KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN MAPEL QURDIS KELAS 7/2 SEMESTER GENAP 2022

 

KISI-KISI SOAL

PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)

Satuan Pendidikan        :    MTs 

Mata Pelajaran              :    Alquran Hadits

Kelas/Semester              :    VII / Genap

Jumlah Soal                   :    40 PG  

Kurikulum Acuan         :    Kurikulum 2013 (Permen Diknas No.24 tahun  2016 Revisi 2017) dan 

                                           (KMA No. 183 Th 2019) 

Tahun Pelajaran             :    2021/2022

 

KI 3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI 4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah kongkrit (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teoriteori.

 

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

INDIKATOR SOAL

LEVEL KOGNITIF/TAKSONOMI BLOOM

BENTUK SOAL

NOMOR SOAL

1

 

 

 

 

 

3.1 Memahami kedudukan dan  

      fungsi Alquran Hadits dalam

      Islam

 

 

 

Pengertian Alquran, pengertian Hadits, fungsi Alquran dan Hadits, dan kedudukan Alquran dan Hadits.

Peserta didik dapat menganalisis pengertian Al-Qur’an secara istilah

 

Peserta didik dapat menyebutkan kurun waktu diturunkannya Al-Qur’an

 

Peserta didik dapat menganalisis pengertian hadis secara istilah

 

Peserta didik dapat mengaplikasikan sikap cara memfungsikan Al-Qur’an dan hadis dalam kehidupan bermasyarakat

C4

 

 

C1

 

 

C4

 

 

C3

 

1

 

 

2

 

 

3

 

 

4

 

3.2.  Menganalisis isi kandungan Q.S. as- Syams (91): 1-10, Q.S. Ali Imran (3): 190 dan hadis riwayat Bukhari dari Abu Huraira                                            tentang kekuasan dan rahmat Allah SWT.

 

Isi Kandungan QS. Asy-Syams (91):1-10, QS. Ali Imron: 190 dan hadis riwayat Bukhari dari Abu Hurairah

 

Peserta didik dapat menyebutkan arti dari Surat Asy-Syams

 

Peserta didik dapat menyebutkan jumlah ayat dari Surat Asy-Syams

 

Disajikan potongan hadis, peserta didik dapat mengemukakan maksud dari isi kandungan hadis tersebut

 

Peserta didik dapat mengidentifikasi 7 kekuasaan Allah yang terdapat dalam QS. Asy-Syams

C1

 

C1

 

 

C2

 

 

C1

 

 

5

 

6

 

 

7

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3 Menganalisis isi   

      kandungan Q.S. al-Lail 

      (92): 1-11, hadis Hadis

      Riwayat Muslim dari Abu

      Hurairah dan Hadis

      Riwayat Muslim dari Jabir

      bin Abdillah tentang sifat

      pemurah dan menjauhi

      sifat kikir

 

Peserta didik dapat mengidentifikasi golongan dari surat Al-lail

 

Disajikan QS. Al-Lail ayat 5, peserta didik dapat menyebutkan surat dan urutan ayatnya.

Disajikan penyataan-pernyataan, peserta didik dapat menganalisis tentang ancaman Allah dalam Qs. Al-Lail bagi orang yang bakhil/kikir

Peserta didik dapat mengidentifikasi pernyataan hadis sesuai dengan terjemah diatas

 

C1

 

 

C1

 

 

C4

 

 

C1

 

9

 

 

10

 

 

11

 

 

12

2

3.4 Memahami ketentuan hukum bacaan mad thabi’i, mad wajib muttashil, dan mad jaiz munfashil

 

3.4.1Menyebutkan pengertian Hukum Bacaan mad thabi’i, mad wajib muttashil, dan mad jaiz munfashil

3.4.2Menjelaskan ketentuan Hukum Bacaan mad thabi’i, mad wajib muttashil, dan mad jaiz munfashil

3.4.3Menentukan Hukum Bacaan mad thabi’i, mad wajib muttashil, dan mad jaiz munfashil

 

Siswa dapat memahami hukum mempelajari ilmu tajwid

 

Siswa dapat menyebutkan pengertian mad secara bahasa

 

Siswa dapat menyebutkan huruf-huruf mad

 

Siswa dapat menyebutkan pengertian Hukum Bacaan mad thabi’i

Siswa dapat menunjukan contoh hukum bacaan mad thobi’i

 

Siswa dapat menjelaskan pengertian hukum bacaan mad jaiz munfashil

 

Disajikan Qs At-thoriq :1-2, peserta didik dapat menelaah ayat tersebut yang termasuk contoh mad wajib muttashil

 

Peserta didik dapat menyebutkan ketentuan hukum bacaan mad wajib mutashil

 

Peserta didik dapat menentukan contoh hukum bacaan mad jaiz munfashil

 

Disajikan ayat-ayat pendek, peserta didik dapat mnganalisis contoh-contoh mad jaiz munfashil

C2

 

C1

 

C1

 

C1

C2

 

 

C1

 

 

C4

 

 

C1

 

 

C3

 

 

C4

 

13

 

14

 

15

 

16

17

 

 

18

 

 

19

 

 

20

 

 

21

 

 

22

 

1.5 Menerima bahwa optimis dan sabar adalah perintah Allah SWT.

3.5 Menganalisis isi kandungan Q.S. al-Balad (90): 1-10, Q.S. az-Zumar (39): 53 dan Q.S. al- Baqarah (2): 153

 

 

Menjelaskan pengertian optimis dan sabar.

 

Menganalisis Qs. Al-Balad(90):1-10, Qs.Az-Zumar(39):53, Qs.Al-Baqarah(2):153

 

 

 

Peserta didik dapat menyebutkan pengertian optimis

 

Peserta didik dapat menyebutkan pengertian sabar

 

Peserta didik dapat menganalisis sikap yang tidak mencerminkan sikap sabar

 

Peserta didik dapat menyebutkan jumlah dari Qs. Al-Balad

 

Peserta didik dapat menganalisis isi kandungan Qs Al-Balad 1-10

 

Peserta didik dapat mengidentifikasi maksud dari Qs. Al-Balad : 1

Disajikan Qs.Al-Balad:4, siswa dapat menterjemahkan kalimat yang digarisbawahi dari ayat tersebut

 

Disajikan potongan ayat Qs-Al-balad:10, siswa dapat menganalisis maksud dari isi kandungan QS.Al-Balad:10

 

Disajikan potongan Qs.Az-Zumar:53, peserta didik dapat menganalisis maksud dari potongan ayat tersbut

 

Peserta didik dapat menganalisis isi kandungan Qs.Az-Zumar:53

 

Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri orang yang tidak memiliki sikap optimis

 

Disajikan kisah Nabi Musa A.S, siswa dapat menganalisis sikap yang ditunjukan oleh Beliau

 

Disajikan potongan ayat, peserta didik dapat mengidentifikasi tentang kunci pembuka pertolongan Allah SWT yang terdapat dalam Qs.Al-Baqarah:153

C1

 

C1

 

C4

 

 

C1

 

 

C4

 

 

C1

C2

 

 

C3

 

 

C4

 

 

C4

 

C1

 

 

C4

 

 

C1

 

23

 

24

 

25

 

 

26

 

 

27

 

 

28

29

 

 

30

 

 

31

 

 

32

 

33

 

 

34

 

 

35

 

3.6   Memahami isi kandungan Hadis riwayat Muslim dari Abu Yahya Shuhaib bin Sinan, hadis riwayat Tirmidzi dari Abdullah bin Abbas dan hadis riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah

 

3.6.2 Menjelaskan isi Hadis riwayat Muslim dari Abu Yahya Shuhaib bin Sinan, hadis riwayat Tirmidzi dari Abdullah bin Abbas dan hadis riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah

 

Peserta didik dapat menyebutkan karakreristik seorang mukmin yang terdapat pada Hadits sanad Abu Yahya Shuhaibbin Sinan

 

Disajikan matan hadis Abu Yahya Shuhaibbin Sinan, peserta didik dapat menafsirkan maksud dari kata yang digaris bawahi

 

Disajikan potongan matan hadis Abdullah bin Abbas, peserta didik dapat mengemukakan terjemahan potongan matan hadis tersebut

 

Peserta didik dapat menunjukan hikmah dari mempelajari sikap optimis dan sabar

 

Peserta didik dapat menyebutkan kalimat thoyyibah ketika seorang mukmin mendapatkan musibah

C1

 

 

 

C5

 

 

 

C2

 

 

 

C1

 

 

36

 

 

 

37

 

 

 

38

 

 

 

39

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                           

                                                                                                                                                                               

 

Comments