BUKU PANDUAN GURU SKI KELAS 7
Buku Panduan Guru
Sejarah Kebudayaan Islam
Untuk
Madrasah Tsanawiyah
Kelas VII
Hak Cipta 2013 pada Kementerian Agama RI
Dilindungi Undang-Undang
Perpustakaan Nasional RI – Katalog Dalam Terbitan
Kementerian Agama RI
Buku Panduan
Guru Sejarah Kebudayaan Islam
MTS Kelas VII -- Cet.
1.-- Jakarta:
Kementerian Agama, 2013.
vi, 144 hlm, 17,5
x 25 cm.
ISBN 978- XXX- XXXX –XX-X
(Jilid Lengkap) ISBN 978- XXX- XXXX –XX-X
(Jilid 1)
Sejarah Kebudayaan Islam
Penyusun : Yun Yun
Yunadi, Lc. MA.
Penyunting Bahasa :
Penyelia Penerbitan :
Disusun dengan huruf Times New
Roman-Arabic, 11pt Diproduksi oleh Kementerian Agama RI Dicetak oleh …..
Kata Pengantar
Dengan mengucap rasa syukur alhamdulillah,
Buku Pegangan Guru Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VII ini dapat diselesaikan sesuai dengan rencana.
Buku ini berisi tentang
prinsip-prinsip umum dan substansi Sejarah
Kebudayaan Islam serta panduan dalam membuat perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran.
Buku ini disusun untuk
memudahkan guru membuat
perencanaan, pelaksanaan, dan
penilaian pembelajaran sehingga
diharapkan dapat menjamin pencapaian tujuan Sejarah Kebudayaan Islam sesuai dengan Kompetensi Inti. Kompetensi Inti menuntut
guru untuk mengembangkan sikap spiritual, sikap
sosial, pengetahuan dan keterampilan yang mendorong pada
pengamalan ajaran Islam dan budi pekerti
peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
Penulis
menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan buku ini. Semoga Allah Swt. melipatgandakan pahala atas
segala kebaikannya.
Dalam
penyusunan buku ini, penulis berupaya seoptimal mungkin dapat memenuhi
kebutuhan guru dalam melaksanakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti di sekolah. Namun demikian, penulis menyadari buku ini masih
memerlukan penyempurnaan lebih lanjut. Untuk itu kritik dan saran sangat diharapkan guna penyempurnaan di masa yang akan
datang.
Jakarta, Nopember
2013
Kontributor
Daftar Isi
![]() |
Kata
Pengantar ............................................................................................................................ iii
Daftar
isi...................................................................................................................................... iv
Pendahuluan ................................................................................................................................ viii
Petunjuk
Penggunaan Guru......................................................................................................... .ix
Kompetensi
Inti dan Rumusan Kompetensi Dasar Sejarah Kebudayaan Islam........................... .x
Pemetaan
Kompetensi Dasar ....................................................................................................... xiii
Bab 1 Kearifan Nabi
Muhammad saw wujudkan kedamaian ........................ 1
A. Kompetensi Inti ........................................................................................................ 1
B. Kompetensi Dasar................................................................................... 1
C. Tujuan Pembelajaran .............................................................................. 1
D. Materi
Pokok .......... .............................................................................. 1
E. Proses Pembelajaran .............................................................................. 2
F. Penilaian ................................................................................................. 4
G. Pengayaan .............................................................................................. 14
H. Remedial ................................................................................................ 14
I. Interaksi Guru dengan Orang Tua .......................................................... 14
Bab 2 Kesuksesan Nabi Muhammad saw melakukan Perubahan.......... 1
A. Kompetensi Inti ...................................................................................... 1
B. Kompetensi Dasar................................................................................... 1
C. Tujuan Pembelajaran .............................................................................. 1
D. Materi
Pokok .......... .............................................................................. 1
E. Proses Pembelajaran ............................................................................... 2
F. Penilaian ................................................................................................. 4
G. Pengayaan .............................................................................................. 14
H. Remedial ................................................................................................ 14
I. Interaksi Guru dengan Orang Tua .......................................................... 14
Bab 3 Khulafaurrosyidin
Cermin Akhlak Rosulullah saw
...............................1
A. Kompetensi Inti ...................................................................................... 1
B. Kompetensi Dasar................................................................................... 1
C. Tujuan Pembelajaran .............................................................................. 1
D. Materi
Pokok .......... .............................................................................. 1
E. Proses Pembelajaran ............................................................................... 2
F. Penilaian ................................................................................................. 4
G. Pengayaan .............................................................................................. 14
H. Remedial ................................................................................................ 14
I. Interaksi Guru dengan Orang Tua .......................................................... 14
Bab 4 DINASTI BANI UMAYAH PELOPOR KEMAJUAN PERADABAN ISLAM... 1
A. Kompetensi Inti ...................................................................................... 1
B. Kompetensi Dasar................................................................................... 1
C. Tujuan Pembelajaran .............................................................................. 1
D. Materi
Pokok .......... .............................................................................. 1
E. Proses Pembelajaran ............................................................................... 2
F. Penilaian ................................................................................................. 4
G. Pengayaan .............................................................................................. 14
H. Remedial ................................................................................................ 14
I. Interaksi Guru dengan Orang Tua .......................................................... 14
Bab 5 Perkembangan Kebudayaan Islam Dinasti Bani Umayyah........................1
A. Kompetensi Inti ...................................................................................... 1
B. Kompetensi Dasar................................................................................... 1
C. Tujuan Pembelajaran .............................................................................. 1
D. Materi
Pokok .......... .............................................................................. 1
E. Proses Pembelajaran ............................................................................... 2
F. Penilaian ................................................................................................. 4
G. Pengayaan .............................................................................................. 14
H. Remedial ................................................................................................ 14
I. Interaksi Guru dengan Orang Tua .......................................................... 14
Daftar Pustaka ..........................................................................................................123
Ikhtisar.......................................................................................................................125
Glosarium ..................................................................................................................126
Pendahuluan
Kurikulum 2013 disusun untuk
menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan belajar aktif berdasarkan nilai-nilai budaya bangsa.
Berkaitan dengan hal ini,
Pemerintah telah melakukan
penyesuaian beberapa mata pelajaran yang antara lain adalah mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Kurikulum 2013
sudah tidak lagi menggunakan standar
kompetensi (SK) sebagai acuan dalam mengembangkan Kompetensi Dasar (KD). Sebagai gantinya, Kurikulum
2013 telah
menyusun kompetensi inti (KI).
Kompetensi
Inti adalah kemampuan yang harus
dimiliki seorang peserta didik melalui pembelajaran Kompetensi Dasar yang
diorganisasikan dalam pembelajaran integratif dan pendekatan belajar aktif.
Kompetensi Inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap
sosial, pengetahuan, dan
keterampilan yang dikembangkan ke dalam Kompetensi Dasar. Perubahan perilaku
dalam pengamalan ajaran agama dan budi pekerti menjadi perhatian utama.
Tujuan penyusunan Buku Pegangan Guru ini adalah memberikan
panduan bagi Guru
Sejarah Kebudayaan Islam dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Dalam buku ini terdapat lima hal penting
yang perlu mendapat perhatian khusus,
yaitu proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, dan interaksi guru
dengan orangtua peserta didik.
Dengan demikian
tujuan pembelajaran diharapkan dapat tercapai secara optimal dan selaras dengan
tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia
yang beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri,
dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.
Petunjuk
Penggunaan Buku
Untuk
mengoptimalkan penggunaan buku ini,
perhatikan penahapan berikut.
1. Pertama, bacalah
bagian pendahuluan untuk
memahami konsep utuh
Sejarah Kebudayaan Islam, serta memahami Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam kerangka Kurikulum
2013.
2. Setiap bab berisi: Kompetensi Inti, Kompetensi
Dasar, Tujuan Pembelajaran,
Materi Pokok, Proses Pembelajaran, Penilaian, Pengayaan, Remedial,
dan Interaksi guru dengan orang tua.
3. Pada subbab tertentu, penomoran
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar tidak
berurutan. Hal itu menyesuaikan dengan tahap pencapaian Kompetensi Dasar.
4. Guru perlu mendorong peserta didik untuk memperhatikan kolom-kolom yang
terdapat dalam Buku Teks Pelajaran
sehingga menjadi
fokus perhatian peserta
didik. Kolom-kolom tersebut adalah sebagai berikut.
a.
Pengamatanku : untuk menyadarkan diri peserta didik.
b. Pertanyaanku ; untuk melatih kemampuan bertanya
c. Wawasanku : untuk menguatkan peserta didik
agar
dapat
mewujudkan
pengetahuan dalam perilaku.
d. Aktifitasku :
untuk menggali kemampuan berkomunikasi
e. Analisanku :
untuk menggali kemampuan menganalisa dan menghubungkan dengan kehidupannya
f. Tugasku : untuk memperkaya informasi
g. Uji Kompetensi :
untuk mengukur penguasaan materi
yang dibahas.
5. Dalam
pelaksanaannya, guru sangat mungkin melakukan pengembangan yang disesuaikan dengan potensi peserta didik,
sumber belajar, dan lingkungan.
Kompetensi
Inti (KI),
Rumusan Kompetensi Dasar (KD) Sejarah Kebudayaan Islam
MTS Kelas VII
A.
Semester Ganjil
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya |
1.1.
Meyakini misi dakwah
Nabi Muhammad SAW
sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan
kemajuan masyarakat. |
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
2.1.
Merespon keteladanan perjuangan Nabi dan para
sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah.
2.2.
Merespon keteladanan perjuangan Nabi dan para
sahabat dalam menghadapi masyarakat Madinah. 2.3.
Menghargai nilai-nilai dari misi Nabi Muhammad SAW
dalam membangun masyarakat melalui kegiatan
ekonomi dan perdagangan untuk masa kini dan yang akan datang. 2.4.
Menghargai nilai-nilai dari
misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat
bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat. |
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
3.1
Memahami
sejarah Nabi Muhammad dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan
perdagangan 3.2
Memahami misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi
alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat. 3.3
Memahami pola dakwah Nabi Muhammad di Makkah dan
Madinah 3.4
Menganalisis pola dakwah Nabi Muhammad di Makkah dan
Madinah |
4
Mencoba, mengolah dan menyaji menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam
sudut pandang/teori. |
4.1.
Melafalkan Q.S. Al-‘Alaq
1-5 yang merupakan wahyu pertama diterima Nabi Muhammad SAW 4.2.
MelafalkanQ.S. Al-Mudatsir
1-7 yang merupakan wahyu kedua diterima Nabi Muhammad SAW 4.3. MelafalkanQ.S. Asy
Syu’aaro 154 dan al-Hijr: 94
sebagai dasar untuk berdakwah secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan. 4.4. Mensimulasikan dakwah Nabi Muhammad saw waktu
di Makkah 4.5. Mensimulasikan dakwah Nabi Muhammad saw waktu
di Madinanh |
B.
Semester Genap
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya |
1.1. Menghargai perilaku Khulafaaur-raasyidiin cerminan dari
akhlak Rasulullah SAW. 1.2.
Merespon langkah-langkah yang diambil oleh khalifah daulah
Bani Umayyah untuk kemajuan umat Islam dan
budaya Islam 1.3.
Merespon keshalihan dan kesederhanaan Umar bin Abdul Azis
merupakan cerminan perilaku Rasulullah SAW. 1.4.
Merespon diri dari sisi-sisi negatif perilaku para penguasa daulah Dinasti Umayah |
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
2.1. Merespon nilai-nilai yang terkandung dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaaurraasyidiinuntuk
masa kini dan yang akan datang. 2.2. Merespon gaya kepemimpinan Khulafaaurraasyidiin. 2.3. Merespon nilai-nilai dari perkembangan
kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Bani Umaiyah untuk masa kini
dan yang akan datang. 2.4. Menghargai kesederhanaan dan kesalihan Umar bin
abdul Aziz dalam kehidupan sehari-hari. 2.5. Menghargai keteladanan
semangat para ilmuan muslim pada masa Dinasti Bani Umaiyah untuk masa kini dan
yang akan datang. |
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
3.1. Memahami
berbagai prestasi yang dicapai oleh
Khulafaaurraasyidiin.
3.2. Memahami
sejarah berdirinya Dinasti Bani Umayyah. 3.3. Memahami perkembangan kebudayaan / peradaban Islam
pada masa Dinasti Bani Umaiyah. 3.4. Memahami tokoh ilmuwan muslim dan perannya
dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Bani Umayyah. 3.5.
Memahami sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul
Azis. |
4.
Mencoba, mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori. |
4.1.
Meniru
model kepemimpinan Khulafaaurraasyidiin. 4.2.
Menceritakan
kisah ketegasan Abu Bakar as-Siddiq dalam menghadapi kekacauan umat Islam
saat wafatnya Nabi Muhammad SAW. 4.3.
Menceritakan kisah tentang kehidupan Umar bin Abdul Azis
dalam kehidupan sehari-hari. |
Pemetaan
Kompetensi
Dasar
BAB |
KOMPETENSI INTI (KI) |
KOMPETENSI DASAR (KD) |
1 |
KI – 1 KI - 2 KI – 3 KI – 4 |
1.1 ; 2.1 ; 3.3 ; 3.4 ; 4.1 ; 4.2 ; 4.3 ; 4.4 |
2 |
KI – 1 KI – 2 KI – 3 KI - 4 |
1.1 ; 2.2 ; 2.3 ; 2.4 ; 3.1 ; 3.2 ; 3.3 ; 3.4 ; 4.5 |
3 |
K.1 K.2 K.3 K.4 |
1.1 ; 2.1 ; 2.2 ; 3.1 ; 4.1 ; 4.2 |
4 |
KI – 1 KI – 2 KI – 3 KI - 4 |
1.3; 1.4 ; 2.4; 3.2 ; 3.5; 4.3 |
5 |
KI – 1 KI – 2 KI – 3 |
1.2; 2.3 ; 2.5; 3.3; 3.4 |
Kearifan Nabi Muhammad SAW Wujudkan Kedamaian
![]() |
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1 : Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2 : Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
KI-4 : Mencoba, mengolah dan menyaji menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut
pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar (KD)
1.1
Meyakini misi dakwah Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam
semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
2.1 Merespon
keteladanan perjuangan Nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah
3.3 Memahami pola
dakwah Nabi Muhammad di Makkah
3.4 Menganalisis
pola dakwah Nabi Muhammad di Makkah
4.1 Melafalkan Q.S. Al-‘Alaq
1-5 yang merupakan wahyu pertama diterima Nabi Muhammad SAW
4.2 MelafalkanQ.S. Al-Mudatsir
1-7 yang merupakan wahyu kedua diterima Nabi Muhammad SAW
4.3 MelafalkanQ.S. Asy
Syu’aaro 154 dan al-Hijr: 94
sebagai dasar untuk berdakwah secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan.
4.4 Mensimulasikan dakwah Nabi Muhammad saw waktu di
Makkah
C. Indikator
1.
Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai
rahmatan lil ‘alamin
2.
Menjelaskan Kondisi Makkah sebelum Islam
3.
Mengidentifikasi cara dakwah Nabi Muhammad SAW
di Mekkah
4.
Mengidentifikasi keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad SAW di Mekkah
5.
Menjelaskan hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW
sebagai rahmatan lil ‘alamin
6.
Menjelaskan keladanan dari perjuangan Nabi
dalam menghadapi masyarakat Mekkah
7.
Menjelaskan keladanan dari perjuangan para
Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah
8.
Menjelaskan keterkaitan misi dakwah Nabi
Muhammad saw dengan perkembangan dakwah sekarang
9.
Melafalkan
surat Al Alaq 1- 5
10.
melafalkan surat al mudatsir dari 1-7
D. Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik mampu:
1.
Menjelaskan
misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin
2.
Menjelaskan
Kondisi Makkah sebelum Islam
3.
Mengidentifikasi
cara dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah
4.
Mengidentifikasi
keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah
5.
Menjelaskan
hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin
6.
Menjelaskan
keladanan dari perjuangan Nabi dalam menghadapi masyarakat Mekkah
7.
Menjelaskan
keladanan dari perjuangan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah
8.
Menjelaskan
keterkaitan misi dakwah Nabi Muhammad saw dengan perkembangan dakwah sekarang
9.
Melafalkan surat Al Alaq 1- 5
10. melafalkan surat al mudatsir dari
1-7
E. Materi Pokok
- Kondisi Masyarakat
Mekkah sebelum kedatangan Islam
- Misi dakwah Nabi
Muhammad di Makkah
- Pola Dakwah Nabi
Muhammad di Mekkah
F. Proses Pembelajaran
Pertemuan
I : A. Kondisi Masyarakat Mekkah sebelum Islam
v Persiapan
1.
Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2.
Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3.
Guru melakukan kegiatan curah pendapat dengan
peserta didik tentang menanyakan pertanyaan berikut:
a. Apa itu sejarah?
b. Apa yang dimaksud Sejarah
Kebudayaan Islam ?
c.
apa manfaat mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam?
d. apa tujuan mempelajarai Sejarah
Kebudayaan Islam?
Catatan:
Curah pendapat : strategi
pembelajarn untuk menggali informasi yang telah dimiliki peserta didik tanpa
memutuskan benar atau salah. Setiap peserta didik menyampaikan pendapatnya.
Semua pendapat ditampung kemudian dikelompokan berdasarkan kategori tertentu.
Hasil kategori tersebut menjadi hasil bersama.
4.
Guru memberi penguatan tentang sejarah
Kebudayaan dan manfaatnya.
Materinya:
a.
sejarah adalah Sejarah menurut Istilah adalah peristiwa yang tejadi pada masa lampau, yang
berkaitan dengan berbagai proses kehidupan manusia, dan dipelajari di masa kini
untuk diambil pelajaran.
b. Sejarah kebudayaan Islam merupakan keseluruhan
aktifitas manusia muslim dan hasilnya yang didalamnya terkandung pengetahuan,
kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat-istiadat, dan kemampuan-kemampuan
lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakatnya.
c.. Manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam antara lain:
·
agar memahami sejarah kebudayaan Islam
·
agar
tumbuh dan berkembang kecintaan terhadap kebudayaan Islam
·
agar
semangat keislaman terus berkibar
·
agar
syiar Islam lebih luas
d. Tujuan mempelajari sejarah kebudayaan islam antara lain:
·
untuk mengenalkan
kebudayaan Islam
·
untuk menanamkan
kecintaan terhadap kebudayaan Islam
·
mengobarkan semangat
keislaman
·
untuk mensyiarkan Islam melalui kebudayaannya
5.
Setelah memberikan penguatan, Guru mulai menyampaikan tujuan
pembelajaran dari tema Kondisi Masyarakat Makkah sebelum Islam.
6.
Guru dapat
menggunakan Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau menggunakan
multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
7.
Guru dapat
menggunakan active learning, dimana peserta didik diberi kebebasan untuk
mengekspresikan pendapatnya. Guru memberikan penguatan sekaligus memberikan
motivasi untuk mengkaji lebih dalam
v Pelaksanaan
1.
Peserta didik mengamati gambar
2.
Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan terhadap
gambar yang ada
3.
Guru mengarahkan pengamatan peserta didik kepada kondisi
Masyarakat Makkah sebelum Islam
4.
Guru memberi penguatan terhadap hasil pengamatan peserta
didik
|
|
Pedagang |
·
Masyarakat Mekah berprofesi sebagai pedagang ·
Perdagangan
merupakan profesi yang ada sejak dahulu ·
Orang arab dulu
berdagang dengan menggunakan kendaraan Unta ·
Para pedagang
bisa berpindah-pindah tempat
|
ka’bah
dikelilingi berhala |
·
Kabah tidak bersihd dari berhala ·
Jumlah berhala di sekitar ka’bah sangat
banyak ·
Berhala-berhala berbagai bentuk
|
Gambar
Perang |
·
Perang sudah ada sejak dahulu ·
Masyarakat Mekkah sudah terbiasa berperang ·
Pedang merupakan alat perang pada zaman
dahulu |
1. Guru memotivasi peserta didik untuk
menngungkapkan pertanyaan-pertanyaan yang berkenaan dengan kondisi
Masyarakat Makkah Sebelum Islam
2. Peserta didik menyampaikan
pertanyaan-pertanyaannya, salah seorang peserta pencatannya.
3. Guru mengarahkan pertanyaan-pertanyaan yang
berhubungan dengan kondisi Masyarakat Makkah Sebelum Islam
4. Guru memberikan apresiasi atas
pertanyaan-pertanyaan peserta didik
Catatan: bentuk
petanyaan
No |
Pertanyaan |
1 |
Bagaimana
Kondisi mekah sebelum Islam? |
2 |
Sebutkan contoh kejahiliyaan di Mekkah sebelum datangnya Islam? |
3 |
Kepan Penyembahan berhala mulai masuk ke Makkah? |
4 |
Bagaimana
kondisi social, ekonomi, politik masyarakat mekkah sebelum Islam |
5 |
Siapakah
pemimpim mekkah sebelum Islam? |
6 |
Kenapa mereka
menyembah berhala? |
7 |
Apakah ada nabi
sebelum datangnya Nabi Muhammad |
8 |
Apa agama orang
mekkah sebelum Islam? |
dst |
|
- Guru meminta peserta
didik untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di
“wawasanku”
- Peserta didik diberi
waktu membaca dan menelaah “wawasanku”
- Guru meminta peserta
didik untuk mencatat jawaban-jawaban berdasarkan “wawasanku”
- Jika ada pertanyaan
yang tidak ada jawabannya, guru bisa memberikan penjelasan singkat atau
memberikan sumber-sumber bacaan yang bisa peserta didik dapatkan.
Catatan:
Jika ada pertanyaan yang menarik dan
perlu dikaji lebih mendalam, guru bisa menjadikan pertanyaan tersebut menjadi
tugas mandiri.
1. Guru membuat 4 kelompok besar yang beranggotakan 9-10 orang, dari
tiap kelompok bentuk 3 kelompok kecil untuk membahasa salah satu dari 4 kondisi
masyarakat arab sebelum Islam
(kondisi kepercayaan, ekonomi, social, politik/kepemimpinan).
Lakukan diskusi kecil di kelompok kecil untuk menjawab pertanyaan berikut:
a. Bagaimana kondisi
masyarakat di aspek tersebut?
b. kenapa kondisi tersebut
muncul?
c. Bandingkan antara
kondisi Arab sebelum Islam dengan Kondisi sekarang?
2. Tulislah
hasil diskusi kelompok kecil dan presentasikan di kelompok besar.. lalu catat
saran dan masukan dari kelompok kecil lainnya dan susun menjadi laporan hasil
diskusi kelompok besar. Tulislah dalam bentuk artikel dengan ketentuan halaman minimal 4 halaman
dan ukuran kertas 4A.
3. Guru meminta kelompok besar mempresentasikan hasil diskusinya.
4. Selama diskusi berlangsung, guru mengamati
dengan menggunakan format pengamatan diskusi
1.
Guru meminta Peserta
didik tetap di kelompok besarnya untuk mendiskusikan tentang perbandingan
antara kondisi kepercayaan Makkah dengan kondisi kepercayaan sekarang
2.
Guru meminta setiap
kelompok menulis hasil diskusinya di kertas. Kemudian hasilnya diserahkan ke
guru untuk dinilai.
3.
Guru meminta salah satu
kelompok mempresntasikan hasil kerjanya.
Contoh
Jawabanya:
a. Persamaanya :
1) masih ada yang menyembah berhala,
mempercayai benda-benda, dan selalu meminta kepada benda-benda.
2) mereka tidak bodoh secara keilmuwan
3) Mendatangi para dukun
b.
Perbedaan :
1) Berhala dilakukan oleh agama selain
Islam yaitu hindu, budha
2) Berhala sekarang adalah kuburan para
wali
3)
istilah dukun berubah menjadi paranormal atau guru spiritual
- Sebelum mengakhiri
pembelajaran, setiap peserta didik diminta melakukan refleksi dengan
menjawab pertanyaan yang ada.
- Guru meminta sebagain
peserta didik menyampaikan hasil refleksinya. Diusahakan memilih peserta
didik yang tidak terbiasa menyampaikan pendapatnya atau komentarnya.
- Guru menghargai
setiap hasil refleksi peserta didik. Dan tidak perlu mengomentari untuk
membenarkan atau menyalahkan, cukup dengan kata “bagus” atau “hebat” atau
kata-kata yang memotivasi peserta
didik agar berani mengungkapkan
pendapatnya.
Guru memberi Tugas kelompok untuk mencari ayat-ayat tentang
kondisi masyarakat mekkah sebelum Islam
Contoh: 1.
Surat Quraisy
2.
(al-Nahl [16]: 58-59) :
perlakukan terhadap anak perempuan
3. (QS, Ibrahim [47]: 15) : thaif
adalah daerah subur bagaikan surga
4. (al-Nahl [16]: 5-8) : keutamaan
unta
5. (QS, al-Humazah [104]: 1-3) : orang Arab praktek Riba + Menumpuk Harta
6. (al-Najm [53]: 19-20) : menyembah berhala
7. (al-Zumar [39]: 38 : mempercayai Allah tapi tidak beribadah
8. (al-Zumar [39]: 3) : berhala sebagai perantara
9. (al-Zuhruf [43]: 23-24, : mengikuti leluhur
Pertemuan 2 : B. Misi Dakwah Nabi Muhammad di Makkah
v Persiapan
1. Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama.
2.
Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3.
Guru meminta tugas yang telah diberikan
pertemuan pertama tentang ayat-ayat al Qur’an
berkenaan dengan kondisi Arab sebelum Islam
4.
Guru meminta beberapa orang membacakan hasil
kerjanya.
5.
Guru memberi penguatan tentang pentingnya mempelajari
kondisi Arab sebelum Islam. Antara lain:
a. Membandingkan
masyarakat sebelum Islam dengan setelah datang Islam
b. Menghindari
prilaku dan kebiasaan buruk yang terjadi
zaman Jahiliyah
c. Menganalisa
kondisi sekarang dengan membandingkan zaman Jahiliyah
d. Mengetahui
Strategi dakwah yang diterapkan untuk kondisi Jahiliyah.
6. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran dari tema misi dakwah Nabi Muhammad di Makkah.
7.
Media/alat
peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau menggunakan
multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
v Pelaksanaan
1.
Peserta didik mengamati gambar
2.
Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan terhadap gambar
yang ada
3.
Guru mengarahkan pengamatan peserta didik kepada Misi
dakwah Nabi Muhammad di Makkah
4.
Guru memberi penguatan terhadap hasil pengamatan peserta
didik
Gambar Gua Hira |
·
Gua hira merupakan tempat turunnya wahyu pertama ·
Tempat nabi Muhammad bertahanus ·
Gua hira menjadi tempat diangkatnya Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rosul ·
Tempat Nabi Muhammad bertemu dengan Jibril
|
Ujian Pengikut Nabi |
·
Para pengikut Nabi mengahadapi siksaan yang keras. ·
Keimanan akan selalu menghadapi penyiksaan ·
Resiko keimanan adalah menghadapi ancaman fisik maupun psikis ·
Macam-macam siksaan yang
diterima pengikut nabi |
Dakwah Tauhid |
·
Nabi mengajak pengikutnya untuk menyembah Allah ·
Nabi Mengajak untuk mentauhidkan Allah · |
Mengahapus Perbudakan |
·
Setiap manusia sama didepan hukum ·
Tidak ada perbedaan antara hamba sahaya dan bangsawan di mata Allah ·
Nabi mengajarkan persamaan manusia |
1. Guru
memotivasi peserta didik untuk menngungkapkan pertanyaan-pertanyaan yang
berkenaan dengan Misi Dakwah Nabi Muhammad di Makkah
2. Peserta
didik menyampaikan pertanyaan-pertanyaannya, salah seorang peserta pencatannya.
3. Guru
mengarahkan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan Misi Dakwah Nabi
Muhammad di Makkah
4. Guru
memberikan apresiasi atas pertanyaan-pertanyaan peserta didik
Catatan: bentuk
petanyaan
No |
Pertanyaan |
1 |
Apa misi dakwah Nabi Muhammad di Makkah? |
2 |
Kapan nabi Muhammad diperintahkan berdakwah? |
3 |
Kenapa Orang kafir menyiksa orang yang masuk Islam? |
4 |
Bagaimana bentuk penyiksaan yang diterima oleh pengikut Nabi? |
5 |
Apa Prioritas Dakwah Nabi
Muhammad? |
6 |
Siapa yang paling keras menentang nabi Muhammad? |
7 |
Bagaimana cara Nabi Menghadapi ancaman kafir Quraisy? |
dst |
|
- Guru meminta peserta
didik untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di
“wawasanku”
- Peserta didik diberi
waktu membaca dan menelaah “wawasanku”
- Guru meminta peserta
didik untuk mencatat jawaban-jawaban berdasarkan “wawasanku”
- Jika ada pertanyaan
yang tidak ada jawabannya, guru bisa memberikan penjelasan singkat atau
memberikan sumber-sumber bacaan yang bisa peserta didik dapatkan.
Catatan:
Jika ada pertanyaan yang menarik dan
perlu dikaji lebih mendalam, guru bisa menjadikan pertanyaan tersebut menjadi
tugas mandiri.
1.
Guru membentuk 5 kelompok
besar beranggotakan 9-10 orang. Setiap kelompok mendiskusikan ke-5 pertanyaan
tersebut.
2.
Guru mengamati proses
diskusi peserta didik dengan menggunakan format pengamatan diskusi
3.
Guru Meminta setiap
kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok besar.
4.
Guru mengamati presentasi
kelompok dengan menggunakan format pengamatan presentasi
5.
Guru meminta hasil kerja
untuk dinilai dengan menggunakan format penilaian hasil kerja kelompok.
- Sebelum mengakhiri
pembelajaran, setiap peserta didik diminta melakukan refleksi dengan
menjawab pertanyaan yang ada.
- Guru meminta sebagain
peserta didik menyampaikan hasil refleksinya. Diusahakan memilih peserta
didik yang tidak terbiasa menyampaikan pendapatnya atau komentarnya.
- Guru menghargai
setiap hasil refleksi peserta didik. Dan tidak perlu mengomentari untuk
membenarkan atau menyalahkan, cukup dengan kata “bagus” atau “hebat” atau
kata-kata yang memotivasi peserta didik mau mengungkapkan pendapatnya.
Guru meminta setiap peserta didik
menghapal surat al ‘Alaq 1-5 dan surat Al Mudatsir 1-7. Kemudian peserta didik memperdengarkan
hapalannya di depan orang lain yaitu
- Orangtua ( wajib)
- Kerabat keluarga
- Teman
Minimal 3 orang di kedua surat.
Dengan menggunakan format dibawah:
Nama : ...... Kelas
: .............................
No |
Nama Surat |
1 Nama ............... |
2 Nama ............. |
3 Nama ......... |
1 |
Surat Al ‘Alaq 1-5 |
|
|
|
2 |
Surat Al Mudatsir |
|
|
|
Pertemuan 3 : C. Pola dakwah Nabi Muhammad di Makkah
v Persiapan
1. Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama.
2.
Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3.
Guru meminta tugas yang telah diberikan
pertemuan pertama tentang hafalan surat Al Alaq
dan Al Mudatsir
4.
Guru menanyakan kesan selama
melaksankan tugas hafalan kedua surat. Bisa menanyakan berapa orang yang menghafalkan
di depan orang tua dan apa reaksi orang tua mendapat tugas mendengarkan hafalan
anaknya.
5.
Guru memberi pengulangan tentang misi dakwah
Nabi Muhammad di Makkah dengan menanyakan tentang
a.
Bagaimana
Proses pengangkatan Nabi Muhammad sebagai nabi dan Rosul?
b.
Apa prioritas
dakwah Nabi Muahmmad selama di Mekkah?
c.
Bagaimana
respon masyarakat mekkah terhadap dakwah Nabi Muhammad?
d.
Apa tantangan
dan rintangan yang dihadapi nabi Muhammad saw?
e.
Sebutkan
faktor kesuksesan dakwah nabi di Mekkah?
6. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran dari tema pola dakwah Nabi Muhammad di Makkah.
7.
Guru dapat
menggunakan Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau menggunakan
multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
v Pelaksanaan
1.
Peserta didik mengamati gambar
2.
Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan terhadap gambar
yang ada
3.
Guru mengarahkan pengamatan peserta didik kepada Pola
dakwah Nabi Muhammad di Makkah
4.
Guru memberi penguatan terhadap hasil pengamatan peserta
didik
orang berkumpul sedang
belajar |
·
Nabi Muhammad berdakwah untuk keluarga terlebih dahulu ·
Mengajar secara berkelompok kecil merupakan bagian dakwah ·
Berdakwah bisa dimulai dilingkungan kecil dulu ·
Berdakwah akan efektif jika
mengurangi jarak antara guru dan murid ·
Dakwah sangat efektif bagi
kelompok kecil |
Gambar
orang sedang bicara di depan umum |
·
Dakwah bisa dilakukan secara masal ·
Kemampuan bicara di depan umum menjadi modal utama untuk berdakwah ·
Perlu keberanian untuk berbicara di depan umum ·
Dakwah Islam perlu disampaikan kepada masyarakat umum ·
Nabi Melakukan dakwah terang-terangan |
Gambar
rombongan hijrah |
·
Orang Islam dianjurkan hijrah untuk menghindari ancaman dan penyiksanaan ·
Orang berhijrah perlu membawa perbekalan supaya tidak membebani orang
lain. ·
Nabi Muhammad menyuruh hijrah ke habasyah
|
Gambar
orang sedang mengadakan perjanjian |
·
Setiap perjanjian perlu ditulis di atas kertas. ·
Perjanjian harus dihadiri oleh saksi ·
Perjanjian harus berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak ·
Nabi mengadakan perjanjian Aqaba |
- Guru memotivasi peserta didik untuk menngungkapkan
pertanyaan-pertanyaan yang berkenaan dengan Pola Dakwah Nabi Muhammad
di
Makkah
- Peserta didik menyampaikan pertanyaan-pertanyaannya,
salah seorang peserta pencatannya.
- Guru mengarahkan pertanyaan-pertanyaan
yang berhubungan dengan Pola Dakwah Nabi Muhammad
di Makkah.
- Guru memberikan apresiasi atas
pertanyaan-pertanyaan peserta didik
Catatan: bentuk
petanyaan
No |
Pertanyaan |
1 |
Bagaiaman strategi Dakwah Nabi Muhammad saw |
2 |
Kapan Nabi Muhammad memulai dakwah sembunyi-sembunyi? |
3 |
Kenapa nabi Muhammad berdakwah secara sembunyi-sembunyi? |
4 |
Siapa yang melindungi Nabi Ketika berdakwah sembunyi? |
5 |
Kapan Nabi Muhammad berdakwah terang-terangan? |
6 |
Kenapa terjadi perjanjian aqabah? |
7 |
Apa strategi nabi Muhammad saw ketika berdakwah terang-terangan? |
8 |
Kenapa Nabi Memilih Habasyah sebagai tempat hijrah sahabat? |
dst |
|
- Guru meminta peserta
didik untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di
“wawasanku”
- Peserta didik diberi
waktu membaca dan menelaah “wawasanku”
- Guru meminta peserta
didik untuk mencatat jawaban-jawaban berdasarkan “wawasanku”
- Jika ada pertanyaan
yang tidak ada jawabannya, guru bisa memberikan penjelasan singkat atau
memberikan sumber-sumber bacaan yang bisa peserta didik dapatkan.
Catatan:
Jika ada pertanyaan yang menarik dan
perlu dikaji lebih mendalam, guru bisa menjadikan pertanyaan tersebut menjadi
tugas mandiri.
1.
Guru membentuk 6 kelompok
besar, setiap kelompok mendiskusikan satu pertanyaan.
2.
Guru mengamati proses
diskusi peserta didik dengan menggunakan format pengamatan diskusi
3.
Guru Meminta setiap
kelompok menukar hasil kerjanya dengan kelompok lain.
4.
Guru meminta setiap
kelompok memperbaiki hasil kerjanya dan menulis kembali di kertas yang siap
untuk ditempel di Majalah dinding.
- Sebelum mengakhiri
pembelajaran, setiap peserta didik diminta melakukan refleksi dengan
menjawab pertanyaan yang ada.
- Guru meminta sebagain
peserta didik menyampaikan hasil refleksinya. Diusahakan memilih peserta
didik yang tidak terbiasa menyampaikan pendapatnya atau komentarnya.
- Guru menghargai
setiap hasil refleksi peserta didik. Dan tidak perlu mengomentari untuk
membenarkan atau menyalahkan, cukup dengan kata “bagus” atau “hebat” atau
kata-kata yang memotivasi peserta didik mau mengungkapkan pendapatnya.
- Guru meminta kelompok
untuk mewancarai ustadz atau ustadzah tentang pengalaman dakwahnya.
- Guru memberi
penjelasan tentang tujuan tugas ini yaitu
a.
Mengamati
pola dakwah di sekitar tempat tinggal
b.
Menumbuhkan
tanggungjawab dakwah pada diri peserta didik.
c.
Mengamati
tantangan dakwah di sekitar tempat tinggal
d.
Menganalisa
pola dakwah yang tepat di sekitar tempat tinggal.
e.
Memahami tugas
para ustadz/ustadszah
H. Penilaian
1.
Pengamatan Sikap (Diskusi)
- Format Penilaian
No. |
Nama peserta didik |
Aktifitas |
Skor |
|||
Kerjasama |
Keaktifan |
Partisipasi |
Inisiatif |
|||
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
- Rubrik penilaian:
1.
Kerjasama
a. jika Peserta didik belum memperlihatkan kerjasamanya,
skor 1
b. jika Peserta didik mulai memperlihatkan
kerjasamanya, skor 2
c. jika Peserta didik mulai berkembang kerjasamanya, skor 3
d. jika Peserta didik mulai membudayakan kerjasamanya, skor 4
2. Keaktifan.
a. jika Peserta didik belum memperlihatkan keaktifan, skor 1
b. jika Peserta didik mulai memperlihatkan keaktifan,
skor 2
c. jika Peserta didik mulai berkembang keaktifan, skor 3
d. jika Peserta didik mulai keaktifan, skor 4
3. Partisipasi
a. jika Peserta didik belum memperlihatkan Partisipasi, skor
1
b. jika Peserta didik mulai memperlihatkan
Partisipasi, skor 2
c. jika Peserta didik mulai berkembang Partisipasi, skor 3
d. jika Peserta didik mulai Partisipasi, skor 4
4.
Inisiatif
a. jika Peserta didik belum memperlihatkan Inisiatif, skor 1
b. jika Peserta didik mulai memperlihatkan Inisiatif,
skor 2
c. jika Peserta didik mulai berkembang Inisiatif, skor 3
d. jika Peserta didik mulai membudayakan Inisiatif, skor 4
- Pedoman Pen-skoran
Nilai |
= |
Jumlah Nilai Skor Yang
diperoleh |
x |
100 |
Jumlah Skor maksimal
(16) |
2.
Format Penilaian
“Aktifitasku” (presentasi)
- Format Penilaian
No. |
Nama
siswa |
Aspek yang dinilai |
Skor Maks. |
Nilai |
Ketuntasan |
Tindak Lanjut |
||||
1 |
2 |
3 |
T |
TT |
R |
P |
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Aspek dan rubrik penilaian:
1) Kejelasan dan kedalaman informasi.
a. Jika kelompok tersebut
dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30.
b.
Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman
informasi lengkap dan kurang
sempurna, skor 20.
c. Jika kelompok tersebut
dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap, skor 10.
2) Keaktifan dalam diskusi.
a. Jika kelompok tersebut berperan sangat
aktif dalam diskusi, skor 30.
b. Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam
diskusi, skor
20.
c. Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam
diskusi, skor 10.
3) Kejelasan dan kerapian presentasi.
a. Jika kelompok tersebut
dapat mempresentasikan dengan
sangat jelas dan rapi,
skor 40.
b.
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan rapi, skor 30.
c. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi,
skor 20.
d.
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 10.
- Pedoman Pen-Skoran
Nilai |
= |
Jumlah Nilai Skor Yang
diperoleh |
x |
100 |
Jumlah Skor maksimal |
3.
Penilaian “Tugasku”
Skor penilaian
sebagai berikut:
- Jika
peserta
didik
dapat
mengumpulkan
tugasnya
tepat
pada
waktu
yang
ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 100.
- Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan
dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 90.
- Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan
dan perilaku yang diamati serta alasannya sedikit ada kekurangan, nilai 80.
4.
Uji Kompetensi (pilihan
ganda)
a.
Soal Uji kompetensi
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dan benar !
1) Nabi Muhammad SAW diutus di muka bumi sebagai rahmat
untuk ….
a. seluruh alam semesta
b. keluarganya
c. dirinya sendiri
d. para sahabatnya
2) Cara dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah adalah ....
a. sirri
b. Jahr
c. Sirri dan jahr
d. Terpusat di masjid
3) Salah satu
keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah adalah ....
a. menanamkan aqidah Islam
b. mengajarkan
cara hidup bermasyarakat
c. menunjukkan
perbedaan derajat
d. hanya
mengajarkan cara berperang
4) Di bawah ini yang bukan termasuk prilaku Nabi Muhammad
SAW membangun kebudayaan di Mekkah
adalah ....
a. merubah budaya
jahiliyah
b. mengajarkan hidup menyendiri
c. menunjukkan persamaan derajat
d. mengajarkan srategi perang
5) Di bawah ini yang bukan termasuk hikmah yang dapat
diambil dari misi Nabi Muhammad SAW di Mekkah adalah ....
a. senantiasa menomorsatukan Allah
b. selalu menjunjung tinggi persamaan derajat manusia
dihadapan Allah swt.
c. agar mementingkan kelompok atau golongannya
d. mengangkat harkat dan martabat wanita
6) Nabi Muhammad menolak pencampuran ajaran Islam dan
ajaran lain karena dengan surat ....
a. Quraisy
b. Al Alaq
c. Al Mudatsir
d. Al Kafirun
7) Di bawah ini yang bukan termasuk keladanan yang dapat
diambil dari perjuangan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah adalah
....
a. kebersamaan
dalam membantu si miskin
b. kegigihan
dalam mempertahankan iman
c. keutuhan dalam
menjaga persatuan
d. kesatuan dalam
tekad perang
8) Masyarakat Mekkah memiliki kepercayaan terhadap ...
a. Agama tahudi
b. Yahudi
c. Paganisme
d. Nasrani
9) Sebelum kedatangan Islam, Masyarakat memiliki
kebiasaan yang baik, kecuali ...
a. Menghormati harga diri
b. loyal terhadap pepimpin
c. jiwa pemberani
d. menghargai anak perempuan
10) Masyarakat Makkah belajar berniaga dan berdagang dari
orang-orang ....
a. Yaman
b. Syam
c. Persia
d. Yahudi
11) Suku Quraisy merupakan pendudukan Makkah yang
memegang perniagaan di jazirah Arab karena beberapa faktor, kecuali ....
a. keberadaan Orang Yaman yang ahli perniagaan di Makkah
b. Keberadaan Kabah sebagai tempat melaksanakan haji
c. Kebiasaan Suku Quraisy melakukan perjalan perdagangan
ke daerah lain.
d. Kekayaan sumber daya Alam di Makkah
12) pada zaman Jahiliyah, Pasar bukan hanya berfungsi
sebagai pusat perdagangan saja, tapi memiliki fungsi lain kecuali ....
a. pusat peradaban dan kekayaan bahasa
b. pusat transaksi global
c. pusat pertemuan
pemimpin bangsa
d. pusat pertemuan para penyair
13) Nabi Muhammad
diangkat menjadi Nabi dan Rosul setelah
menerima pertama surat Al Alaq ayat 1-5 di gua hira yang terletak di gunung ...
a. Gunung Tsur
b. Gunung Nur
c. Gunug Uhud
d. Gunung Rimayah
14) Nabi Muhammad
melakukan dakwah secara terang-terangan setelah menerima perintah yang
tercantum pada surat ....
a. Surat al Hijr ayat 94
b. Surat al Alaq ayat 1-5
c. Surat Asy Syu’ara ayat 214
d. Surat Al Mudatsir ayat 1-7
15) Kafir Quraisy
merasa khawatir kehilangan status sosial sehingga menolak dakwah Nabi Muhammad
karena salah satu prioritas dakwah nabi Muhammad saw ....
a. mengajarkan persaman hak asasi
b. merubah prilaku jahiliyah
c. menegaskan hari
kiamat
d. mengajarkan ketauhian
16) berikut ini
adalah para shahabat yang ikut Hijrah ke Habasyah, kecuali ....
a. Utsman bin Affan
b. Zubair bin Awwam
c. Abdurrahman bin Auf
d. Hamzah bin abdul Muthalib
17) Utusan kafir
Quraisy untuk menemui Raja Habasyah dengan harapan Raja Habasyah mau mengembalika Para pengikut nabi Muhammad ke
Makkah adalah ....
a. Amr bin Ash
b. Abu Sufyan bin Harb
c. Khalid bin Walid
d. Zubair bin Umayah
18) Salah satu
Alasan Nabi Muhammad memilih Thaif sebagai tempat berlindung adalah ....
a. penduduknya sangat mendukung Nabi Muhammad
b. Kaya dengan sumber alamnya
c. sukunya termasuk suku Arab yang paling kuat
b. Sukunya bermusuhan dengan Kafir Quraisy
19) Da’i pertama
dalam sejarah Islam adalah ....
a. Ali bin Abi Thalib
b. Mus’ab bin Umair
c. Mu’adz bin Jabal
d. Amar bin Yasir
20) Perjanjian Aqabah pertama disebut baiat wanita karena
....
a. pesertanya wanita
b. tanpa perintah perang
c. baiat sumpah setia
d. kondisi ketakutan
b. Kunci Jawaban
1) a 6) d 11) d 16) d
2) c 7) d 12) c 17) a
3) a 8) c 13) b 18) c
4) b 9) d 14) c 19) b
5) c 10) a 15)
a 20) b
c. Pedoman Penskoran
Jumlah jawaban
benar x 1 = nilai (maksimal 20 x 1=20)
5.
Uji Kompetensi (Uraian)
a. Soal
Uraian
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas
!
1) Mengapa Nabi
Muhammad memerintahkan Para shahabatnya berhijrah ke Habasyah?
2) Bagaimana pola dakwah
Nabi Muhammad di Mekkah?
3) Jelaskan kondisi
masyarakat Mekkah sebelum Islam?
4) Jelaskan misi
dakwah Nabi Muhammad di Mekkah?
5) Bagaimana Nabi
Muhammad dan Para shahabat menghadapi siksaan dan Ancamam dari Kaum Quraisy?
b. Kunci
jawaban
1)
Untuk menyelamatkan diri dari siksaan kafir Quraisy, Raja habasyah terkenal
adil, memelihara iman
2)
Dakwah Sirri, Dakwah Jahr, Hijrah Habasyah, Hijrah Thaif dan Perjanjian Aqabah
3) Menyembah berhala, membunuh Anak perempuan,
pelaku sistem riba, perang saudara,
4)
tahudi, menegaskan hari kiamat, menghapus prilaku jahiliyah, dan mengangkata
dan melindungi hak asasi manusia.
5)
sabar, kegigihan, berkenyakinan kuat, akhlak terpuji, kesetaraan derajat.
c. Pedoman
pen-skoran
No. Soal |
Rubrik
Penilaian |
Skor |
1 |
a.
Jika Peserta didik dapat menuliskan sangat
lengkap dan sempurna, skor 4 b.
Jika Peserta didik dapat menuliskan tentang
keduanya lengkap, skor 3 c.
Jika Peserta didik dapat menuliskan tentang
keduanya tidak lengkap, skor 2 |
4 |
2 |
a.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 4 pola,
skor 4 b.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 3 pola,
skor 3 c.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 2 pola,
skor 2 d.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 1 pola,
skor 1 |
4 |
3 |
a.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 4
kondisi, skor 4 b.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 3
kondisi, skor 3 c.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 2 kondisi,
skor 2 d.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 1
kondisi, skor 1 |
4 |
4 |
a.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 4 misi,
skor 4 b.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 3 misi,
skor 3 c.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 2 misi,
skor 2 d.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 1 misi,
skor 1 |
4 |
5 |
e.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 4
reaksi, skor 4 f.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 3
reaksi, skor 3 g.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 2
reaksi, skor 2 a.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 1
reaksi, skor 1 |
4 |
|
Jumlah Skor |
20 |
H. Pengayaan
Peserta didik yang sudah menguasai materi,
mengerjakan soal pengayaan yang telah disiapkan oleh
guru berupa pertanyaan-pertanyaan tentang Perjuangan Nabi Muhammad di Mekah
(Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam
pengayaan).
I. Remedial
Peserta didik yang belum
menguasai materi akan dijelaskan kembali
oleh guru materi tentang “Perjuangan Nabi Muhammad di Mekah”.
Guru akan melakukan penilaian kembali (lihat penilaian tentang uji kompetensi)
dengan soal yang sejenis. Remedial
dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh:
pada saat jam belajar, apabila
masih ada waktu, atau di luar
jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).
J. Interaksi Guru Dengan
Orang Tua
Guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “Tugasku” dalam buku teks kepada orang tuanya. Adapun peran orang tua bisa dilihat di tabel berikut:
No |
Tugas |
Peran Orang Tua |
1 |
Mencari Ayat-ayat
tentang Kondisi Masyarakat Makkah sebelum Islam |
·
Mengamati kegiatan
Anaknya ·
Mendampingi anaknya
ketika melaksankan tugas. |
2 |
Memperdengarkan
hapalan surat al Alaq dan Al Mudatsir |
·
Meluangkan waktu untuk
mendengar hapalan anaknya. ·
Memberikan penilaian
dan tanda tangan setelah mendengar anaknya membacakan |
3 |
Mewancarai
Ustadz/h tentang pengalaman menjadi da’i |
·
Mengamati kegiatan
anaknya ·
Mengenalkan anaknya
dengan ustadz/h sekitar lingkungannya ·
Memfalisitasi
kebutuhan anaknya |
Cara lainnya dapat juga dengan menggunakan buku penghubung kepada orang tua
yang berisi tentang perubahan perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran atau berkomunikasi langsung baik langsung, maupun memalui telepon,
tentang perkembangan perilaku
anaknya.
1. Guru memotivasi peserta didik untuk
menngungkapkan pertanyaan-pertanyaan yang berkenaan dengan kondisi
Masyarakat Makkah Sebelum Islam
2. Peserta didik menyampaikan
pertanyaan-pertanyaannya, salah seorang peserta pencatannya.
3. Guru mengarahkan pertanyaan-pertanyaan yang
berhubungan dengan kondisi Masyarakat Makkah Sebelum Islam
4. Guru memberikan apresiasi atas
pertanyaan-pertanyaan peserta didik
Catatan: bentuk
petanyaan
No |
Pertanyaan |
1 |
Bagaimana
Kondisi mekah sebelum Islam? |
2 |
Sebutkan contoh kejahiliyaan di Mekkah sebelum datangnya Islam? |
3 |
Kepan Penyembahan berhala mulai masuk ke Makkah? |
4 |
Bagaimana
kondisi social, ekonomi, politik masyarakat mekkah sebelum Islam |
5 |
Siapakah
pemimpim mekkah sebelum Islam? |
6 |
Kenapa mereka
menyembah berhala? |
7 |
Apakah ada nabi
sebelum datangnya Nabi Muhammad |
8 |
Apa agama orang
mekkah sebelum Islam? |
dst |
|
- Guru meminta peserta
didik untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di
“wawasanku”
- Peserta didik diberi
waktu membaca dan menelaah “wawasanku”
- Guru meminta peserta
didik untuk mencatat jawaban-jawaban berdasarkan “wawasanku”
- Jika ada pertanyaan
yang tidak ada jawabannya, guru bisa memberikan penjelasan singkat atau
memberikan sumber-sumber bacaan yang bisa peserta didik dapatkan.
Catatan:
Jika ada pertanyaan yang menarik dan
perlu dikaji lebih mendalam, guru bisa menjadikan pertanyaan tersebut menjadi
tugas mandiri.
1. Guru membuat 4 kelompok besar yang beranggotakan 9-10 orang, dari
tiap kelompok bentuk 3 kelompok kecil untuk membahasa salah satu dari 4 kondisi
masyarakat arab sebelum Islam
(kondisi kepercayaan, ekonomi, social, politik/kepemimpinan).
Lakukan diskusi kecil di kelompok kecil untuk menjawab pertanyaan berikut:
a. Bagaimana kondisi
masyarakat di aspek tersebut?
b. kenapa kondisi tersebut
muncul?
c. Bandingkan antara
kondisi Arab sebelum Islam dengan Kondisi sekarang?
2. Tulislah
hasil diskusi kelompok kecil dan presentasikan di kelompok besar.. lalu catat
saran dan masukan dari kelompok kecil lainnya dan susun menjadi laporan hasil
diskusi kelompok besar. Tulislah dalam bentuk artikel dengan ketentuan halaman minimal 4 halaman
dan ukuran kertas 4A.
3. Guru meminta kelompok besar mempresentasikan hasil diskusinya.
4. Selama diskusi berlangsung, guru mengamati
dengan menggunakan format pengamatan diskusi
1.
Guru meminta Peserta
didik tetap di kelompok besarnya untuk mendiskusikan tentang perbandingan
antara kondisi kepercayaan Makkah dengan kondisi kepercayaan sekarang
2.
Guru meminta setiap
kelompok menulis hasil diskusinya di kertas. Kemudian hasilnya diserahkan ke
guru untuk dinilai.
3.
Guru meminta salah satu
kelompok mempresntasikan hasil kerjanya.
Contoh
Jawabanya:
a. Persamaanya :
1) masih ada yang menyembah berhala,
mempercayai benda-benda, dan selalu meminta kepada benda-benda.
2) mereka tidak bodoh secara keilmuwan
3) Mendatangi para dukun
b.
Perbedaan :
1) Berhala dilakukan oleh agama selain
Islam yaitu hindu, budha
2) Berhala sekarang adalah kuburan para
wali
3)
istilah dukun berubah menjadi paranormal atau guru spiritual
- Sebelum mengakhiri
pembelajaran, setiap peserta didik diminta melakukan refleksi dengan
menjawab pertanyaan yang ada.
- Guru meminta sebagain
peserta didik menyampaikan hasil refleksinya. Diusahakan memilih peserta
didik yang tidak terbiasa menyampaikan pendapatnya atau komentarnya.
- Guru menghargai
setiap hasil refleksi peserta didik. Dan tidak perlu mengomentari untuk
membenarkan atau menyalahkan, cukup dengan kata “bagus” atau “hebat” atau
kata-kata yang memotivasi peserta
didik agar berani mengungkapkan
pendapatnya.
Guru memberi Tugas kelompok untuk mencari ayat-ayat tentang
kondisi masyarakat mekkah sebelum Islam
Contoh: 1.
Surat Quraisy
2.
(al-Nahl [16]: 58-59) :
perlakukan terhadap anak perempuan
3. (QS, Ibrahim [47]: 15) : thaif
adalah daerah subur bagaikan surga
4. (al-Nahl [16]: 5-8) : keutamaan
unta
5. (QS, al-Humazah [104]: 1-3) : orang Arab praktek Riba + Menumpuk Harta
6. (al-Najm [53]: 19-20) : menyembah berhala
7. (al-Zumar [39]: 38 : mempercayai Allah tapi tidak beribadah
8. (al-Zumar [39]: 3) : berhala sebagai perantara
9. (al-Zuhruf [43]: 23-24, : mengikuti leluhur
Pertemuan 2 : B. Misi Dakwah Nabi Muhammad di Makkah
v Persiapan
1. Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama.
2.
Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3.
Guru meminta tugas yang telah diberikan
pertemuan pertama tentang ayat-ayat al Qur’an
berkenaan dengan kondisi Arab sebelum Islam
4.
Guru meminta beberapa orang membacakan hasil
kerjanya.
5.
Guru memberi penguatan tentang pentingnya mempelajari
kondisi Arab sebelum Islam. Antara lain:
a. Membandingkan
masyarakat sebelum Islam dengan setelah datang Islam
b. Menghindari
prilaku dan kebiasaan buruk yang terjadi
zaman Jahiliyah
c. Menganalisa
kondisi sekarang dengan membandingkan zaman Jahiliyah
d. Mengetahui
Strategi dakwah yang diterapkan untuk kondisi Jahiliyah.
6. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran dari tema misi dakwah Nabi Muhammad di Makkah.
7.
Media/alat
peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau menggunakan
multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
v Pelaksanaan
1.
Peserta didik mengamati gambar
2.
Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan terhadap gambar
yang ada
3.
Guru mengarahkan pengamatan peserta didik kepada Misi
dakwah Nabi Muhammad di Makkah
4.
Guru memberi penguatan terhadap hasil pengamatan peserta
didik
Gambar Gua Hira |
·
Gua hira merupakan tempat turunnya wahyu pertama ·
Tempat nabi Muhammad bertahanus ·
Gua hira menjadi tempat diangkatnya Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rosul ·
Tempat Nabi Muhammad bertemu dengan Jibril
|
Ujian Pengikut Nabi |
·
Para pengikut Nabi mengahadapi siksaan yang keras. ·
Keimanan akan selalu menghadapi penyiksaan ·
Resiko keimanan adalah menghadapi ancaman fisik maupun psikis ·
Macam-macam siksaan yang
diterima pengikut nabi |
Dakwah Tauhid |
·
Nabi mengajak pengikutnya untuk menyembah Allah ·
Nabi Mengajak untuk mentauhidkan Allah · |
Mengahapus Perbudakan |
·
Setiap manusia sama didepan hukum ·
Tidak ada perbedaan antara hamba sahaya dan bangsawan di mata Allah ·
Nabi mengajarkan persamaan manusia |
1. Guru
memotivasi peserta didik untuk menngungkapkan pertanyaan-pertanyaan yang
berkenaan dengan Misi Dakwah Nabi Muhammad di Makkah
2. Peserta
didik menyampaikan pertanyaan-pertanyaannya, salah seorang peserta pencatannya.
3. Guru
mengarahkan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan Misi Dakwah Nabi
Muhammad di Makkah
4. Guru
memberikan apresiasi atas pertanyaan-pertanyaan peserta didik
Catatan: bentuk
petanyaan
No |
Pertanyaan |
1 |
Apa misi dakwah Nabi Muhammad di Makkah? |
2 |
Kapan nabi Muhammad diperintahkan berdakwah? |
3 |
Kenapa Orang kafir menyiksa orang yang masuk Islam? |
4 |
Bagaimana bentuk penyiksaan yang diterima oleh pengikut Nabi? |
5 |
Apa Prioritas Dakwah Nabi
Muhammad? |
6 |
Siapa yang paling keras menentang nabi Muhammad? |
7 |
Bagaimana cara Nabi Menghadapi ancaman kafir Quraisy? |
dst |
|
- Guru meminta peserta
didik untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di
“wawasanku”
- Peserta didik diberi
waktu membaca dan menelaah “wawasanku”
- Guru meminta peserta
didik untuk mencatat jawaban-jawaban berdasarkan “wawasanku”
- Jika ada pertanyaan
yang tidak ada jawabannya, guru bisa memberikan penjelasan singkat atau
memberikan sumber-sumber bacaan yang bisa peserta didik dapatkan.
Catatan:
Jika ada pertanyaan yang menarik dan
perlu dikaji lebih mendalam, guru bisa menjadikan pertanyaan tersebut menjadi
tugas mandiri.
1.
Guru membentuk 5 kelompok
besar beranggotakan 9-10 orang. Setiap kelompok mendiskusikan ke-5 pertanyaan
tersebut.
2.
Guru mengamati proses
diskusi peserta didik dengan menggunakan format pengamatan diskusi
3.
Guru Meminta setiap
kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok besar.
4.
Guru mengamati presentasi
kelompok dengan menggunakan format pengamatan presentasi
5.
Guru meminta hasil kerja
untuk dinilai dengan menggunakan format penilaian hasil kerja kelompok.
- Sebelum mengakhiri
pembelajaran, setiap peserta didik diminta melakukan refleksi dengan
menjawab pertanyaan yang ada.
- Guru meminta sebagain
peserta didik menyampaikan hasil refleksinya. Diusahakan memilih peserta
didik yang tidak terbiasa menyampaikan pendapatnya atau komentarnya.
- Guru menghargai
setiap hasil refleksi peserta didik. Dan tidak perlu mengomentari untuk
membenarkan atau menyalahkan, cukup dengan kata “bagus” atau “hebat” atau
kata-kata yang memotivasi peserta didik mau mengungkapkan pendapatnya.
Guru meminta setiap peserta didik
menghapal surat al ‘Alaq 1-5 dan surat Al Mudatsir 1-7. Kemudian peserta didik memperdengarkan
hapalannya di depan orang lain yaitu
- Orangtua ( wajib)
- Kerabat keluarga
- Teman
Minimal 3 orang di kedua surat.
Dengan menggunakan format dibawah:
Nama : ...... Kelas
: .............................
No |
Nama Surat |
1 Nama ............... |
2 Nama ............. |
3 Nama ......... |
1 |
Surat Al ‘Alaq 1-5 |
|
|
|
2 |
Surat Al Mudatsir |
|
|
|
Pertemuan 3 : C. Pola dakwah Nabi Muhammad di Makkah
v Persiapan
1. Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama.
2.
Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3.
Guru meminta tugas yang telah diberikan
pertemuan pertama tentang hafalan surat Al Alaq
dan Al Mudatsir
4.
Guru menanyakan kesan selama
melaksankan tugas hafalan kedua surat. Bisa menanyakan berapa orang yang menghafalkan
di depan orang tua dan apa reaksi orang tua mendapat tugas mendengarkan hafalan
anaknya.
5.
Guru memberi pengulangan tentang misi dakwah
Nabi Muhammad di Makkah dengan menanyakan tentang
a.
Bagaimana
Proses pengangkatan Nabi Muhammad sebagai nabi dan Rosul?
b.
Apa prioritas
dakwah Nabi Muahmmad selama di Mekkah?
c.
Bagaimana
respon masyarakat mekkah terhadap dakwah Nabi Muhammad?
d.
Apa tantangan
dan rintangan yang dihadapi nabi Muhammad saw?
e.
Sebutkan
faktor kesuksesan dakwah nabi di Mekkah?
6. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran dari tema pola dakwah Nabi Muhammad di Makkah.
7.
Guru dapat
menggunakan Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau menggunakan
multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
v Pelaksanaan
1.
Peserta didik mengamati gambar
2.
Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan terhadap gambar
yang ada
3.
Guru mengarahkan pengamatan peserta didik kepada Pola
dakwah Nabi Muhammad di Makkah
4.
Guru memberi penguatan terhadap hasil pengamatan peserta
didik
orang berkumpul sedang
belajar |
·
Nabi Muhammad berdakwah untuk keluarga terlebih dahulu ·
Mengajar secara berkelompok kecil merupakan bagian dakwah ·
Berdakwah bisa dimulai dilingkungan kecil dulu ·
Berdakwah akan efektif jika
mengurangi jarak antara guru dan murid ·
Dakwah sangat efektif bagi
kelompok kecil |
Gambar
orang sedang bicara di depan umum |
·
Dakwah bisa dilakukan secara masal ·
Kemampuan bicara di depan umum menjadi modal utama untuk berdakwah ·
Perlu keberanian untuk berbicara di depan umum ·
Dakwah Islam perlu disampaikan kepada masyarakat umum ·
Nabi Melakukan dakwah terang-terangan |
Gambar
rombongan hijrah |
·
Orang Islam dianjurkan hijrah untuk menghindari ancaman dan penyiksanaan ·
Orang berhijrah perlu membawa perbekalan supaya tidak membebani orang
lain. ·
Nabi Muhammad menyuruh hijrah ke habasyah
|
Gambar
orang sedang mengadakan perjanjian |
·
Setiap perjanjian perlu ditulis di atas kertas. ·
Perjanjian harus dihadiri oleh saksi ·
Perjanjian harus berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak ·
Nabi mengadakan perjanjian Aqaba |
- Guru memotivasi peserta didik untuk menngungkapkan
pertanyaan-pertanyaan yang berkenaan dengan Pola Dakwah Nabi Muhammad
di
Makkah
- Peserta didik menyampaikan pertanyaan-pertanyaannya,
salah seorang peserta pencatannya.
- Guru mengarahkan pertanyaan-pertanyaan
yang berhubungan dengan Pola Dakwah Nabi Muhammad
di Makkah.
- Guru memberikan apresiasi atas
pertanyaan-pertanyaan peserta didik
Catatan: bentuk
petanyaan
No |
Pertanyaan |
1 |
Bagaiaman strategi Dakwah Nabi Muhammad saw |
2 |
Kapan Nabi Muhammad memulai dakwah sembunyi-sembunyi? |
3 |
Kenapa nabi Muhammad berdakwah secara sembunyi-sembunyi? |
4 |
Siapa yang melindungi Nabi Ketika berdakwah sembunyi? |
5 |
Kapan Nabi Muhammad berdakwah terang-terangan? |
6 |
Kenapa terjadi perjanjian aqabah? |
7 |
Apa strategi nabi Muhammad saw ketika berdakwah terang-terangan? |
8 |
Kenapa Nabi Memilih Habasyah sebagai tempat hijrah sahabat? |
dst |
|
- Guru meminta peserta
didik untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di
“wawasanku”
- Peserta didik diberi
waktu membaca dan menelaah “wawasanku”
- Guru meminta peserta
didik untuk mencatat jawaban-jawaban berdasarkan “wawasanku”
- Jika ada pertanyaan
yang tidak ada jawabannya, guru bisa memberikan penjelasan singkat atau
memberikan sumber-sumber bacaan yang bisa peserta didik dapatkan.
Catatan:
Jika ada pertanyaan yang menarik dan
perlu dikaji lebih mendalam, guru bisa menjadikan pertanyaan tersebut menjadi
tugas mandiri.
1.
Guru membentuk 6 kelompok
besar, setiap kelompok mendiskusikan satu pertanyaan.
2.
Guru mengamati proses
diskusi peserta didik dengan menggunakan format pengamatan diskusi
3.
Guru Meminta setiap
kelompok menukar hasil kerjanya dengan kelompok lain.
4.
Guru meminta setiap
kelompok memperbaiki hasil kerjanya dan menulis kembali di kertas yang siap
untuk ditempel di Majalah dinding.
- Sebelum mengakhiri
pembelajaran, setiap peserta didik diminta melakukan refleksi dengan
menjawab pertanyaan yang ada.
- Guru meminta sebagain
peserta didik menyampaikan hasil refleksinya. Diusahakan memilih peserta
didik yang tidak terbiasa menyampaikan pendapatnya atau komentarnya.
- Guru menghargai
setiap hasil refleksi peserta didik. Dan tidak perlu mengomentari untuk
membenarkan atau menyalahkan, cukup dengan kata “bagus” atau “hebat” atau
kata-kata yang memotivasi peserta didik mau mengungkapkan pendapatnya.
- Guru meminta kelompok
untuk mewancarai ustadz atau ustadzah tentang pengalaman dakwahnya.
- Guru memberi
penjelasan tentang tujuan tugas ini yaitu
a.
Mengamati
pola dakwah di sekitar tempat tinggal
b.
Menumbuhkan
tanggungjawab dakwah pada diri peserta didik.
c.
Mengamati
tantangan dakwah di sekitar tempat tinggal
d.
Menganalisa
pola dakwah yang tepat di sekitar tempat tinggal.
e.
Memahami tugas
para ustadz/ustadszah
H. Penilaian
1.
Pengamatan Sikap (Diskusi)
- Format Penilaian
No. |
Nama peserta didik |
Aktifitas |
Skor |
|||
Kerjasama |
Keaktifan |
Partisipasi |
Inisiatif |
|||
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
- Rubrik penilaian:
1.
Kerjasama
a. jika Peserta didik belum memperlihatkan kerjasamanya,
skor 1
b. jika Peserta didik mulai memperlihatkan
kerjasamanya, skor 2
c. jika Peserta didik mulai berkembang kerjasamanya, skor 3
d. jika Peserta didik mulai membudayakan kerjasamanya, skor 4
2. Keaktifan.
a. jika Peserta didik belum memperlihatkan keaktifan, skor 1
b. jika Peserta didik mulai memperlihatkan keaktifan,
skor 2
c. jika Peserta didik mulai berkembang keaktifan, skor 3
d. jika Peserta didik mulai keaktifan, skor 4
3. Partisipasi
a. jika Peserta didik belum memperlihatkan Partisipasi, skor
1
b. jika Peserta didik mulai memperlihatkan
Partisipasi, skor 2
c. jika Peserta didik mulai berkembang Partisipasi, skor 3
d. jika Peserta didik mulai Partisipasi, skor 4
4.
Inisiatif
a. jika Peserta didik belum memperlihatkan Inisiatif, skor 1
b. jika Peserta didik mulai memperlihatkan Inisiatif,
skor 2
c. jika Peserta didik mulai berkembang Inisiatif, skor 3
d. jika Peserta didik mulai membudayakan Inisiatif, skor 4
- Pedoman Pen-skoran
Nilai |
= |
Jumlah Nilai Skor Yang
diperoleh |
x |
100 |
Jumlah Skor maksimal
(16) |
2.
Format Penilaian
“Aktifitasku” (presentasi)
- Format Penilaian
No. |
Nama
siswa |
Aspek yang dinilai |
Skor Maks. |
Nilai |
Ketuntasan |
Tindak Lanjut |
||||
1 |
2 |
3 |
T |
TT |
R |
P |
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Aspek dan rubrik penilaian:
1) Kejelasan dan kedalaman informasi.
a. Jika kelompok tersebut
dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30.
b.
Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman
informasi lengkap dan kurang
sempurna, skor 20.
c. Jika kelompok tersebut
dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap, skor 10.
2) Keaktifan dalam diskusi.
a. Jika kelompok tersebut berperan sangat
aktif dalam diskusi, skor 30.
b. Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam
diskusi, skor
20.
c. Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam
diskusi, skor 10.
3) Kejelasan dan kerapian presentasi.
a. Jika kelompok tersebut
dapat mempresentasikan dengan
sangat jelas dan rapi,
skor 40.
b.
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan rapi, skor 30.
c. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi,
skor 20.
d.
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 10.
- Pedoman Pen-Skoran
Nilai |
= |
Jumlah Nilai Skor Yang
diperoleh |
x |
100 |
Jumlah Skor maksimal |
3.
Penilaian “Tugasku”
Skor penilaian
sebagai berikut:
- Jika
peserta
didik
dapat
mengumpulkan
tugasnya
tepat
pada
waktu
yang
ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 100.
- Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan
dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 90.
- Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan
dan perilaku yang diamati serta alasannya sedikit ada kekurangan, nilai 80.
4.
Uji Kompetensi (pilihan
ganda)
a.
Soal Uji kompetensi
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dan benar !
1) Nabi Muhammad SAW diutus di muka bumi sebagai rahmat
untuk ….
a. seluruh alam semesta
b. keluarganya
c. dirinya sendiri
d. para sahabatnya
2) Cara dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah adalah ....
a. sirri
b. Jahr
c. Sirri dan jahr
d. Terpusat di masjid
3) Salah satu
keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah adalah ....
a. menanamkan aqidah Islam
b. mengajarkan
cara hidup bermasyarakat
c. menunjukkan
perbedaan derajat
d. hanya
mengajarkan cara berperang
4) Di bawah ini yang bukan termasuk prilaku Nabi Muhammad
SAW membangun kebudayaan di Mekkah
adalah ....
a. merubah budaya
jahiliyah
b. mengajarkan hidup menyendiri
c. menunjukkan persamaan derajat
d. mengajarkan srategi perang
5) Di bawah ini yang bukan termasuk hikmah yang dapat
diambil dari misi Nabi Muhammad SAW di Mekkah adalah ....
a. senantiasa menomorsatukan Allah
b. selalu menjunjung tinggi persamaan derajat manusia
dihadapan Allah swt.
c. agar mementingkan kelompok atau golongannya
d. mengangkat harkat dan martabat wanita
6) Nabi Muhammad menolak pencampuran ajaran Islam dan
ajaran lain karena dengan surat ....
a. Quraisy
b. Al Alaq
c. Al Mudatsir
d. Al Kafirun
7) Di bawah ini yang bukan termasuk keladanan yang dapat
diambil dari perjuangan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah adalah
....
a. kebersamaan
dalam membantu si miskin
b. kegigihan
dalam mempertahankan iman
c. keutuhan dalam
menjaga persatuan
d. kesatuan dalam
tekad perang
8) Masyarakat Mekkah memiliki kepercayaan terhadap ...
a. Agama tahudi
b. Yahudi
c. Paganisme
d. Nasrani
9) Sebelum kedatangan Islam, Masyarakat memiliki
kebiasaan yang baik, kecuali ...
a. Menghormati harga diri
b. loyal terhadap pepimpin
c. jiwa pemberani
d. menghargai anak perempuan
10) Masyarakat Makkah belajar berniaga dan berdagang dari
orang-orang ....
a. Yaman
b. Syam
c. Persia
d. Yahudi
11) Suku Quraisy merupakan pendudukan Makkah yang
memegang perniagaan di jazirah Arab karena beberapa faktor, kecuali ....
a. keberadaan Orang Yaman yang ahli perniagaan di Makkah
b. Keberadaan Kabah sebagai tempat melaksanakan haji
c. Kebiasaan Suku Quraisy melakukan perjalan perdagangan
ke daerah lain.
d. Kekayaan sumber daya Alam di Makkah
12) pada zaman Jahiliyah, Pasar bukan hanya berfungsi
sebagai pusat perdagangan saja, tapi memiliki fungsi lain kecuali ....
a. pusat peradaban dan kekayaan bahasa
b. pusat transaksi global
c. pusat pertemuan
pemimpin bangsa
d. pusat pertemuan para penyair
13) Nabi Muhammad
diangkat menjadi Nabi dan Rosul setelah
menerima pertama surat Al Alaq ayat 1-5 di gua hira yang terletak di gunung ...
a. Gunung Tsur
b. Gunung Nur
c. Gunug Uhud
d. Gunung Rimayah
14) Nabi Muhammad
melakukan dakwah secara terang-terangan setelah menerima perintah yang
tercantum pada surat ....
a. Surat al Hijr ayat 94
b. Surat al Alaq ayat 1-5
c. Surat Asy Syu’ara ayat 214
d. Surat Al Mudatsir ayat 1-7
15) Kafir Quraisy
merasa khawatir kehilangan status sosial sehingga menolak dakwah Nabi Muhammad
karena salah satu prioritas dakwah nabi Muhammad saw ....
a. mengajarkan persaman hak asasi
b. merubah prilaku jahiliyah
c. menegaskan hari
kiamat
d. mengajarkan ketauhian
16) berikut ini
adalah para shahabat yang ikut Hijrah ke Habasyah, kecuali ....
a. Utsman bin Affan
b. Zubair bin Awwam
c. Abdurrahman bin Auf
d. Hamzah bin abdul Muthalib
17) Utusan kafir
Quraisy untuk menemui Raja Habasyah dengan harapan Raja Habasyah mau mengembalika Para pengikut nabi Muhammad ke
Makkah adalah ....
a. Amr bin Ash
b. Abu Sufyan bin Harb
c. Khalid bin Walid
d. Zubair bin Umayah
18) Salah satu
Alasan Nabi Muhammad memilih Thaif sebagai tempat berlindung adalah ....
a. penduduknya sangat mendukung Nabi Muhammad
b. Kaya dengan sumber alamnya
c. sukunya termasuk suku Arab yang paling kuat
b. Sukunya bermusuhan dengan Kafir Quraisy
19) Da’i pertama
dalam sejarah Islam adalah ....
a. Ali bin Abi Thalib
b. Mus’ab bin Umair
c. Mu’adz bin Jabal
d. Amar bin Yasir
20) Perjanjian Aqabah pertama disebut baiat wanita karena
....
a. pesertanya wanita
b. tanpa perintah perang
c. baiat sumpah setia
d. kondisi ketakutan
b. Kunci Jawaban
1) a 6) d 11) d 16) d
2) c 7) d 12) c 17) a
3) a 8) c 13) b 18) c
4) b 9) d 14) c 19) b
5) c 10) a 15)
a 20) b
c. Pedoman Penskoran
Jumlah jawaban
benar x 1 = nilai (maksimal 20 x 1=20)
5.
Uji Kompetensi (Uraian)
a. Soal
Uraian
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas
!
1) Mengapa Nabi
Muhammad memerintahkan Para shahabatnya berhijrah ke Habasyah?
2) Bagaimana pola dakwah
Nabi Muhammad di Mekkah?
3) Jelaskan kondisi
masyarakat Mekkah sebelum Islam?
4) Jelaskan misi
dakwah Nabi Muhammad di Mekkah?
5) Bagaimana Nabi
Muhammad dan Para shahabat menghadapi siksaan dan Ancamam dari Kaum Quraisy?
b. Kunci
jawaban
1)
Untuk menyelamatkan diri dari siksaan kafir Quraisy, Raja habasyah terkenal
adil, memelihara iman
2)
Dakwah Sirri, Dakwah Jahr, Hijrah Habasyah, Hijrah Thaif dan Perjanjian Aqabah
3) Menyembah berhala, membunuh Anak perempuan,
pelaku sistem riba, perang saudara,
4)
tahudi, menegaskan hari kiamat, menghapus prilaku jahiliyah, dan mengangkata
dan melindungi hak asasi manusia.
5)
sabar, kegigihan, berkenyakinan kuat, akhlak terpuji, kesetaraan derajat.
c. Pedoman
pen-skoran
No. Soal |
Rubrik
Penilaian |
Skor |
1 |
a.
Jika Peserta didik dapat menuliskan sangat
lengkap dan sempurna, skor 4 b.
Jika Peserta didik dapat menuliskan tentang
keduanya lengkap, skor 3 c.
Jika Peserta didik dapat menuliskan tentang
keduanya tidak lengkap, skor 2 |
4 |
2 |
a.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 4 pola,
skor 4 b.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 3 pola,
skor 3 c.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 2 pola,
skor 2 d.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 1 pola,
skor 1 |
4 |
3 |
a.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 4
kondisi, skor 4 b.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 3
kondisi, skor 3 c.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 2 kondisi,
skor 2 d.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 1
kondisi, skor 1 |
4 |
4 |
a.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 4 misi,
skor 4 b.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 3 misi,
skor 3 c.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 2 misi,
skor 2 d.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 1 misi,
skor 1 |
4 |
5 |
e.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 4
reaksi, skor 4 f.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 3
reaksi, skor 3 g.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 2
reaksi, skor 2 a.
Jika Peserta didik dapat menuliskan 1
reaksi, skor 1 |
4 |
|
Jumlah Skor |
20 |
H. Pengayaan
Peserta didik yang sudah menguasai materi,
mengerjakan soal pengayaan yang telah disiapkan oleh
guru berupa pertanyaan-pertanyaan tentang Perjuangan Nabi Muhammad di Mekah
(Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam
pengayaan).
I. Remedial
Peserta didik yang belum
menguasai materi akan dijelaskan kembali
oleh guru materi tentang “Perjuangan Nabi Muhammad di Mekah”.
Guru akan melakukan penilaian kembali (lihat penilaian tentang uji kompetensi)
dengan soal yang sejenis. Remedial
dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh:
pada saat jam belajar, apabila
masih ada waktu, atau di luar
jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).
J. Interaksi Guru Dengan
Orang Tua
Guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “Tugasku” dalam buku teks kepada orang tuanya. Adapun peran orang tua bisa dilihat di tabel berikut:
No |
Tugas |
Peran Orang Tua |
1 |
Mencari Ayat-ayat
tentang Kondisi Masyarakat Makkah sebelum Islam |
·
Mengamati kegiatan
Anaknya ·
Mendampingi anaknya
ketika melaksankan tugas. |
2 |
Memperdengarkan
hapalan surat al Alaq dan Al Mudatsir |
·
Meluangkan waktu untuk
mendengar hapalan anaknya. ·
Memberikan penilaian
dan tanda tangan setelah mendengar anaknya membacakan |
3 |
Mewancarai
Ustadz/h tentang pengalaman menjadi da’i |
·
Mengamati kegiatan
anaknya ·
Mengenalkan anaknya
dengan ustadz/h sekitar lingkungannya ·
Memfalisitasi
kebutuhan anaknya |
Cara lainnya dapat juga dengan menggunakan buku penghubung kepada orang tua
yang berisi tentang perubahan perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran atau berkomunikasi langsung baik langsung, maupun memalui telepon,
tentang perkembangan perilaku
anaknya.
Comments
Post a Comment