Peserta didik dapat menentukan Panjang dan lebar jika diketahui luas persegi panjang dan perbandingan panjang dan lebarnya

C5/L3

 

25

26.

3.9 Menganalisis hubungan antara data dengan cara penyajiannya (tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran)

PENYAJIAN DATA

l  Menyajikan data (tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran)

Peserta didik dapat menentukan program di komputer yang dapat membuat diagram.

C3/L2

PG

26

27.

4.9 Menyajikan dan menafsirkan data dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran

l  Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk diagram batang

Disajikan data dalam bentuk diagram batang tentang sesuatu. Peserta didik dapat menentukan informasi yang sesuai dengan diagram tersebut

 

C3/L2

PG

27

28.

l  Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel

Disajikan tabel tentang golongan darah siswa kelas VII dari suatu sekolah. Peserta didik dapat menentukan informasi yang sesuai dengan tabel tersebut

 

C3/L2

PG

28

29.

l  Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk diagram garis

Disajikan data dalam bentuk diagram garis tentang sesuatu. Peserta didik dapat menghitung sesuai informasi yang sesuai dengan diagram tersebut

C1/L1

PG

29

30.

l  Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk diagram lingkaran

Disajikan data dalam bentuk diagram lingkaran tentang sesuatu. Peserta didik dapat menghitung sesuai informasi yang sesuai dengan diagram tersebut

C1/L1

PG

30

 


                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               


 

Comments