KISI-KISI PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) IPS KELAS 7/2, 2022 MADRASAH TSANAWIYAH

 

KISI-KISI PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) MADRASAH TSANAWIYAH

 

Mata Pelajaran        : IPS

Kelas / Semester      :  VII / II

Tahun Pelajaran     : 2021/2022

Jumlah Soal             :  40 soal pilihan ganda

 

Kompetensi Inti :

1.      KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional

2.      KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

3.      KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

 

No

Kompetensi Dasar

Kelas

/Smtr

Materi

Indikator

Level

Kognitif

No. Soal

Jenis Soal

1

3.1 Memahami konsep ruang (lokasi,  distribusi, potensi, iklim, bentuk  muka bumi, geologis, flora, dan fauna)  dan interaksi antarruang di Indonesia  serta pengaruhnya  terhadap  kehidupan manusia dalam aspek  ekonomi, sosial, budaya, dan  pendidikan

VII/I

ü Pengertian Ruang dan Interaksi Antarruang

·      Peserta didik dapat mengetahui mengenai pengertian ruang

C1

1

PG

ü Letak dan Luas Indonesia

·      Peserta didik dapat mengetahui mengenai letak Indonesia secara geografis

C1

2

PG

ü Potensi Sumber Daya Alam dan Kemaritiman Indonesia

·      Peserta didik dapat menyelidiki mengenai sebab adanya hutan hujan tropis

C3

3

PG

ü Dinamika Kependudukan Indonesia

·      Peserta didik dapat menganalisis mengenai alasan pulau Jawa menjadi pulau terpadat di Indonesia

C3

4

PG

ü Kondisi Alam Indonesia

·      Peseta didik dapat memahami mengenai ciri khas wilayah pada iklim tropis

C2

5

PG

ü Perubahan Akibat Interaksi Antarruang

·      Peserta didik dapat menyelidiki menganai faktor pendorong terjadinya alih fungsi lahan

 

C3

6

PG

2

3.2  Mengidentifikasi interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya  terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya

ü Interaksi Sosial

 

·      Peserta didik dapat mengaplikasikan mengenai contoh interaksi sosial secara langsung

C3

7

PG

·      Peserta didik dapat mengaplikasikan mengenai bentuk interaksi sosial asosiatif

C3

8

PG

·      Disajikan sebuah pernyataan. Peserta didik dapat mengkategorikan mengenai bentuk interaksi sosial disosiatif

C6

9

PG

ü Lembaga Sosial

·      Disajikan sebuah pernyataan. Peserta didik dapat menyimpulkan mengenai ciri struktur lembaga keluarga

C5

10

PG

·      Peserta didik dapat memahami mengenai fungsi lembaga agama

C2

11

PG

·      Peserta didik dapat mengetahui menganai hal yang berkaitan dengan lembaga ekonomi

C1

12

PG

3

3.3 Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, penawaran permintaan) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia.

VII/II

ü Kelangkaan dan kebutuhan manusia

·      Peseta didik dapat mengetahui mengenai arti kelangkaan

C1

13

PG

·      Disajikan sebuah pernyataan. Peserta didik dapat menyimpulkan mengenai barang komplementer

C5

14

PG

·      Peserta didik dapat mengaplikasikan mengenai prinsip ekonomi

C3

15

PG

ü Kegiatan Ekonomi.

·      Peserta didik dapat mengetahui mengenai jenis-jenis kegiatan ekonomi

C1

16

PG

·      Peserta didik dapat mengetahui mengenai pengertian produksi

C1

17

PG

·      Peserta didik dapat memehami mengenai tujuan distribusi

C2

18

PG

ü Permintaan, penawaran, pasar dan harga

·      Peserta didik dapat memahami mengenai kurva permintaan

C2

19

PG

·      Peserta didik dapat memahami mengenai dampak permintaan

 

C2

20

PG

·      Disajikan sebuah gambar. Peserta didik dapat menganalisis mengenai pembagian pasar menurut wudujnya

C4

21

PG

·      Peserta didik dapat memahami mengenai fungsi pasar

C2

22

PG

ü Peran iptek dalam kegiatan ekonomi

·      Peserta didik dapat memahami mengenai dampak positif perkembangan IPTEK bagi kegiatan ekonomi

C2

23

PG

·      Peserta didik dapat memahami mengenai peran IPTEK pada kegiatan produksi

C2

24

PG

ü Peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia

·      Peserta didik dapat mengetahui mengenai arti kreatif

C1

25

PG

·      Disajikan sebuah gambar. Peserta didik dapat menganalisis mengenai manfaat memiliki jiwa wirausaha

C4

26

PG

4

3.4 Memahami berpikir kronologi, perubahan dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha, dan Islam

ü Kehidupan manusia pada masa praaksara

·      Peserta didik dapat mengetahui mengenai arti dari masa praaksara

C1

27

PG

·      Peserta didik dapat memahami mengenai periodisasi masa praaksara secara arkeologis

C2

28

PG

·      Peserta didik dapat memahami mengenai nilai religius yang ada pada masa praaksara

C2

29

PG

·      Peserta didik dapat mengetahui mengenai suku bangsa Indonesia yang tergolong proto melayu

C1

30

PG

ü Kehidupan masyarakat pada masa Hindu-Buddha

·      Peserta didik dapat mengetahui mengenai teori masuknya kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia

C1

31

PG

·      Peserta didik dapat menganalisis mengenai pengaruh Hindu-Buddha terhadap masyarakat Indonesia pada bidang pemerintahan

 

 

C4

32

PG

·      Peserta didik dapat menganalisis mengenai pengaruhn Hindu-Buddha terhadap masyarakat Indonesia pada bidang sosial

C4

33

PG

·      Peserta didik dapat mengetahui mengenai kerajaan Hindu pertama yang berdiri di Pulau Jawa

C1

34

PG

·      Disajikan sebuah gambar. Peserta didik dapat menganalisis mengenai peninggalan masa Hindu-Buddha berupa relief

C4

35

PG

ü  Kehidupan masyarakat pada masa Islam.

·      Peserta didik dapat menyelidiki mengenai cara persebaran Agama Islam yang dapat mudah diterima oleh masyarakat Indonesia

C3

36

PG

·      Disajikan sebuah pernyataan. Peserta didik dapat mengkategorikan mengenai nama-nama kerajaan Islam di Indonesia

C6

37

PG

·      Peserta didik dapat mengetahui mengenai anggota walisangan dari Kesultanan Demak

C1

38

PG

·      Peserta didik dapat menyelidiki mengenai faktor pendukung berkembangnya Kerajaan Banten

C3

39

PG

·      Disajikan sebuah gambar. Peserta didik dapat menganalisis mengenai Peninggalan masa Islam di Indonesia berupa kaligrafi

C4

40

PG

 

Comments