LATIHAN SOAL PAT BAHASA INDONESIA KELAS 7/2, SEMESTER GENAP 2022
PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN DARI PERTANYAAN
BERIKUT INI!
1. Bacalah teks berikut
dengan saksama!
Masjid Istiqlal adalah masjid
nasional negara Republik Indonesia yang terletak
di bekas Taman Wilhelmina, di timur laut Lapangan
Medan Merdeka yang di tengahnya berdiri Monumen Nasional (Monas),
di pusat ibu kota Jakarta.
Masjid ini merupakan salah satu dari 10 masjid terbesar kapasitasnya di
dunia yang dapat menampung lebih dari 200.000 jemaah. Di seberang timur
masjid ini berdiri Gereja Katedral Jakarta.
Salah satu bangunan yang terletak di bekas Taman
Wilhelmina menurut teks di atas adalah….
a.
Monumen Nasional (Monas) c. Masjid Istiqlal
b.
Gereja Katedral jakarta d. Lapangan Medan
Merdeka
2. Bacalah
penggalan teks berikut dengan saksama!
Kamar tidurku sangatlah lebar. Di dalamnya terdapat tempat tidur
dan meja belajar yang diletakkan di sebelah lemari pakaianku yang terbuat
dari kayu jati. Di sebelah lemari terdapat cermin lebar yang sering aku
pakai ketika aku menggunakan kerudung.
Tembok kamarku dicat dengan warna biru muda, sprei dan gordenku
berwarna pink. Di kamarku juga terdapat lukisan, diantaranya lukisan bunga
mawar dan lukisan pegunungan.
Berdasarkan
penggalan teks di atas termasuk ke dalam jenis teks deskripsi…..
a.
Deskripsi Spasial c. Deskripsi Narasi
b.
Deskripsi Subjektif d. Deskripsi Objektif
3. Manakah
penggunaan kata depan “di” yang menunjukkan tempat ...
a.
di dekorasi b. Dinobatkan c. di Sulawesi d. di Toraja
4. *Rumah adat itu terbuat dari bahan kayu kuat
*
Ukirannya menghiasi sekujur badan rumah
*
Jenis kayunya sangat berkualitas baik
*
Tongkonan juga di dekorasi dengan sejumlah hiasan tanduk kerbau
Berdasarkan
rincian kalimat di atas secara struktur termasuk ke dalam ...
a.
Identifikasi b. deskripsi bagian c. kesan umum d. penutup
5. Di bawah ini merupakan ciri
cerita fantasi kecuali.....
a. bersifat nyata c.
latar lintas ruang dan waktu
b. terdapat keajaiban/kemisteriusan d.
tokoh memiliki keajaiban/keunikan
6. Amanat
dalam sebuah cerita (narasi) adalah....
a. rangkaian
peristiwa dalam cerita c. permasalahan pokok dalam cerita
b. pemeran
dalam cerita d.
pesan yang disampaikan pengarang
7. Dengan
tergesa Andi menuju perpustakaan sekolahnya. Tugas dari guru Bahasa Indonesia
harus dikumpulkan siang nanti jam ke-7. Padahal dia belum membaca sama sekali
buku biografi yang ditugaskan. Watak tokoh dalam kutipan cerita di atas
adalah....
a. Rajin b.
Disiplin c.
Malas d. Tekun
8. Bagian
komplikasi pada cerita fantasi memuat ….
a. pemunculan
masalah, masalah memuncak c. pemecahan masalah
b. pengenalan
latar d. kesimpulan, penutup
9. Teks Prosedur adalah teks yang
berisi cara, tujuan untuk membuat atau melakukan sesuatu. Sedangkan struktur
dari teks prosedur adalah…….
a.
Judul – Tujuan –
langkah-langkah c. Langkah - langkah – Tujuan
b.
Tujuan – Judul – langkah-langkah
d. Tujuan – Langkah-langkah - Judul
10. Hal yang harus
diperhatikan agar teks prosedur dapat dipahami pembaca adalah….
- Terdapat
nama penulis teks prosedur
- Terdapat
waktu penulisan teks prosedur
- Terdapat
informasi dan petunjuk yang jelas dan tidak berbelit-belit
d.
Terdapat nama tempat saat penulis menuliskan teks prosedur
11. Tujuan
dari teks prosedur adalah memandu orang untuk memahami.........
a. langkah-langkah b. Bahan c.
Alat d.
Ukuran
12. Taburkan
meises di atas kue bolu!
Kalimat di atas merupakan.......
a. kalimat
perintah b. kalimat saran c.
kalimat larangan d. kalimat Tanya
13. Puisi rakyat sama halnya demgan
puisi ….
a. Baru b. Lama c.
Modern d.
Kini
14. Perhatikan
ciri – ciri puisi rakyat di bawah ini!
1) Bersajak a-b-a-b.
2) Jumlah kata tiap baris bebas.
3) Larik pertama dan kedua adalah
sampiran.
4) Tiap bait terdiri dari 4 sampai 8
suku kata
Berikut yang merupakan struktur pantun ditandai oleh
nomor ....
a. 1) dan 3) b. 1) dan 4) c.
2) dan 3) d.
2) dan 4)
15. Bacalah
puisi berikut!
Tema puisi tersebut adalah ....
a. Perdamaian b.
Kelelahan c.
Persahabatan d.
Kepercayaan
16. Bacalah puisi berikut!
Puisi di atas termasuk jenis puisi ….
a. Pantun b. Gurindam c. Seloka d. Syair
17. Bacalah
kutipan puisi berikut!
MENYESAL
Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang datang membayang
Batang usiaku sudah tinggi
Aku lalai dipagi hari
Beta lengah dimasa muda
Kini hidup meracuni hati
Miskin ilmu miskin harta
……………………………………..
(A. Hasyim)
Kata yang bercetak miring pada larik ketiga puisi
tersebut mempunyai makna lambang ….
a. Waktu sore hari c. Suasana senja
b. Kehidupan manusia d. Masa tua
18. Perhatikan kutipan gurindam
berikut!
“Apabila mendengar akan khabar, menerimanya itu
hendaklah sabar”.
Nilai moral
yang dapat diambil dari kutipan gurindam tersebut adalah ....
a. Janganlah mudah percaya pada
kabar atau berita yang belum jelas kebenarannya.
b. Terimalah kabar atau berita
dengan lapang dada meskipun itu kabar duka.
c. Bila menerima kabar atau berita
harus dengan kepala dingin dan ditelaah dengan benar.
d. Jika ada kabar atau berita yang
bukan berkaitan diri kita hendaknya abaikan saja.
19. Perhatikan pantun berikut!
Larik yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang dari
pantun tersebut adalah ….
a. Banyak motor di jalanan
menyalakan lampu c. Pergi ke sekolah pakai sepeda
b. Sarapan pagi sebelum sekolah d. Dikasih ibu banyak uang saku
20. Cermati penggalan cerita berikut!
Cerita diatas dapat digolongkan jenis ....
a. Legenda b.
Fabel c.
Hikayat d. Mite
21. Perbedaan mendasar antara fabel
dan cerpen terletak pada ….
a. Tokoh b. Tema c.
Alur d.
Latar
22. Bacalah kutipan fabel berikut!
Teks Fabel I
Mumba dengan santai berjalan di tengah hutan. Tanpa
sengaja ia menemukan buah yang sangat lezat. Mumba berniat mengambil buah
tersebut. Rencananya, dia akan menikmati buah yang lezat itu di pinggir sungai
di tengah hutan, ditemani hembusan angin, dan lambaian daun pepohonan yang
mendayu-dayu. Sesampainya di tepi sungai, Mumba dengan santai menyantap buah
tersebut.
Teks Fabel II
Si rusa tiba-tiba marah mendengar jawaban si
kura-kura. “Jangan berlagak engkau, hei kura-kura! Engkau hanya mondar-mandir
saja seperti bola namun berlagak tengah mencari sumber kehidupan”. Si kura-kura
berusaha menjelaskan, namun si rusa tetap marah. Si kura-kura yang jengkel
akhirnya menantang untuk mengadu kekuatan betis kaki.
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan fabel
tersebut adalah ....
a. Bermajas litotes, bermajas
personifikasi
b. Bermajas perumpamaan, bermajas
litotes
c. Bermajas metafora, bermajas
personifikasi
d. Bermajas personifikasi, bermajas
perumpamaan
23. Bacalah teks berikut!
Pada zaman dahulu kala hiduplah keluarga kura-kura
yang sangat rukun. Akan tetapi, banyak disekeliling mereka yang iri dengan
keluarga kura-kura. Suatu hari, Moly si kura-kura ingin pergi mencari makan.
Saat di jalan Moly bertemu dengan Wity si kuda. “Hei kamu, kura-kura yang
lambat sini kamu!” kata Wity.
Pesan moral yang dapat diambil dari penggalan teks
tersebut adalah ....
a. Selalu hiduplah rukun dengan
keluarga.
b. Sebaiknya saling menegur dengan
tetangga.
c. Janganlah memaksakan kehendak
kepada sesama.
d. Janganlah memiliki sifat iri
terhadap sesama.
24. Perhatikan pernyataan berikut!
Dalam teks fabel, pernyataan tersebut sering digunakan pengarang pada
tahap ....
a. Orientasi b. Komplikasi c. Koda d. Resolusi
25. Perhatikan teks fabel berikut
ini!
Teks 1 |
Teks 2 |
Seekor musang dan serigala
bersepakat untuk menjadi sahabat dan hidup saling membantu dalam suka dan
duka sepanjang hidupnya. Kemudian keduanya pergi mencari tempat tinggal
masing-masing. Serigala menemukan tempat
dekat dengan hutan, sebuah kamar yang baru dibangun, atap kuat dan pintu dari
kayu. Para pemilik kamar itu telah meninggalkannya. Serigala senang dengan
kamar itu. Tempat itu cocok untuk tempat tinggalnya dan sahabatnya musang. |
Dahulu kala ada tiga ekor
kambing pergi ke suatu lapangan. Kambing-kambing itu berwarna putih, merah
dan hitam. Di tengah perjalanan, kambing putih bertemu dengan seorang
laki-laki yang memikul seonggok jerami. “Wahai lelaki yang baik! Aku mohon
kiranya Anda mau memberi seonggok jerami ini agar aku bisa membangun rumah,:
kata kambing. Mengenai permintaan
kambing putih itu, orang tadi terketuk hatinya dan memberikan seonggok jerami
pada kambing putih. Kambing putih pun
mengucapkan terimakasih! |
Perbedaan nilai moral pada kedua teks tersebut adalah
....
|
Teks 1 |
Teks 2 |
a.
|
Bersahabat dengan tetangga |
Berterima kasih ketika ditolong |
b.
|
Memikirkan penderitaan orang |
Berusaha untuk mendapatkan sesuatu |
c.
|
Berusaha sesuai bakat |
Membuat tempat tinggal |
d.
|
Mengambil tempat tinggal orang lain |
Sampaikan sesuatu dengan jujur |
26. Pernyataan berikut ini yang tepat
digunakan pada bagian klimaks dalam sebuah fabel adalah ....
a. Cici akhirnya tau ternyata
neneknya diamngsa oleh Si Kucing yang jahat. Ia berniat membalas dendam.
b. Di sebuah rumah manusia, hiduplah
Cici Si Cicak bersama neneknya.
c. Cici Si Cicak yang cerdik selalu
membantu neneknya bekerja baik di dalam maupun di luar sarang.
d. Akhirnya kedua binatang yang
saling bermusuhan itu sepakat untuk berdamai dan saling memaafkan.
27. Cermati
teks berikut!
....
Rencananya, liburan aku akan main ke Karawang dan berharap kita bisa
bermain bersama dengan teman-teman sekelas. Aku juga sudah kangen masakan
ibumu,baso karedok. Oh ya, sekian dulu surat dariku. Aku sangat berharap balasan darimu.
Terima kasih dan sampai jumpa.
Teks tersebut
termasuk cuplikan surat pribadi karena ....
a.berkaitan
dengan masalah kedinasan
b.
berkaitan dengan keperluan yang
bersifat resmi
c.melibatkan
instansi tertentu
d.
Bahasa yang digunakan tidak
formal/akrab
28. Cermati
teks berikut!
Kepada
Yth. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda
dan Olahraga
Kabupaten Karawang
Dengan hormat,
Kami beritahukan bahwa dalam rangka
memperingati Hari Sumpah Pemuda, MTsN 5 Karawang akan menyelenggarakan lomba
futsal tingkat SD/MI se-Kabupaten Karawang. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan
pada…
Teks tersebut
termasuk cuplikan surat dinas karena ....
a. berkaitan
dengan masalah kedinasan
b.berkaitan
dengan keperluan yang bersifat pribadi
c. menggunakan
bahasa yang akrab
d.ditulis
oleh seseorang atas nama individu
29. Bacalah kutipan surat berikut!
Yth.
Pengurus OSIS MTsN 5 Karawang Di Karawang Dengan
Hormat, Sehubungan
dengan persiapan pelaksanaan bakti sosial, kami mengharap kehadiran saudara
pada : Hari,tanggal
: Senin, 18 juli 2022 Waktu
: 14:00 WIB Tempat
: Ruang OSIS Acara
: Persiapan bakti sosial (…..) |
Bagian penutup surat
yang tepat adalah…
a. Demikian surat pemberitahuan ini disampaikan
b.Mengingat pentingnya acara tersebut, harap
hadir tepat waktu
c. Demikian surat permohonan ini kami sampaikan
semoga dapat dikabulkan
d.Demikian
surat ini kutulis
30. Cermatilah kutipan surat
pribadi berikut!
Oh
ya, Diva bagaimana kegiatan
seni di sekolahmu? apakah kamu ikut? Kalau aku masih seperti dulu, masih
aktif dalam seni tari. (.…) Salam
manis Juni |
Kalimat penutup surat yang tepat agar Diva segera
membalas surat Juni adalah…
a. Demikianlah surat dariku Divl, semoga tidak
mengangu belajar mu.
b. Atas perhatianmu, ku ucapkan terima kasih. Aku bangga bersahabat dengan
mu
c. Kiranya surat dari ku cukup sampai disini, Divl kapan –kapan
ku sambung lagi
d. Div,sampai disini dulu surat dariku. Balasan surat
darimu selalu kutunggu
31. Cermatilah penulisan alamat surat berikut ini!
Yth. Pimpinan
PLN Bandung
Jalan
Asia-Afrika 22 Di Bandung.
Kesalahan
penulisan bagian alamat surat di atas adalah…
a. Penulisan 22 seharusnya no. 22
b. Penulisan Yth. seharusnya Yang terhormat
c. Pegunaan tanda titik di belakang kata “Bandung” dihilangkan
d. Penulisan jalan seharusnya jln
32. Perhatikan bagian penutup surat resmi di bawah ini!
Demikian surat
lamaran ini,atas perhatiannya
diucapkan
banyak-banyak terima kasih.
Kalimat yang
tepat untuk memperbaiki penutup surat tersebut adalah….
a. Atas segala kebijakannya saya ucapkan terima kasih
b. Atas kebijakan dan pertimbangannya, saya mengucapkan terima kasih
c. Dengan segala kerendahan hati saya ucapkan terima kasih
d. Atas perhatianBapak/Ibu/Saudara, saya mengucapkan terima kasih
33. Perhatikan penggalan surat pribadi berikut ini!
Liburan
kenaikan kelas tinggal beberapa hari lagi, saya dan keluarga akan berlibur ke
Bandung. Kata Ayah, saya boleh mengajak salah
seorang teman agar saya tidak merasa bosan di perjalan nanti. Saya ingin kamu
yang menemai. Kamu mau, kan? |
Berdasarkan penggalan surat pribadi di atas, isi surat diatas
adalah…
a. Menceritakan rencana liburan keluarga b. Menceritakan akan berlibur ke Bandung
b.Mengingatkan bahwa sebentar lagi akan libur d. Mengajak berlibur ke Bandung
Cermati teks berikut untuk menjawab soal
nomor 34 dan 35 !
Teks 1 |
Teks 2 |
Minuman beralkohol tidak baik bagi tubuh. Minuman tersebut dapat
meningkatkan risiko terserangnya penyakit kanker dan stroke. Minuman
beralkohol juga menyebabkan kerusakan pada jantung dan sel-sel otak. Lebih
dari itu, zat- zat yang terkandung dalam minuman itu menyebabkan toksin bagi
tubuh. |
“Ika, mari kita sama-sama berjuang.
Oma akan berjuang melawan penyakit Oma. Kamu pun berjuang untuk menyesuaikan
diri di Jakarta. Datanglah ke sini kapan saja kamu mau bicara dengan Oma!”
kata Oma Nani. Ika menghapus air matanya. Beban beratnya sudah hilang. |
34. Perbedaan
jenis dan isi kedua teks tersebut yang tepat adalah ....
a.
|
Teks 1 |
: |
teks
nonfiksi, memaparkan ilmu pengetahuan |
|
Teks 2 |
: |
teks
fiksi, berisi gagasan bersifat fiktif imajinatif |
b.
|
Teks 1 |
: |
teks
nonfiksi, mengandung unsur latar, penokohan, dan alur |
|
Teks 2 |
: |
teks
fiksi, berisi gagasan bersifat logis |
c.
|
Teks 1 |
: |
teks
fiksi, dikembangkan berdasarkan data-data faktual |
|
Teks 2 |
: |
teks
nonfiksi, dikembangkan berdasarkan alur cerita |
d.
|
Teks 1 |
: |
teks
fiksi, berisi gagasan bersifat fiktif imajinatif |
|
Teks 2 |
: |
teks
nonfiksi, memaparkan informasi ilmiah |
35. Perbedaan
penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah ....
a.
|
Teks 1 |
: |
pada umumnya lebih banyak
menggunakan kata kias |
|
Teks 2 |
: |
pada umumnya lebih banyak menggunakan
kata lugas |
b.
|
Teks 1 |
: |
sering menggunakan kalimat
percakapan |
|
Teks 2 |
: |
jarang sekali menggunakan gaya
bahasa |
c.
|
Teks 1 |
: |
sering menggunakan bahasa formal |
|
Teks 2 |
: |
sering menggunakan bahasa
percakapan |
d.
|
Teks 1 |
: |
sering menggunakan gaya bahasa |
|
Teks 2 |
: |
sering menggunakan bahasa formal |
36. Bacalah teks langkah – langkah membaca dengan teknik SQ3R berikut!
1. Membuat pertanyaan
2. Menceritakan isi buku
3. Membaca isi buku
4. Mensurvei isi
5. Meninjau kembali
Urutan
langkah-langkah membaca dengan menggunakan SQ3R yang tepat adalah…
a. 4-2-1-3-5 b. 5-2-1-4-3 c. 4-1-3-2-5 d. 5-4-3-2-1
Cermati
teks berikut untuk menjawab soal nomor 37 dan 38!
Di rumah Yuli yang nyaman, Ira, Agnes, Marta serius mengerjakan latihan
matematika. Suasana hening. Tapi, keheningan
itu tiba-tiba dipecahkan oleh lagu, "Sepasang mata bola ... dari balik
jendela ...." Anak-anak itu menoleh ke depan.
Jantung Ira berdebar-debar. Suara itu amat dikenalnya dan sosok tubuh yang
gemuk pendek itu juga tak asing baginya. "Huh, orang lagi asyik belajar. Mengganggu saja!" gerutu
Marta. "Sudah tua, masih mengamen. Lagunya lagu keroncong lagi. Bilang
saja maaf, tidak ada uang kecil. Kamu saja yang ke depan, Agnes!" tambah
Yuli. Sejenak Ira ragu-ragu. Apakah
sebaiknya ia pura-pura tidak mengenal mbahnya? Namun, Mbah sudah berkorban
banyak untuknya. Dan Mbah selalu mengajarnya untuk berani menghadapi
kenyataan. Agnes belum lagi bangkit, Ira
sudah menghambur ke depan. Kawan-kawan mengira Ira mau menyuruh pengamen itu
pergi. Namun, Ira membuka pintu gerbang
dan berkata, "Mbah, ini rumah Yuli. Mbah mau minum dulu?" Ketiga anak lainnya berdiri di
ambang pintu, melihat dengan heran. "Kawan-kawan, perkenalkan, ini nenekku!" kata Ira. |
37. Tokoh
yang paling disukai dengan alasan yang tepat pada cuplikan cerpen tersebut
adalah ....
a.
Marta, menyediakan tempat belajar c. Yuli, sangat serius belajar
b.
Agnes, selalu siap membantu d. Ira, berani menghadapi kenyataan
38. Judul
yang sesuai dengan cuplikan cerpen tersebut adalah ....
a.
Pengamen Itu Nenekku
b.
Lagu untuk Nenekku
c.
Belajar untuk Masa Depan
d.
Arti Sebuah Persahabatan
39. Bacalah paragraf berikut!
(1)\ Masjid istiqlal berada
di taman wijaya kusuma, Jakarta. (2) Masjid ini bisa menampung lebih dari 200 ribu umat (3) Kubah
Masjid ini terlihat unik. (4) Bentuknya telur bulat, seperti kubah Masjid Raya Selangor di Malaysia.
Penggunaan
ejaan yang salah pada paragraf tersebut ditunjukan oleh kalimat…..
a.
1 b. 3 c. 2 d. 4
40. Bacalah teks di bawah ini!
Novel yang
berjudul Sang Pemimpin karya Andrea Hirata di sajikan dengan bahasa yang cantik,
mampu menyihir
pembaca sehingga pembaca ikut merasakan kebahagian, semangat, keputusasaan, dan
kesedihan. Persamaan kata
yang bercetak tebal dan digarisbawahi adalah..
a.
Jelek b. Takjub c. Indah d. Rupawan
Comments
Post a Comment