KISI KISI PAT IPA KELAS 7/2, SEMESTER GENAP 2022

 

KISI KISI PAT IPA KELAS 7/2, SEMESTER GENAP 2022


 :

Jumlah Soal               : 30 Soal

 

NO

KD

MATERI

INDIKATOR

LEVEL KOGNITIF

NO SOAL

KUNCI JAWABAN

PENCAPAIAN KOMPETENSI

SOAL

1

3.1 Menerapkan  konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar (baku)

Besaran dan satuan

Disajikan tabel nama besaran, satuan dan alat ukur. Siswa dapat mengidentifikasi nama besaran beserta pasangannya yang termasuk besaran pokok.

Perhatikan tabel berikut!

No

Besaran

Satuan

Alat Ukur

1

Panjang

Meter

Meteran

2

Suhu

Celsius

Termometer

3

Waktu

Sekon

Stopwatch

4

Massa

Meter

Neraca

Pasangan besaran pokok, satuan dalam Sistem Internasional (SI), dan alat ukur yang sesuai ditunjukkan oleh nomor …

A.      (1) dan (3)                     C. (2) dan (4)

B.      (2) dan (3)                     D. (1) dan (4)

C2

1

A

2.

3.2 Mengklasifikasi-kan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati

Ciri-ciri makhluk hidup

Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup

Berikut ini adalah ciri-ciri makhluk hidup, adalah....

A.      Membutuhkan teman

B.      Berkembang biak

C.      Peka terhadap suara

D.      Tidak memerlukan makan

C1

2

B

Klasifikasi makhluk hidup

Disajikan ciri-ciri suatu kelompok hewan, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan Aves

Seorang siswa mengamati beberapa hewan. Diperoleh data sebagai berikut:

1.     Tubuh ditutupi oleh bulu

2.     Bernapas dengan insang

3.     Tubuh ditutupi rambut

4.     Berkembang biak dengan bertelur

5.     Habitatnya di air

Ciri-ciri hewan unggas (Aves) ditunjukkan oleh

nomor ….

A.      1 dan 3          C. 3 dan 5

B.      2 dan 4          D. 1 dan 4

C2

3

D

3.

3.3 Menjelaskan konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari

Perubahan fisika

Siswa dapat mengaplikasikan kejadian dalam kehidupan sehari-hari proses dari perubahan wujud mengembun

Contoh proses mengembun pada kehidupan sehari-hari terjadi ketika ....

A.      Kapur barus di dalam lemari                   

B.      Es krim mencair terkena panas matahari

C.      Memakai minyak wangi

D.      Air embun di pagi hari

C3

4

D

Unsur, senyawa, dan campuran

Siswa dapat mengetahui defisini dari unsur

Zat tunggal yang tidak bisa diuraikan lagi menjadi zat yang lain dengan reaksi kimia disebut ...

A.      Unsur            C. Senyawa

B.      Zat murni      D. Campuran

C1

5

A

4.

3.4 Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Suhu

Melalui penggunaan rumus oF = 9/4 (oF+32), siswa dapat mengkonversi suhu benda dari derajat Reamur menjadi derajat Fahrenheit

Jika suhu zat cair diukur dengan menggunakan termometer Reamur menunjukkan hasil 20oR, maka besar suhu zat cair jika di ukur menggunakan termometer Fahrenheit adalah …

A.      45oF                   C. 77oF

B.     13oF                   D. 52oF

C3

6

C

Pemuaian

Disajikan gambar peristiwa pemuaian dalam kehidupan sehari-hari. Siswa dapat menginterpretasi gambar yang termasuk kedalam peristiwa pemuaian

Peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang tidak berhubungan dengan konsep pemuaian adalah....

A.     

B.     

C.     

D.     

C3

7

B

5.

3.5 Menganalisis konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis

Perubahan bentuk energi

Peserta didik dapat mengaplikasikan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari

Perubahan energi listrik menjadi energi kalor terjadi pada ….

A.      Bola lampu dan batu baterai

B.      Televisi dan mesin cuci

C.      Bola jatuh dan memanah

D.      Setrika dan oven

C3

8

D

Fotosintesis

Disajikan gambar suatu percobaan fotosintesis. siswa dapat menganalisis hasil percobaan tersebut

Perhatikan gambar percobaan fotosintesis di bawah!

Berdasarkan percobaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa fotosintesis …

A.      Memerlukan air

B.      Menghasilkan oksigen

C.      Menghasilkan karbon diokisda

D.      Membutuhkan sinar matahari

C4

9

B

6.

3.6 Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi utama penyusun sel

Tingkat oeganisasi sel

Siswa mampu mengaitkan contoh organ dengan pengertiannya

Jantung disebut organ, karena …

A.      Terdiri atas sel-sel aneka bentuk

B.      Bagian dari sistem peredaran darah

C.      Tersusun dari beberapa jaringan

D.      Berfungsi memompa darah

C3

10

C

Tingkat oeganisasi sel

Siswa mampu mengidentifikasi jenis sistem organ pada manusia

Sistem organ pada manusia yang mengatur pertukaran oksigen dan karbon dioksida adalah …

A.      Sistem gerak

B.      Sistem pernapasan

C.      Sistem pencernaan

D.      Sistem sirkulasi

C2

11

B

Tingkat oeganisasi sel

Siswa mampu mengurutkan organ-organ yang menyusun sistem organ pada manusia

Berikut yang merupakan organ penyusun sistem pencernaan manusia adalah …

A.      Mulut – tenggorokan – lambung – usus – rectum – anus

B.      Mulut – kerongkongan – lambung – usus – rectum – anus

C.      Mulut – hidung – tenggorokan – lambung – usus halus – usus besar – anus

D.      Hidung – mulut – kerongkongan – lambung – hati – usus halus – usus besar - anus

C3

12

B

7.

3.7 Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut

Ekosistem

Disajikan suatu pernyataan mengenai urutan satuan makhluk hidup. Siswa dapat menyebutkan definisi dari masing-masing urutannya tersebut

 

 

Mahluk hidup serta faktor biotik yang terdapat di dalam sebuah lingkungan merupakan suatu kesatuan yang utuh. Pernyataan tersebut merupakan definisi dari istilah …

A.      Populasi

B.      Ekosistem

C.      Bioma

D.      Komunitas

C1

13

B

 

 

Komponen ekosistem

Siswa dapat menyebutkan komponen-komponen abiotik dalam suatu ekosistem

Contoh komponen abiotik dalam suatu ekosistem yang benar adalah …

A.      Karbon dioksida, air, klorofil, dan cahaya

B.      Tanah, air, tumbuhan, dan hewan

C.      Air, bakteri, cahaya, dan udara

D.      Udara, suhu, tanah, dan air

C1

14

D

Jenis-jenis ekosistem

Siswa dapat memberi contoh jenis ekosistem alami maupun buatan

Berikut yang tidak termasuk ke dalam ekosistem alami adalah …

A.      Kolam

B.      Danau

C.      Hutan

D.      Sungai

C2

15

A

Interaksi makhluk hidup

Siswa dapat menganalisis jaring-jaring makanan pada ekosistem pesawahan

Perhatikan gambar berikut!

Gambar berikut menunjukkan jaring-jaring makanan pada ekosistem persawahan. Jika ular habis diburu manusia, agar hama tikus tidak menganggu pertanian padi, maka dapat diupayakan dengan mengganti ular dengan …

A.      Katak

B.      Ayam

C.      Elang

D.      Belalang

C4

16

C

8.

3.8 Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem

Pencemaran air

Siswa dapat mengevaluasi upaya untuk mengatasi pencemaran lingkungan yang sesuai

Penggunaan obat pembasmi hama yang berlebihan  dapat menyebabkan pencemaran air karena mikroorganisme sulit menguraikannya, upaya yang ditempuh untuk mengatasi jenis pencemaran tersebut adalah…

A.      Membuat unit pengolahan limbah

B.      Mengalirkan air yang tercemar ke sungai

C.      Menggunakan pestisida sesuai dosis

D.      Menanam tanaman air

C5

17

A

Pencemaran udara

Siswa dapat menentukan jenis gas yang paling banyak mencemari udara diperkotaan

Polutan yang paling banyak mencemari udara perkotaan yang padat kendaraan bermotor adalah …

A.      CFC            C. H2O

B.      CO              D. CO2

C2

18

D

Pencemaran tanah

Siswa dapat menganalisis akibat dari penebangan dan pembakaran hutan

Penebangan dan pembakaran hutan dapat menyebabkan perubahan lingkungan, yaitu …

A.      Tanah menjadi tandus

B.      Tanaman tumbuh subur

C.      Air tersedia melimpah

D.      Udara terasa segar

C4

19

A

Pencemaran tanah

Siswa dapat menentukan jenis sampah yang membuat tanah sangat tercemar

Sampah berikut yang sulit diuraikan oleh mikroorganisme adalah …

A.      Daun kering       C. Plastik

B.      Kulit pisang       D. Kotoran hewan

C2

20

C

9.

3.9 Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem

Pemanasan global

Siswa dapat mengimplementasikan aktivitas-aktivitas manusia yang dapat menyebabkan pemanasan global

Berikut ini adalah beberapa aktivitas manusia yang dapat menyebabkan pemanasan global, kecuali

A.      Pembakaran sampah

B.      Polusi metana oleh peternakan

C.      Membuang sampah sembarangan

D.      Asap kendaraan bermotor

 

C3

21

C

 

 

Pemanasan global

Siswa dapat mendefinisikan proses terjadinya pemanasan global

Aktivitas manusia dapat menyebabkan peningkatan konsentrasi gas di atmosfer sehingga melebihi konsentrasi yang seharusnya, dan panas matahari yang tidak dapat dipantulkan ke angkasa juga akan meningkat. Fenomena ini dinamakan …

A.      Efek rumah kaca

B.      Pemanasan global

C.      Hujan asam

D.      Pencemaran lingkungan

C1

22

B

Pemanasan global

Siswa dapat mengidentifikasi proses terjadinya pemanasan global

Pada mekanisme efek rumah kaca, kalor yang terperangkap di bumi menyebabkan …

A.      Meningkatnya suhu rata-rata di bumi

B.      Meningkatnya kelembaban udara

C.      Menurunnya suhu rata-rata di bumi

D.      Menurunnya kelembaban udara

C2

23

A

Pemanasan global

Siswa dapat menganalisis kejadian yang diakibatkan dari terjadinya pemanasan global

Perhatikan pernyataan berikut.

(1)     Suhu rata-rata tahunan meningkat

(2)     Perubahan cuaca yang stabil

(3)     Es di kutub mencair

(4)     Angin putting beliung

(5)     Naiknya permukaan air laut

Pernyataan yang merupakan dampak dari pemanasan global terhadap lingkungan adalah pernyataan nomor….

A.      1, 2, dan 3

B.      3 dan 4

C.      3, 4, dan 5

D.      1, 3 dan 5

C4

24

D

10.

3.10 Menjelaskan lapisan bumi, gunung api, gempa bumi, dan tindakan pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasca bencana sesuai ancaman bencana di daerahnya

Lapisan bumi

Siswa dapat mengurutkan susunan litosfer dari dalam hingga ke permukaan bumi

Susunan litosfer dari dalam hingga ke permukaan bumi secara berurutan adalah …

A.      Inti dalam, inti luar, mantel bumi, dan kerak bumi

B.      Inti dalam, inti luar, kerak bumi, dan mantel bumi

C.      Inti dalam, mantel bumi, inti luar, dan kerak bumi

D.      Inti dalam, atmosfer, inti luar, dan kerak bumi

C3

25

A

Bencana alam

Siswa dapat menentukan jenis jenis gempa

Gempa yang diakibatkan oleh pergeseran lapisan permukaan bumi disebut gempa …

A.      Runtuhan

B.      Guguran

C.      Tektonik

D.      Vulkanik

C2

26

C

Bencana alam

Siswa dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari upaya menghindari bencana gempa bumi

Berikut upaya yang tepat dilakukan saat terjadi gempa, kecuali

A.      Tetap tenang dan tidak panik

B.      Mencari tanah lapang

C.      Berlindung di bawah meja yang kokoh

D.      Berlari masuk ke dalam rumah

C3

27

D

11.

3.11 Menganalisis sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi

Planet dan tata surya

Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri setiap planet

Perhatikan pernyataan berikut!

(1)     Bidang edarnya terletak antara Yupiter dan Uranus

(2)     Terkenal akan cincinnya

(3)     Memiliki satu buah satelit

(4)     Bidang edarnya terletak antara Venus dan Mars

Karakteristik planet Bumi terdapat pada nomor …

A.      (1) dan (2)          C. (2) dan (3)

B.      (1) dan (3)          D. (3) dan (4)

C2

28

D

Planet dan tata surya

Siswa dapat mengetahui penyebab terjadinya revolusi bumi

Revolusi bumi terhadap matahari menyebabkan terjadinya …

A.      Pergantian siang dan malam

B.      Perubahan musim

C.      Pasang dan surutnya air laut

D.      Angin darat dan angin laut

 

C1

29

B

 

 

Gerhana

Siswa dapat menganalisis proses terjadinya gerhana matahari total

Perhatikan gambar berikut!

Posisi matahari, bumi, dan bulan yang benar ketika terjadi gerhana matahari total adalah ….

A.      P= 1, Q= 2, R= 3               C. P= 2, Q= 1, R= 3

B.     P= 1, Q= 3, R= 2               D. P= 2, Q= 3, R= 1

C4

30

B

`

 

Comments