KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN ( PAT ) SKI KELAS 7/2, SEMESTER GENAP TP 2020 / 2021

 

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN ( PAT ) TP 2020 / 2021

 

SatuanPendidikan      : Madrasah Tsanawiyah                

Mata Pelajaran           : SejarahKebudayaan Islam

Kelas                            : VII

Semester                       : Genap

 

KOMPETENSI

DASAR

MATERI

INDIKATOR SOAL

LEVEL

KOGNITIF

BENTUK

SOAL

NO

SOAL

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

3.1. Menganalisis misi Nabi Muhammad SAW. Sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta.

Kondisi kepercayaan, dan sosial masyarakat Mekkah sebelum kedatangan agama Islam.

 

 

 

 

Kondisi ekonomi dan politik masyarakat Mekkah sebelum kedatangan agama Islam.

 

 

 

Misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Respon masyarakat Mekkah terhadap dakwah Nabi

Ø  Disajikan suatu karakter positif bangsa Arab Jahiliyah, peserta didik dapat mengidentifikasi karakter negatif bangsa Arab Jahiliyah yang bertentangan dengan Hak Asasi Manusia.

 

Ø  Peserta didik dapat menyebutkan kekuatan politik yang mempengaruhi politik Arab sebelum Islam.

 

 

Ø  Disajikan suatu cerita, peserta didik dapat menunjukkan surat atau wahyu yang pertama diturunkan kepada Nabi Muhammad

 

Ø  Peserta didik dapat menyebutkan waktu Nuzulul Qur’an

 

Ø  Peserta didik dapat menyebutkan nama tempat dakwah Nabi Muhammad diawal dakwahnya

 

Ø  Disajikan suatu cerita, peserta didik dapat menyebutkan nama-nama sahabat Nabi yang mendapat siksa dari Kafir Quraisy

 

 

C4

 

 

 

 

 

 

C1

 

 

 

 

 

C2

 

 

 

 

 

C1

 

 

 

C1

 

 

 

 

C1

PG

 

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

 

PG

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

5

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

3.2. Menganalisis strategi dakwah Nabi Muhammad SAW. Di Mekah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3. Menganalisis strategi dakwah Nabi Muhammad Saw di Mekkah

 

 

 

 

 

 

 

3.1. Mengidentifikasi berbagai kemajuan yang dicapai umat islam pada masa Khulafaur Rasyidin

 

 

 

 

 

 

Dakwah sirriyah dan Jahr Nabi Muhammad SAW di Mekkah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peristiwa hijrah ke Habsyi dan misi dakwah Nabi ke Thaif.

 

 

 

 

 

 

 

 

Perjanjian Aqobah.

 

 

 

Kondisi masyarakat Madinah sebelum kedatangan agama Islam.

 

 

 

 

 

 

Khulafaurrasyidin.

Ø  Peserta didik dapat menyebutkan karakter yang menjadi modal kesuksekan dakwah Nabi Muhammad di Mekkah

 

Ø  Peserta didik dapat menyebutkan orang-orang yang pertama masuk Islam

 

Ø  Peserta didik dapat menyebutkan nama tempat dakwah awal nabi Muhammad secara terang-terangan dengan benar

 

Ø  Disajikan suatu cerita, peserta didik dapat mengidentifikasi isi pengumuman boikot atau embargo yang dilakukan kafir Quraisy terhadap Bani Hasyim dan Bani Abdul Mutholib

 

Ø  Disajikan suatu cerita, peserta didik dapat menyebutkan pemimpin hijrah ke Habsyi

 

Ø  Disajikan suatu cerita, peserta didik dapat mengidentifikasi alasan Nabi Muhammad memilih Thaif sebagai tempat misi dakwahnya dengan benar

 

Ø  Peserta didik dapat menyebutkan isi Bai’at Aqobah I

 

Ø  Peserta didik dapat menyebutkan kepercayaan dan agama yang dianut penduduk di Madinah

 

Ø  Peserta didik dapat menyebutkan kabilah Yahudi yang ada di Madinah

 

Ø  Disajikan pernyataan mengenai arti kata Khulafaurrasyidin, peserta didik dapat mengemukakan pengertian Khulafaurrasyidin

 

Ø  Disajikan deskripsi kehidupan abu bakar as-sidiq, peserta didik dapat mengemukakan alasan Abu Bakar mendapat gelar ash-shidiq

 

Ø  Disajikan  deskripsi kehidupan Umar bin Khattab setelah masuk Islam, peserta didik dapat mengemukakan gelar yang diberikan Rasulullah SAW terhadap Umar bin Khattab

 

Ø  Disajikan deskripsi kehidupan Usman bin Affan, peserta didik dapat mengemukakan gelar yang diberikan kepada Usman bin Affan

 

Ø  Disajikan deskripsi perjuangan Ali bin Abi Thalib dalam membela Rasulullah SAW, peserta didik dapat menentukan sifat positif yang dapat kita teladani

 

Ø  Disajikan pernyataan proses pengangkatan Umar bin Khattab, peserta didik dapat menganalisis sikap positif yang dapat kita ambil dari cara pengangkatan Khalifah Umar bin Khattab

 

C1

 

 

 

 

 

C1

 

 

 

C1

 

 

 

 

 

C4

 

 

 

 

 

 

C1

 

 

 

C4

 

 

 

 

 

C1

 

 

 

C1

 

 

 

 

C1

 

 

 

C2

 

 

 

 

 

C2

 

 

 

 

 

C2

 

 

 

 

 

 

 

C2

 

 

 

 

 

C3

 

 

 

 

 

 

C4

 

PG

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

 

PG

 

 

7

 

 

 

 

 

8

 

 

 

9

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

11

 

 

 

12

 

 

 

 

 

13

 

 

 

14

 

 

 

 

15

 

 

 

16

 

 

 

 

 

17

 

 

 

 

 

18

 

 

 

 

 

 

 

19

 

 

 

 

 

20

 

 

 

 

 

 

21

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.2. Memahami perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Bani Umayah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dinasti Umayah.

Ø  Disajikan model-model kepemimpinan Khulafaurrasyidin, peserta didik dapat menganalisis model kepemimpinan Khalifah Abu Bakar Ash-Shidiq

Ø  Disajikan pernyataan kebijakan kepemimpinan Khalifah ali bin Abi Thalib, peserta didik dapat menganalisis model kepemimpinan Ali bin Abi Thalib

 

Ø  Disajikan deskripsi perjuangan Abu Bakar melawan nabi palsu, peserta didik dapat menentukan nama peperangan melawan nabi palsu

 

Ø  Disajikan pernyataan kondisi Al-Qur’an pada masa Khalifah Abu Bakar, peserta didik dapat mengemukakan alasan kodifikasi Al-Qur’an pada masa Abu Bakar

 

Ø  Disajikan pernyataan kondisi setelah pengumpulan Al-quran pada masa Abu Bakar, peserta didik dapat mengemukakan nama sahabat yang dijadikan tempat penyimpanan mushaf Al-Qur’an

 

Ø  Disajikan pernyataan kondisi perluasan wilayah pada masa Umar bin Khattab, peserta didik dapat menganalisis daerah-daerah kekuasaan pada masa Umar bin Khattab

 

Ø  Disajikan prestasi-prestasi Umar bin Khattab, peserta didik dapat menganalisis jasa Umar bin Khattab yang dapat membedakan antara umat islma dengan kaum nasrani

 

Ø  Disajikan pernyataan kondisi wilayah pada masa Usman bin Affan, peserta didik dapat menganalisis prestasi Usman bin Affan yang dalam perkembangannya membawa dan menyebarkan islam sampai ke eropa bahkan sampai Indonesia

 

Ø  Disajikan deskripsi kodifikasi Al-Qur’an pada masa Usman bin Affan, peserta didik dapat mengemukakan kota-kota yang dikirim mushaf hasil kodifikasi tersebut

 

Ø  Disajikan prestasi-prestasi Ali bin Abi Thalib, peserta didik dapat menganalisis prestasi Ali bin Abi Thalib yang berkaitan untuk membangun pemerintahan yang efektif dan efisien

 

Ø  Disajikan pernyataan kondisi umat Islam di akhir masa Khulafaurrasyidin, peserta didik dapat menganalisis kekuasaan setelah Khulafaurrasyidin

 

Ø  Disajiakn proses berdirinya Dinasti Umayah, peserta didik mengemukakan asal penamaan Dinasti Umayah

 

 

Ø  Disajikan deskripsi proses berdirinya Dinasti Umayah, peserta didik dapat mengemukakan masa kekuasaan Dinasti Umayah

 

C4

 

 

 

 

 

C4

 

 

 

 

 

 

C3

 

 

 

 

 

C2

 

 

 

 

 

 

C2

 

 

 

 

 

 

 

C4

 

 

 

 

 

 

C4

 

 

 

 

 

 

C4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C2

 

 

 

 

 

 

C4

 

 

 

 

 

 

 

C4

 

 

 

 

 

 

C2

 

 

 

 

 

C2

 

PG

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

PG

 

22

 

 

 

 

 

23

 

 

 

 

 

 

24

 

 

 

 

 

25

 

 

 

 

 

 

26

 

 

 

 

 

 

 

27

 

 

 

 

 

 

28

 

 

 

 

 

 

29

 

 

 

 

 

 

 

 

 

30

 

 

 

 

 

 

31

 

 

 

 

 

 

 

32

 

 

 

 

 

 

33

 

 

 

 

 

34

3.3. Mengidentifikasi ilmuwan muslim dan perannya dalam memajukan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Bani Umayah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.4. Memahami sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz

 

Ilmuwan muslim dan perannya dalam memajukan kebudayaan/peradaban

islam pada masa Dinasti Umayyah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz

Ø  Disajikan pernyataan nama-nama ilmuwan pada masa Dinasti Umayah, peserta didik dapat menganalisis ilmuwan yang ahli dibidang Fikih pada masa Dinasti Umayah

 

Ø  Disajikan pernyataan perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Umayah, peserta didik dapat menganalisis nama ilmu yang berkembang yang berfungsi untuk mengetahui kandungan ayat-ayat Al-Qur’an

 

Ø  Disajikan  nama-nama ilmuwan muslim masa Dinasti Umayah, peserta didik dapat mengemukakan nama ilmuwan yang menguasai bidang Tasawuf

 

Ø  Disajikan pernyataan kebijakan umar bin abdul aziz, peserta didik dapat menganalisis kebijakan Umar bin Abdul Aziz yang berkaitan dengan perlindungan terhadap hak asasi manusia

 

Ø  Disajikan pernyataan kepribadian Umar bin Abdul Aziz, peserta didik dapat menganalisis karakter Umar bin Abdul Aziz yang dapat kita contoh dalam kehidupan sehari-hari

 

Ø  Disajikan pernyataan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz, peserta didik dapat menganalisis gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz yang sangat berperan terhadap kemajuan pemerintahan Dinasti Umayah

C4

 

 

 

 

 

 

C4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C2

 

 

 

 

 

 

C4

 

 

 

 

 

 

 

C4

 

 

 

 

 

 

 

C4

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

 

 

PG

35

 

 

 

 

 

 

36

 

 

 

 

 

 

 

 

 

37

 

 

 

 

 

 

38

 

 

 

 

 

 

 

39

 

 

 

 

 

 

 

40

 

 

 

Comments