KISI KISI PAT AKIDAH AKHLAK KELAS 7/2, SEMESTER GENAP 2022

 

VII / II

KI

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Indikator

Level Cognitif

No Soal

BentukSoal

3

3.1  Menguraikan al-asma’ al-husna  ( al-‘Aziz, al-Ghaffar,al-Basit,an-Nafi,ar-Ra’uf,al-Barr,al-Fattah,al- ‘Adl,al-Qayyum)

Pengertian  Asmaul Husna

Ø  Diuraikan  tentang sifat-sifat  kesempurnaan Allah,peserta didik dapat menyebutkan istilah bagi nama-nama Allah yang terbaik

Ø  Disajikan HR. Bukhori dan Muslim, peserta didik dapat menyebutkan jumlah Asmaul Husna yang dijelaskan dalam hadist diatas

Ø  Peserta didik dapat menunjukkan bukti bahwa Allah Swt. bersifat Al Ghaniy

Ø  Peserta didik dapat menunjukkan bukti bahwa Allah Swt. memilki sifat Asmaul Husna Al-Aziz

Ø  Disajikan Qs. At Thur ayat 8

Peserta didik dapat menunjukan dalil naqli tentang Asmaul Husna Al-Bar

Ø  Peserta didik dapat menjelaskan arti Al Basit

Ø  Diuraikan bahwa Allah Swt. berdiri diri sendirri tidak butuh bantuan orang lain dalam mengurus dan menjaga alam jagat raya ini. Peserta didik dapat menunjukkan salah satu sifat Asmaul Husna

 

Ø  Peserta didik dapat menunjukkan salah satu ayat dalam Al-Qur’an yang memerintahkan agar manusia berdo’a dengan menggunakan media Asmaul Husna

 

Ø  Disajikan uraian bahwa Allah Swt. Dzar  yang Maha Lembut dan Mengampuni dosa hambanya yang meminta apunan. Peserta didik dapat menunjukan salah satu sifat Allah yang ada dalam Asmaul husna

Ø  Peserta didik dapat menunjuk sikap dan perilaku yang meneladani sifat Asmaul-Husna Al-Adl

Ø  Disajikan perilaku dan sikap orang yang mandiri yang merupakan keteladani salah satu sifat asmaul husna, peserta didik dapat menunjukkan salah satu sifat asmaul husna yang sesuai

Ø  Disajikan tentang bukti-bukti bahwa Allah lah  Yang Maha Belas Kasih yang banyak memberi karunia kepada hamba-Nya, peserta didik dapat menyebutkan salah satu sifat Asmaul-Husna

Ø  Disajikan beberapa sifat al asmaul husna dan beberapa arti dari asmaul husna

Peserta didik dapat menunjukkan sifat asmaul husna dan artinya dengan benar

2

 

 

2

 

 

2

 

3

 

2

 

 

1

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

1

 

 

2

 

3

 

 

 

3

 

 

 

 

2

 

 

1

 

 

2

 

 

3

 

4

 

5

 

 

6

7

 

 

 

 

 

8

 

 

 

9

 

 

10

 

11

 

 

 

12

 

 

 

 

13

 

 

PG

 

 

PG

 

 

PG

 

PG

 

PG

 

 

PG

PG

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

PG

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

 

PG

3

3.2  Mendiskripsikan tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin,iblis dan setan

Pengertian, tugas-tugas dan sifat-sifat malaikat

Ø  Disajikan pengertian tentang macam-macam makhluk ghaib , peserta didik dapat mneunjukkan pengertian malaikat

Ø  Peserta didik dapat menunjukan dalil naqli yang menjelaskan bahwa malaikat mampu mengubah wujudnya

Ø  Peserta didik dapat menyebutkan gelar yang diberikan kepada malaikat jibril

Ø  Disajikan sebuah cerita tentang amal perbuatan manusia didunia yang tidak luput dari penjagaan malaikat, peserta didik dapat menyebutkan salah satu nama malaikat    

Ø  Peserta didik dapat menunjukkan pasangan malaikat beserta tugasnya dengan benar

Ø  Disajikan QS.Az-Zariyat ayat 28, peserta didik dapat menyebutkan salah satu sifat yang dimiliki malaikat

Ø  Disajikan berbagai sifat yang dimiliki oleh makhluk ghaib, peserta didik dapat mengidentifikasikan sifat-sifat yang dimiliki iblis dan syetan

Ø  Disajikan perilaku makhluk ghaib yang memiliki rupa, tabi’at dan perangai yang mirip manusia serta memiliki tugas yang sama didunia seperti manusia, peserta didik dapat menyebutkan salah satu makhluk ghaib

Ø  Peserta didik dapat menujukan salah satu perilaku yang mencerminkan beriman kepada malaikat

Ø   peserta didik dapat menunjukan dalil naqli yang menjelaskan bahwah jin dan manusia diciptakan oleh Allah untuk beribadah kepadaNya

Ø  Peserta didik dapat menunjukkan perngertian beriman kepada malaikat

2

 

 

 

2

 

2

 

3

 

 

2

 

3

 

3

 

 

3

 

 

 

2

 

4

 

 

2

14

 

 

 

15

 

16

 

17

 

 

18

 

19

 

20

 

 

21

 

 

 

22

 

23

 

 

24

PG

 

 

 

PG

 

PG

 

PG

 

 

PG

 

        PG

 

PG

 

 

PG

 

 

 

PG

 

PG

 

 

PG

3

3.3 memahami akhlak tercela riya dan nifaq

Pengertian akhlak tercela Riya dan Sum’ah

Ø  Disajikan berbagai pengertian dari akhlak tercela,peserta didik dapat menunjukan pengertian riya menurut istilah

Ø  Diuraikan tentang contoh perilaku manusia yang senang menceritakan dan memperdengarkan amal perbuatan  secara berlebihan dengan tujuan ingin mendapatkan sanjungan dan pujian dari orang lain Peserta didik dapat menunjukkan salah satu akhlak tercela

Ø  Diuraikan berbagai ciri perilaku riya. Peserta didik dapat mengidentifikasi sikap dan perbuatan yang termasuk riya amali

Ø  Peserta didik dapat menunjukan hadits rosul tentang larangan riya

Ø  Disajikan berbagai dampak negatif dari akhlak tercela secara acak,peserta didik dapat mengidentifikasi dampak tercela dari riya

Ø  Disajikan sebuah hadits Rosul tentang ancaman bagi orang riya,peserta didik dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam hadits tersebut

Ø  Peserta didik dapat menjelaskan pengertian nifaq menurut istilah

Ø  Disajikan HR Bukhari dan Muslim tentang nifaq,peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri nifaq berdasarkan hadits tersebut

Ø  Peserta didik dapat menunjukan cara – cara menghindarkan diri dari akhlak tercela riya

Ø  Peserta didik dapat menjelaskan 3 dampak negative perbuatan  nifaq untuk diri sendiri

Ø  Peserta didik dapat menyebutkan istilah akidah bagi orang yang suka menyembunyikan kekafiran didalam hatinya dan suka menampakan keimanannya dengan ucapan dan perbuatan

Ø  Peserta didik dapat menyebutkan tokoh munafik di Madinah pada zaman Rosulullah Saw.

Ø  Peserta didik dapat menunjukan salah satu ayat di dalam al-Qur’an yang menjelaskan bahwa Allah akan memasukan orang munafik dan orang kafir bersama-sama ke dalam neraka  

 

2

 

3

 

 

 

 

3

 

 

3

 

3

 

 

4

 

 

2

 

3

 

 

3

 

2

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

25

 

26

    

 

 

 

27

 

 

28

 

29

 

 

30

 

 

31

 

32

 

 

33

 

34

 

35

 

        

 

 

 

 

 

36

 

 

PG

 

         PG

 

 

 

 

PG

 

 

PG

 

PG

 

 

PG

 

 

PG

 

        PG

 

 

PG

 

PG

 

PG

       

 

 

 

 

 

PG

 

 

3

3.4 Memahami adab membaca al-Qur’an dan adab berdoa’

Adab berdoa

Ø  Disajikan beberapa adab dalam islam, peerta didik dapat mengidentifikasi adab berdo’a

Ø  Disajikan QS. al-Isra  ayat 109, peserta didik dapat menyebutkan salah satu adab dalam membaca Al-Qur’an

3

 

3

 

 

57

 

38

 

 

 

PG

 

PG

 

 

 

3

3.5 Menganalisis kisah keteladanan Ashabul Kahfi

Keteladan Ashabul kahfi

Ø  Diuraikan kisah Nabi Ibrahim secara singkat,peserta didik dapat mengidentifikasi salah saru nama putra nabi Ibrahim dari kisah tersebut

Ø  Peserta didik dapat menunjukan salah satu mujizat nabi ibrahim

3

 

3

39

 

40

PG

 

PG

           

 


 

 

 

 

 

Comments