KISI KISI SOAL PAT BAHASA INDONESIA KELAS 7/2, SEMESTER GENAP 2022

 

FORMAT KISI-KISI SOAL

 

Satuan Pendidikan        :    MTS

Mata Pelajaran              :    BAHASA INDONESIA

Kelas/Semester              :    VII / 2

Jumlah Soal                   :    40 PG 

Kurikulum Acuan         :    Kurikulum 2013 (Permen Diknas No.24 tahun  2016 Revisi 2017/Kurikulum Darurat Covid_19) dan (KMA No. 183 dan 184 Th 2019) 

Tahun Pelajaran             :    2021/2022

 

KI 3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI 4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah kongkrit (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teoriteori.

 

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

INDIKATOR SOAL

LEVEL KOGNITIF/TAKSONOMI BLOOM

BENTUK SOAL

NOMOR SOAL

1.

 

3.1Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang sesuatu (objek budaya/peristiwa alam/sosial di sekitar siswa) yang didengar dan dibaca

 

Teks Deskripsi

l  Informasi teks deskripsi

Disajikan penggalan teks, peserta didik dapat menunjukkan informasi teks deskripsi

C1/L1

PG

1

 

 

 

 

 

2.

4.1Menjelaskan isi teks deskripsi tentang sesuatu (objek budaya atau peristiwa alam/sosial di sekitar siswa) yang

l  Jenis teks deskripsi

Disajikan penggalan teks, peserta didik dapat menentukan jenis teks deskripsi

C3/L2

PG

2

3.

3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks deskripsi tentang sesuatu (objek budaya atau peristiwa alam/sosial di sekitar siswa) yang didengar dan dibaca.

l  Menelaah struktur dan kebahasaan teks deskripsi

Peserta didik dapat menentukan penulisan kata depan yang tepat

C3/L2

PG

3

4.

Disajikan penggalan teks, peserta didik dapat mengkategorikan striktur teks tersebut

C6/L3

PG

4

5.

3.3 Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar.

Teks Narasi (cerita fantasi)

    Pengertian dan contoh-contoh teks narasi (cerita fantasi)

    Unsur-unsur teks cerita narasi.

    Struktur teks narasi.

Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri teks narasi

C1/L1

PG

5

6.

Peserta didik dapat menjelaskan unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi)

C1/L1

PG

6

7.

Disajikan penggalan certa, peserta didik dapat menentukan watak tokoh dalam cerita tersebut

C3/L2

PG

7

8.

    Struktur teks deskripsi dan contoh-contoh telaahannya.

 

Peserta didik dapat menggambarkan salah satu struktur dari teks narasi (cerita fantasi)

C3/L2

PG

8

9.

3.4  Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dari informasi yang dibaca dan didengar

 

Teks prosedur

    Ciri umum teks prosedur

    Struktur teks: Tujuan, bahan, alat langkah,

ü  Ciri kebahasaan: kalimat perintah, kalimat saran, kata benda, kata kerja, kalimat majemuk (dengan, hingga, sampai), konjungsi urutan (kemudian, selanjutnya, dll)

Disajikan pertanyaan, peserta didik dapat menunjukkan struktur teks prosedur

C2/L1

PG

9

10.

Disajikan pertanyaan, peserta didik dapat menentukan ciri umum teks prosedur

C3/L2

PG

10

11.

Peserta didik dapat menentukan tujuan teks prosedur

C3/L1

PG

11

12.

Disajikan penggalan teks, peserta didik dapat mengidentifikasi bahasa dalam teks prosedur

C1/L1

PG

12

13.

3.13 Mengidentifikasi informasi (pesan, rima dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang di baca dan didengar

Pusi Rakyat

    Ciri puisi rakyat (pantun, gurindam, syair)

ü  Cara menyimpulkan isi pada  pantun, gurindam, dan syair

Peserta didik dapat menyatakan persamaan puisi rakyat

C1/L1

PG

13

14.

Disajikan teks ciri-ciri puisi rakyat, peserta didik dapat menentukan struktur pantun.

C3/L2

PG

14

15.

Disajikan teks puisi, peserta didik dapat menyimpulkan tema puisi tersebut.

C2/L1

PG

15

16.

Disajikan teks puisi, peserta didik dapat menentukan jenis puisi rakyat dengan tepat.

C3/L2

PG

16

17.

3.14 Menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar.

Disajikan kutipan puisi, peserta didik dapat menentukan makna kata bercetak miring pada puisi tersebut dengan tepat.

C4/L3

PG

17

18.  

Disajikan kutipan gurindam, peserta didik dapat menentukan nilai moral yang dapat diambil dari kutipan gurindam tersebut.

C5/L3

PG

18

19.

Disajikan pantun yang beberapa kata akhir lariknya rumpang, peserta didik dapat menuliskan kata yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dengan tepat.

C4/L3

PG

19

20.

3.15 Mengidentifikasi informasi tentang fable/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar.

Fabel/Legenda

    Ciri cerita fabel/ legenda

ü   

Disajikan penggalan cerita, peserta didik dapat menggolongkan cerita tersebut.

C2/L1

PG

20

21.

Peserta didik dapat membedakan antara fabel dan cerpen.

C2/L1

PG

21

22.

3.16 Menelaah struktur dan kebahasaan fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar.

Struktur  teks fabel/legenda: 

    orientasi

    komplikasi

    resolusi

    koda

 

Teknik penggambaran tokoh

 

Pemeranan isi fabel/legenda daerah setempat

Disajikan 2 buah cuplikan cerita fabel, peserta didik dapat membedakan penggunaan bahasa dengan tepat.

C4/L3

PG

22

23.

Disajikan sebuah teks, peserta didik dapat menentukan  pesan moral yang dapat diambil dari penggalan teks tersebut

C5/L3

PG

23

24.

Disajikan sebuah teks fabel, siswa dapat menentukan struktur fabel teks tersebut dengan tepat.

C4/L3

PG

24

25.

Disajikan dua teks fabel, peserta didik dapat menentukan perbedaan nilai moral pada kedua teks fabel tersebut dengan tepat.

C5/L3

PG

25

26.

Peserta didik dapat menentukan bagian klimaks dalam sebuah fabel.

C3/L2

PG

26

27.

3.13 Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar.

Surat pribadi dan surat dinas

·         Informasi isi surat pribadi, surat dinas

·         Isi surat pribadi dan dinas

Simpulan isi surat pribadi dan dinas

Disajikan beberapa kalimat, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri surat pribadi dengan tepat.

C1/L1

PG

27

28.

Disajikan beberapa kalimat, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri surat dinas dengan tepat.

C1/L1

PG

28

29.

3.14 Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar.

Disajikan kutipan surat dinas, siswa dapat menentukan kalimat yang tepat pada surat dinas yang rumpang

C3/L2

PG

29

30.

Disajikan kutipan surat pribadi, siswa dapat menentukan kalimat penutup yang tepat pada surat pribadi yang rumpang

C3/L2

PG

30

31.

4.14 Menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi.

Disajikan alamat surat, siswa dapat menentukan penulisan alamat surat yang tepat

C3/L2

PG

31

32.

Disajikan penutup surat, siswa dapat menentukan penulisan penutup surat yang tepat

C3/L2

 

32

33.

4.13 Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan

Siswa dapat menyimpulkan informasi yang tepat pada kutipan surat

C5/L3

PG

33

34.

3.15 Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan non fiksi yang dibaca

Literasi buku fiksi dan nonfiksi

    Unsur-unsur buku

    Cara membaca buku dengan SQ3R, yaitu:

1. Survey atau meninjau,

2. Question atau bertanya,

3. Read atau membaca,

4. Recite atau menuturkan,

5. Review atau mengulang

Cara membuat rangkuman

Disajikan kutipan buku Fiksi dan Non fiksi, siswa dapat menentukan perbedaan unsur-unsur dari buku fiksi dan non fiksi

C3/L2

PG

34

35.

Disajikan kutipan buku Fiksi dan Non fiksi, siswa dapat membandingkan perbedaan unsur-unsur dari buku fiksi dan non fiksi

C5/L3

PG

35

36.

Siswa dapat menyusun langkah-langkah membaca dengan teknik SQ3R

C5/L3

PG

36

37.

4.16 Menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi non fiksi yang dibaca

Disajikan kutipan buku non fiksi, siswa dapat menentukan tokoh dan karakter dari tokoh didalam buku non fiksi tersebut

C3/L2

PG

37

38.

Disajikan kutipan buku non fiksi, siswa dapat menentukan judul untuk buku non fiksi tersebut

C3/L2

PG

38

39.

3.16 Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan non fiksi

Disajikan kutipan buku fiksi, siswa dapat menjelaskan kebahasaan/ejaan yang tepat

C1/L1

PG

39

40.

Disajikan kutipan pernyataan, siswa dapat menjelaskan memperkirakan persamaan yang tepat

C1/L1

PG

40

Comments