KISI KISI PENILAIAN AKHIR TAHUN PAT PKN KELAS 7/2. SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

KISI KISI PENILAIAN AKHIR TAHUN

·         TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

Satuan Pendidikan       : MTs

Mata Pelajaran             : PKN

 

Kelas/Semester      : VII/2 (Genap)

Alokasi Waktu        : 90 menit

 

Kompetensi Dasar

Materi Esensial

Indikator Soal

Level Kognitif

Bentuk Soal

Skor

L1

L2

L3

PG

Uraian

3.4

Mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras dan antargologan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 

·         Keberagaman dalam masyarakat Indonesia

 

Mengidentifikasi upaya meningkatkan keberagaman masyarakat Indonesia

 

 

1

 

 

Menjelaskan faktor yang menyebabkan keanekaragaman bangsa Indonesia

 

 

2,3

 

 

Mendeskripsikan keberagaman suku bangsa

 

 

4,5

 

 

Menentukan keberagaman agama dan kepercayaan

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menjelaskan keberagaman di Indonesia sebagai aset nasional

 

 

7

 

 

Menjelaskan dampak positif dari keberagaman bangsa Indonesia

 

 

8

 

 

Menjelaskan makna dari semboyan Bhineka Tunggal Ika

 

 

     9

 

 

Menganalisis keberagaman masyarakat Indonesia bisa menjadi potensi ( kekayaan bangsa )

 

 

 

 

·         Arti penting memahami keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 

 

 

 

 

 

 

·         Perilaku toleran terhadap keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan

Menerapkan wujud perilaku toleransi dalam kehidupan antar umat beragama

 

 

10

 

 

Menerapkan nilai-nilai toleransi dalam keberagaman

 

 

11

 

 

3.5

Menganalisis bentuk-bentuk kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat

 

·         Kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan

 

Menjelaskan kemerdekaan adalah kerja sama yang dilakukan oleh para pejuang tanpa dibatasi suku, bangsa, agama ras dan adat istiadat

 

 

12

 

 

Mengidentifikasi bentuk kerja sama atau gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dapat tampak dalam kehidupan

 

 

13

 

 

Mengidentifikasi tujuan nasional bangsa Indonesia

 

 

14

 

 

Menjelaskan kelebihan gotong royong dibandingkan bentuk kerja sama yang lainnya

 

 

15

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menjelaskan bentuk kerjasama dalam kehidupan sosial politik

 

 

16

 

 

Menjelaskan bentuk kerjasama dalam bidang ekonomi

 

 

17

 

 

 

 

 

 

 

Menjelaskan sikap yang harus dihindari dalam kerjasama diberbagai bidang kehidupan masyarakat.

 

 

    18

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·         Arti penting kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan

Menjelaskan arti pentingnya kerjasama

 

 

19

 

 

Mengidentifikasi cara kerja sama antar sesama warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

 

 

20

 

 

·         Mewujudkan kerjasama dalam berbagai lingkungan kehidupan

Menerapkan perilaku yang menunjukkan sikap bekerja sama antar umat beragama

 

 

21

 

 

Memberi contoh pelaksanaan kerja sama atau gotong goyong di dalam kehidupan sekolah, yang melibatkan seluruh warga sekolah.

 

 

22

 

 

3.6

Mengasosiasikan karakteristik daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

·         Daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

Menjelaskan makna proklamasi dilihat dari asfek sosiologis

 

 

23

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengidentifikasi bunyi pasal 18B UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

 

24

 

 

Menjelaskan hakikat otonomi daerah

 

 

25

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menjelaskan peran daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia antara lain

 

 

26

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·         Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

Menjelaskan nilai-nilai yang ditanamkan dan disadari oleh setiap warga negara (di daerah) demi tegaknya NKRI

 

 

27

 

 

Memberi contoh usaha bela Negara demi mempertahankan NKRI

 

 

28

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bentuk Soal

28

-

 

Total Jumlah Soal

             40

 

Keterangan

:

§  Level 1 : Aplikasi

§  Level 2 : Pengetahuan

§  Level 3 : Pemahaman

 


Comments