KISI KISI PAT BAHASA ARAB KELAS 7/2, SEMESTER GENAP 2022

 

Satuan Pendidikan        :    MTS 

Mata Pelajaran              :    BAHASA  ARAB

Kelas/Semester              :    VII (Tujuh) / Genap

Jumlah Soal                   :    40 PG

Kurikulum Acuan         :    Kurikulum 2013 (Permen Diknas No.24 tahun  2016 Revisi 2017/Kurikulum Darurat Covid_19) dan (KMA No. 183 dan 184 Th 2019) 

Tahun Pelajaran             :    2021/2022

 

KI3  Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah kongkrit (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

Kompetensi Dasar

Kelas/

Semester

Materi

Indikator Kompetensi

Indikator Soal

Level Pengetahuan

No Soal

Bentuk Soal

3.1 Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, makna dan gramatikal) dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: التعارف yang melibatkan tindak tutur memperkenalkan diri dan orang lain, menanyakan asal negara/ daerah dengan menggunakan kata tanya ( هَلْ - مِنْ أَيْنَ )

VII/I

التعارف

Mengartikan makna

Disajikan teks bacaan tentang التعارف, siswa dapat mengartikan dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia dengan tepat

C1

1

PG

التعارف

Melengkapi kalimat

Disajikan teks tentang التعارف, siswa dapat melengkapi bagian yang kosong dengan kata yang sesuai

C4

2

PG

هل – من أين

Menerapkan kata tanya

Disajikan teks hiwar tentang التعارف, siswa dapat menerapkan penggunaan هل – من أين  dengan tepat.

C3

3

PG

3.2 Menganalisis gagasan dari teks sederhana yang berkaitan  dengan tema: التعارف dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal المبتدأ (ضمير مفرد) + الخبر

VII/I

المبتدأ (ضمير مفرد) + الخبر

Menentukan mubtada yang tepat

Disajikan kalimat tentang المبتدأ + الخبر , siswa dapat menentukan المبتدأ (ضمير مفرد) dengan tepat

C3

4

PG

3.3 Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema المدرسية المرافق yang melibatkan tindak tutur menunjuk fasilitas umum yang ada di lingkungan sekolah dengan memperhatikan  susunan gramatika ( المكان ظرف / نعت ) الخبر + (إشارة) المبتدَأ

VII/I

المرافق المدرسية

Memilih kata sesuai gambar

Disajikan gambar tentang المرافق المدرسية , siswa dapat memilih kata yang sesuai dengan gambar

C5

5

PG

المرافق المدرسية

Menyusun kalimat acak menjadi paragraf

Disajikan teks tentang المرافق المدرسية, siswa dapat menyusun kalimat acak menjadi paragraf yang benar

C6

6

PG

المرافق المدرسية

Menerjemahkan kalimat bahasa Arab

Disajikan kalimat tentang المرافق المدرسية, siswa dapat menerjemahkan kalimat dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia dengan tepat

C2

7

PG

3.4 Menerapkan kaidah tentang bentuk, makna dan fungsi gramatikal   ( المكان ظرف / نعت ) الخبر + (إشارة) المبتدَأ dalam teks sederhana yang berkaitan dengan tema: المدرسية المرافق

VII/I

المرافق المدرسية

 

Disajikan kalimat rumpang tentang المرافق المدرسية, siswa dapat melengkapi (إشارة) المبتدَأ dengan tepat

C4

8

PG

3.5 Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks naratif sederhana tentang jenis dan warna yang berkaitan dengan tema: الأدوات المدرسية yang melibatkan tindak tutur menunjuk peralatan sekolah dengan memperhatikan susunan gramatikal الضمير المتصل

VII/I

الأدوات المدرسية

Mengartikan makna

Disajikan kalimat tentang الأدوات المدرسية, siswa dapat mengartikan kata yang digaris bawahi dengan benar

C1

9

PG

الأدوات المدرسية

Melengkapi jawaban dengan tepat

Disajikan dialog rumpang tentang الأدوات المدرسية , siswa dapat melengkapi jawaban sesuai pertanyaan dengan tepat

C4

10

PG

الأدوات المدرسية

Menentukan dlomir muttasil

Disajikan kalimat tentang الأدوات المدرسية, siswa dapat menentukan الضمير المتصل dengan tepat

C3

11

PG

الأدوات المدرسية

Melengkapi kata

Disajikan kalimat tentang الأدوات المدرسية, siswa dapat melengkapi bagian yang kosong dengan kata yang sesuai

C4

12

PG

3.7 Menganalisis gagasan dari teks sederhana yang berkaitan  dengan tema: العنوان dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

الأرقام 100 - 1

VII/II

العنوان

Menyeleksi mufrodat

Disajikan teks bacaan tentang العنوان, siswa dapat menyeleksi mufrodat untuk melengkapi teks qira’ah

C4

13

PG

العنوان

Menyeleksi mufrodat

Disajikan teks bacaan tentang العنوان, siswa dapat menyeleksi mufrodat untuk melengkapi teks qira’ah

C4

14

PG

العنوان

Menyeleksi mufrodat

Disajikan teks bacaan tentang العنوان, siswa dapat menyeleksi mufrodat untuk melengkapi teks qira’ah

C4

15

PG

العنوان

Merubah tulisan angka Arab ke dalam bahasa Arab

Disajikan kalimat tentang العنوان, siswa dapat merubah angka Arab ke dalam tulisan bahasa Arab dengan tepat

C3

16

PG

مَا - كَمْ

Menerapkan kata tanya

Disajikan dialog tentang العنوان, siswa dapat menerapkan kata tanya yang tepat

C3

17

PG

العنوان

Menentukan kata

Disajikan kalimat tentang العنوان, siswa dapat menentukan kata yang tepat

C3

18

PG

العنوان

Mengartikan makna

Disajikan kalimat tentang العنوان, siswa dapat mengartikan kata yang digaris bawahi dengan benar

C1

19

PG

العنوان

Merubah tulisan bahasa Arab ke dalam angka Arab

Disajikan kalimat tentang angka-angka, siswa dapat merubah tulisan bahasa Arab ke dalam angka Arab dengan tepat

C3

20

PG

العنوان

Melengkapi kata

Disajikan teks bacaan tentang العنوان, siswa dapat melengkapi bagian yang kosong dengan kata yang sesuai

C4

21

PG

العنوان

Menerjemahkan kalimat

Disajikan kalimat tentang العنوان, siswa dapat menerjemahkan kalimat bahasa Indonesi ke bahasa Arab

C2

22

PG

3.9 Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna} dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: البيت yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang rumah dengan memperhatikan susunan gramatikal الخبر المقدم + المبتدأ المؤخر

VII/II

البيت

Mengartikan kata

Disajikan teks tentang البيت, siswa dapat mengartikan kata yang digaris bawahi dengan benar

C1

23

PG

البيت

Menentukan kosakata

Disajikan teks tentang البيت, siswa dapat menentukan kosakata yang tepat

C3

24

PG

مَاذَا - مَنْ

Menerapkan kata tanya

Disajikan teks tentang البيت, siswa dapat menerapkan kata tanya yang tepat

C3

25

PG

البيت

Menerjemahkan kalimat

Disajikan kalimat tentang البيت, siswa dapat menerjemahkan kalimat bahasa Indonesi ke bahasa Arab

C2

26

PG

البيت

Menentukan kosakata

Disajikan teks tentang البيت, siswa dapat menentukan kosakata yang tepat

C3

27

PG

مَاذَا - مَنْ

Menerapkan kata tanya

Disajikan teks tentang البيت, siswa dapat menerapkan kata tanya yang tepat

C3

28

PG

3.10  Menerapkan kaidah tentang bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal                                      الخبر المقدم + المبتدأ المؤخر  dalam teks deskriptif sederhana yang berkaitan dengan tema: البيت

VII/II

الخبر المقدم + المبتدأ المؤخر

Merubah kalimat menjadi pola الخبر المقدم + المبتدأ المؤخر

Disajikan teks tentang البيت, siswa dapat merubah kalimat menjadi pola الخبر المقدم + المبتدأ المؤخر

C3

29

PG

الخبر المقدم + المبتدأ المؤخر

Menyusun kata acak menjadi kalimat

Disajikan teks tentang البيت, siswa dapat menyusun kata acak menjadi kalimat sesuai kaidah الخبر المقدم + المبتدأ المؤخر

C6

30

PG

الخبر المقدم + المبتدأ المؤخر

Menentukan الخبر المقدم dengan tepat

Disajikan teks tentang البيت, siswa dapat menentukan الخبر المقدم dengan tepat

C3

31

PG

3.11 Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: من يوميات الأسرة yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang kegiatan sehari-hari keluarga dengan memperhatikan susunan gramatikal  تصريف المضارع للمفرد

VII/II

من يوميات الأسرة

Mengartikan kata

Disajikan teks tentang من يوميات الأسرة, siswa dapat mengartikan kata yang digaris bawahi dengan benar

C1

32

PG

من يوميات الأسرة

Menyusun kalimat acak menjadi paragraf

Disajikan teks tentang من يوميات الأسرة, siswa dapat menyusun kalimat acak menjadi paragraf yang benar

C6

33

PG

من يوميات الأسرة

Menerapkan kosakata yang benar

Disajikan teks tentang من يوميات الأسرة, siswa dapat menerapkan kosakata yang benar sesuai dengan تصريف المضارع للمفرد

C3

34

PG

من يوميات الأسرة

Menerapkan kosakata yang benar

Disajikan teks  tentang من يوميات الأسرة, siswa dapat menerapkan kosakata yang benar sesuai dengan تصريف المضارع للمفرد

C3

35

PG

3.12 Menganalisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: من يوميات الأسرة dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal تصريف المضارع للمفرد

VII/II

 

من يوميات الأسرة

Menganalisis gagasan

Disajikan teks qira’ah tentang من يوميات الأسرة, siswa dapat menganalisis gagasan dari teks sederhana

C4

36

PG

من يوميات الأسرة

Menganalisis gagasan

Disajikan teks qira’ah tentang من يوميات الأسرة, siswa dapat menganalisis gagasan dari teks sederhana

C4

37

PG

من يوميات الأسرة

Menganalisis gagasan

Disajikan teks qira’ah tentang من يوميات الأسرة, siswa dapat menganalisis gagasan dari teks sederhana

C4

38

PG

من يوميات الأسرة

Menganalisis gagasan

Disajikan teks qira’ah tentang من يوميات الأسرة, siswa dapat menganalisis gagasan dari teks sederhana

C4

39

PG

من يوميات الأسرة

Menganalisis gagasan

Disajikan teks qira’ah tentang من يوميات الأسرة, siswa dapat menganalisis gagasan dari teks sederhana

C4

40

PG

 


Comments