BUKU PANDUAN GURU SKI KELAS 7

 

Buku Panduan Guru

Sejarah Kebudayaan Islam   Untuk   Madrasah Tsanawiyah

Kelas VII


Hak Cipta 2013 pada Kementerian Agama RI

Dilindungi Undang-Undang

 

 

 

 

 

 

 


 

 

Perpustakaan Nasional RI – Katalog Dalam Terbitan

Kementerian Agama RI

 

Buku Panduan Guru Sejarah Kebudayaan Islam

MTS Kelas VII -- Cet. 1.-- Jakarta:

Kementerian Agama, 2013.

 vi, 144 hlm, 17,5 x 25 cm.

ISBN 978- XXX- XXXX XX-X (Jilid Lengkap) ISBN 978- XXX- XXXX XX-X (Jilid 1)

 

Sejarah Kebudayaan Islam

 

 

 

 

 

 

 

 

Penyusun                   : Yun Yun Yunadi, Lc. MA.

Penyunting Bahasa        :

Penyelia Penerbitan       : 

 

 

 

 

 

 

 

 

Disusun dengan huruf Times New Roman-Arabic, 11pt Diproduksi oleh Kementerian Agama RI Dicetak oleh …..



 

 

Kata Pengantar

 

 

 

 


Dengan mengucap rasa syukur alhamdulillah, Buku Pegangan Guru Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VII ini dapat diselesaikan sesuai dengan rencana.

 

 

Buku ini berisi tentang prinsip-prinsip umum dan substansi Sejarah Kebudayaan Islam serta panduan dalam membuat perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran.

 

 

Buku ini disusun untuk memudahkan guru membuat perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran sehingga diharapkan dapat menjamin pencapaian tujuan Sejarah Kebudayaan Islam sesuai dengan Kompetensi Inti. Kompetensi Inti menuntut guru untuk mengembangkan sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan  yang mendorong pada pengamalan ajaran Islam dan budi pekerti peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

Penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan buku ini. Semoga Allah Swt. melipatgandakan pahala atas segala kebaikannya.

 

 

Dalam penyusunan buku ini, penulis berupaya seoptimal mungkin dapat memenuhi kebutuhan guru dalam melaksanakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di sekolah. Namun demikian, penulis menyadari buku ini masih memerlukan penyempurnaan lebih lanjut. Untuk itu kritik dan saran sangat diharapkan guna penyempurnaan di masa yang akan datang.

 

Jakarta,  Nopember  2013

Kontributor



 

 

 

 

 

Daftar Isi

 

 


Kata Pengantar ............................................................................................................................      iii

Daftar isi......................................................................................................................................      iv

Pendahuluan ................................................................................................................................      viii

Petunjuk Penggunaan Guru.........................................................................................................       .ix

Kompetensi Inti dan Rumusan Kompetensi Dasar Sejarah Kebudayaan Islam...........................       .x

Pemetaan Kompetensi Dasar .......................................................................................................      xiii

 

Bab 1    Kearifan Nabi Muhammad saw wujudkan kedamaian ........................                       1

A.    Kompetensi Inti ........................................................................................................            1

B.    Kompetensi Dasar...................................................................................                        1

C.    Tujuan Pembelajaran ..............................................................................            1

D.    Materi Pokok  .......... ..............................................................................                        1

E.    Proses Pembelajaran ..............................................................................              2

F.    Penilaian .................................................................................................                        4

G.    Pengayaan ..............................................................................................                         14

H.    Remedial ................................................................................................                         14

I.    Interaksi Guru dengan Orang Tua ..........................................................                            14

 

Bab 2    Kesuksesan Nabi Muhammad saw melakukan Perubahan..........               1

A.    Kompetensi Inti ......................................................................................                        1

B.    Kompetensi Dasar...................................................................................            1

C.    Tujuan Pembelajaran .............................................................................. 1

D.    Materi Pokok  .......... .............................................................................. 1

E.    Proses Pembelajaran ............................................................................... 2

F.    Penilaian ................................................................................................. 4

G.    Pengayaan .............................................................................................. 14

H.    Remedial ................................................................................................ 14

I.    Interaksi Guru dengan Orang Tua .......................................................... 14

 

 

Bab 3    Khulafaurrosyidin Cermin Akhlak Rosulullah saw  ...............................1

A.    Kompetensi Inti ...................................................................................... 1

B.    Kompetensi Dasar................................................................................... 1

C.    Tujuan Pembelajaran .............................................................................. 1

D.    Materi Pokok  .......... .............................................................................. 1

E.    Proses Pembelajaran ............................................................................... 2

F.    Penilaian ................................................................................................. 4

G.    Pengayaan .............................................................................................. 14

H.    Remedial ................................................................................................ 14

I.    Interaksi Guru dengan Orang Tua .......................................................... 14

 

Bab 4    DINASTI BANI UMAYAH  PELOPOR KEMAJUAN PERADABAN ISLAM...                         1

A.    Kompetensi Inti ...................................................................................... 1

B.    Kompetensi Dasar................................................................................... 1

C.    Tujuan Pembelajaran .............................................................................. 1

D.    Materi Pokok  .......... .............................................................................. 1

E.    Proses Pembelajaran ............................................................................... 2

F.    Penilaian ................................................................................................. 4

G.    Pengayaan .............................................................................................. 14

H.    Remedial ................................................................................................ 14

I.    Interaksi Guru dengan Orang Tua .......................................................... 14

 

Bab 5    Perkembangan Kebudayaan Islam Dinasti Bani Umayyah........................1

A.    Kompetensi Inti ...................................................................................... 1

B.    Kompetensi Dasar................................................................................... 1

C.    Tujuan Pembelajaran .............................................................................. 1

D.    Materi Pokok  .......... .............................................................................. 1

E.    Proses Pembelajaran ............................................................................... 2

F.    Penilaian ................................................................................................. 4

G.    Pengayaan .............................................................................................. 14

H.    Remedial ................................................................................................ 14

I.    Interaksi Guru dengan Orang Tua .......................................................... 14

 

 

Daftar Pustaka ..........................................................................................................123

Ikhtisar.......................................................................................................................125

Glosarium ..................................................................................................................126


Pendahuluan

 

 


Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan belajar aktif berdasarkan nilai-nilai budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah telah melakukan penyesuaian beberapa mata pelajaran yang antara lain adalah mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

Kurikulum 2013 sudah tidak lagi menggunakan standar kompetensi (SK) sebagai acuan dalam mengembangkan Kompetensi Dasar (KD). Sebagai gantinya, Kurikulum

2013 telah menyusun kompetensi inti (KI).  Kompetensi Inti adalah kemampuan yang harus dimiliki seorang peserta didik melalui pembelajaran Kompetensi Dasar yang diorganisasikan dalam pembelajaran integratif dan pendekatan belajar aktif.

Kompetensi Inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dikembangkan ke dalam Kompetensi Dasar. Perubahan perilaku dalam pengamalan ajaran agama dan budi pekerti menjadi perhatian utama.

Tujuan penyusunan Buku Pegangan Guru  ini adalah memberikan  panduan bagi Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Dalam buku ini terdapat lima hal penting yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, dan interaksi guru dengan orangtua peserta didik.

Dengan demikian tujuan pembelajaran diharapkan dapat tercapai secara optimal dan selaras dengan tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.


 

 

Petunjuk

Penggunaan Buku

 

 


Untuk mengoptimalkan penggunaan buku ini, perhatikan penahapan  berikut.

1.  Pertama, bacalah bagian pendahuluan untuk memahami konsep utuh   Sejarah Kebudayaan Islam, serta memahami Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam kerangka Kurikulum 2013.

2.  Setiap bab berisi: Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Materi Pokok, Proses Pembelajaran, Penilaian, Pengayaan, Remedial, dan Interaksi guru dengan orang tua.

3.  Pada subbab tertentu, penomoran Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar tidak berurutan. Hal itu menyesuaikan dengan tahap pencapaian Kompetensi Dasar.

4. Guru perlu mendorong peserta didik untuk memperhatikan kolom-kolom yang terdapat dalam Buku Teks Pelajaran sehingga menjadi fokus perhatian peserta didik. Kolom-kolom tersebut adalah sebagai berikut.

a. Pengamatanku : untuk menyadarkan diri peserta didik.

b.  Pertanyaanku    ;  untuk melatih kemampuan bertanya

c. Wawasanku        :  untuk  menguatkan  peserta  didik  agar  dapat  mewujudkan pengetahuan dalam perilaku.

d. Aktifitasku        : untuk menggali kemampuan berkomunikasi

e. Analisanku         : untuk menggali kemampuan menganalisa dan menghubungkan dengan kehidupannya

f. Tugasku              :  untuk memperkaya informasi

g. Uji Kompetensi  : untuk mengukur penguasaan materi yang dibahas.

5. Dalam pelaksanaannya, guru sangat mungkin melakukan pengembangan yang disesuaikan dengan potensi peserta didik, sumber belajar, dan lingkungan.


Kompetensi Inti (KI),

Rumusan Kompetensi Dasar (KD) Sejarah Kebudayaan Islam

MTS Kelas VII

 

 


A.    Semester Ganjil

KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR

1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1.      Meyakini misi  dakwah Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.

2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

2.1.       Merespon keteladanan perjuangan Nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah.   

2.2.       Merespon keteladanan perjuangan Nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Madinah.

2.3.       Menghargai nilai-nilai dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan untuk masa kini dan yang akan datang.

2.4.       Menghargai nilai-nilai dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.

3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.1         Memahami sejarah Nabi Muhammad dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan

3.2         Memahami misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.

3.3         Memahami  pola dakwah Nabi Muhammad di Makkah dan Madinah

3.4         Menganalisis  pola dakwah Nabi Muhammad di Makkah dan Madinah

4      Mencoba, mengolah dan menyaji menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.

4.1.       Melafalkan Q.S. Al-‘Alaq 1-5  yang merupakan  wahyu pertama diterima Nabi Muhammad SAW

4.2.       MelafalkanQ.S. Al-Mudatsir 1-7  yang merupakan  wahyu kedua diterima Nabi Muhammad SAW

4.3.       MelafalkanQ.S. Asy Syu’aaro 154 dan al-Hijr: 94 sebagai dasar untuk berdakwah secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan.

4.4.       Mensimulasikan dakwah Nabi Muhammad saw waktu di Makkah

4.5.       Mensimulasikan dakwah Nabi Muhammad saw waktu di Madinanh

 

B.     Semester Genap

KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR

1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1.       Menghargai perilaku Khulafaaur-raasyidiin cerminan dari akhlak  Rasulullah SAW.

1.2.       Merespon langkah-langkah yang diambil oleh khalifah daulah Bani Umayyah untuk kemajuan umat Islam dan budaya Islam    

1.3.       Merespon keshalihan dan kesederhanaan Umar bin Abdul Azis merupakan cerminan perilaku Rasulullah SAW.

1.4.       Merespon diri dari sisi-sisi negatif perilaku para penguasa daulah Dinasti Umayah

2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

2.1.      Merespon nilai-nilai yang terkandung  dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaaurraasyidiinuntuk masa kini dan yang akan datang.

2.2.      Merespon gaya kepemimpinan  Khulafaaurraasyidiin.

2.3.      Merespon nilai-nilai dari perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang.

2.4.      Menghargai kesederhanaan dan kesalihan Umar bin abdul Aziz dalam kehidupan sehari-hari.

2.5.      Menghargai keteladanan semangat para ilmuan muslim pada masa Dinasti Bani Umaiyah untuk  masa kini dan yang akan datang.

3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.1.       Memahami  berbagai prestasi yang dicapai oleh  Khulafaaurraasyidiin.

3.2.       Memahami  sejarah berdirinya Dinasti Bani Umayyah.

3.3.       Memahami perkembangan kebudayaan / peradaban Islam pada masa Dinasti Bani Umaiyah.

3.4.       Memahami tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Bani Umayyah.

3.5.       Memahami sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis.

4.    Mencoba, mengolah dan menyaji  dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.

4.1.      Meniru model kepemimpinan Khulafaaurraasyidiin.

4.2.      Menceritakan kisah ketegasan Abu Bakar as-Siddiq dalam menghadapi kekacauan umat Islam saat wafatnya Nabi Muhammad SAW.

4.3.      Menceritakan  kisah tentang kehidupan Umar bin Abdul Azis dalam kehidupan sehari-hari.



 

Pemetaan

Kompetensi Dasar

 

 

 

 


BAB

 

KOMPETENSI INTI

(KI)

 

KOMPETENSI DASAR

(KD)

 

 

1

 

KI – 1

KI - 2

KI – 3

KI – 4

1.1 ; 2.1 ; 3.3 ; 3.4 ; 4.1 ; 4.2 ; 4.3 ; 4.4

 

 

2

 

KI – 1

KI – 2

KI – 3

KI - 4

1.1 ; 2.2 ; 2.3 ; 2.4 ; 3.1 ; 3.2 ; 3.3 ; 3.4 ; 4.5

 

 

3

 

K.1

K.2

K.3

K.4

1.1 ; 2.1 ; 2.2 ; 3.1 ; 4.1 ; 4.2

 

 

4

 

KI – 1

KI – 2

KI – 3

KI - 4

 

1.3; 1.4 ; 2.4; 3.2 ; 3.5; 4.3

 

 

5

 

KI – 1

KI – 2

KI – 3

 

 

1.2; 2.3 ; 2.5; 3.3; 3.4

 

 



 

 

Kearifan Nabi Muhammad SAW Wujudkan Kedamaian

 


A.   Kompetensi Inti (KI)

KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI-4 : Mencoba, mengolah dan menyaji menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.

 

B.  Kompetensi Dasar (KD)

1.1 Meyakini misi  dakwah Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.

2.1 Merespon keteladanan perjuangan Nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah

3.3  Memahami  pola dakwah Nabi Muhammad di Makkah

3.4  Menganalisis  pola dakwah Nabi Muhammad di Makkah

4.1  Melafalkan Q.S. Al-‘Alaq 1-5  yang merupakan  wahyu pertama diterima Nabi Muhammad SAW

4.2  MelafalkanQ.S. Al-Mudatsir 1-7  yang merupakan  wahyu kedua diterima Nabi Muhammad SAW

4.3 MelafalkanQ.S. Asy Syu’aaro 154 dan al-Hijr: 94 sebagai dasar untuk berdakwah secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan.

4.4  Mensimulasikan dakwah Nabi Muhammad saw waktu di Makkah

 

 

C. Indikator

1.        Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin

2.        Menjelaskan Kondisi Makkah sebelum Islam

3.        Mengidentifikasi cara dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah

4.        Mengidentifikasi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah

5.        Menjelaskan hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin

6.        Menjelaskan keladanan dari perjuangan Nabi dalam menghadapi masyarakat Mekkah

7.        Menjelaskan keladanan dari perjuangan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah

8.        Menjelaskan keterkaitan misi dakwah Nabi Muhammad saw dengan perkembangan dakwah sekarang

9.        Melafalkan  surat Al Alaq 1- 5

10.    melafalkan surat al mudatsir dari 1-7

 

 

D. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu:

1.      Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin

2.      Menjelaskan Kondisi Makkah sebelum Islam

3.      Mengidentifikasi cara dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah

4.      Mengidentifikasi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah

5.      Menjelaskan hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin

6.      Menjelaskan keladanan dari perjuangan Nabi dalam menghadapi masyarakat Mekkah

7.      Menjelaskan keladanan dari perjuangan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah

8.      Menjelaskan keterkaitan misi dakwah Nabi Muhammad saw dengan perkembangan dakwah sekarang

9.      Melafalkan  surat Al Alaq 1- 5

10.  melafalkan surat al mudatsir dari 1-7

 

 

E. Materi Pokok

  1. Kondisi Masyarakat Mekkah sebelum kedatangan Islam
  2. Misi dakwah Nabi Muhammad di Makkah
  3. Pola Dakwah Nabi Muhammad di Mekkah

 

F. Proses Pembelajaran

Pertemuan I : A. Kondisi Masyarakat Mekkah sebelum Islam

 

v  Persiapan

1.         Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.

2.         Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

3.         Guru melakukan kegiatan curah pendapat dengan peserta didik tentang menanyakan pertanyaan berikut:

a. Apa itu sejarah?

b. Apa yang dimaksud Sejarah Kebudayaan Islam ?

c.  apa manfaat mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam?

d. apa tujuan mempelajarai Sejarah Kebudayaan Islam?

 

Catatan:

Curah pendapat : strategi pembelajarn untuk menggali informasi yang telah dimiliki peserta didik tanpa memutuskan benar atau salah. Setiap peserta didik menyampaikan pendapatnya. Semua pendapat ditampung kemudian dikelompokan berdasarkan kategori tertentu. Hasil kategori tersebut menjadi hasil bersama.

4.      Guru memberi penguatan tentang sejarah Kebudayaan dan manfaatnya.

Materinya:

a. sejarah adalah Sejarah menurut Istilah adalah peristiwa yang tejadi pada masa lampau, yang berkaitan dengan berbagai proses kehidupan manusia, dan dipelajari di masa kini untuk diambil pelajaran.

b. Sejarah kebudayaan Islam merupakan keseluruhan aktifitas manusia muslim dan hasilnya yang didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat-istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakatnya.

c.. Manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam antara lain:

·         agar  memahami sejarah kebudayaan Islam

·         agar tumbuh dan berkembang kecintaan terhadap kebudayaan Islam

·         agar semangat keislaman terus berkibar

·         agar syiar Islam lebih luas

d. Tujuan mempelajari sejarah kebudayaan islam antara lain:

·         untuk mengenalkan kebudayaan Islam

·         untuk menanamkan kecintaan terhadap kebudayaan Islam

·         mengobarkan semangat keislaman

·         untuk mensyiarkan Islam melalui kebudayaannya

5.         Setelah memberikan penguatan, Guru mulai menyampaikan tujuan pembelajaran dari tema Kondisi Masyarakat Makkah sebelum Islam.

6.         Guru dapat menggunakan Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau  menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.

7.         Guru dapat menggunakan active learning, dimana peserta didik  diberi kebebasan untuk mengekspresikan pendapatnya. Guru memberikan penguatan sekaligus memberikan motivasi untuk mengkaji lebih dalam

 

v  Pelaksanaan

 

 

 

1.      Peserta didik mengamati gambar

2.      Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan terhadap gambar yang ada

3.      Guru mengarahkan pengamatan peserta didik kepada kondisi Masyarakat Makkah sebelum Islam

4.      Guru memberi penguatan terhadap hasil pengamatan peserta didik

 

 


  • Masyarakat Mekah penyembah berhala
  • Menyembah berhala sudah ada sejak dahulu
  • Setiap para penyembah membawa sesajen untuk menyembah

Pedagang


·         Masyarakat Mekah berprofesi sebagai pedagang

·         Perdagangan merupakan profesi yang ada sejak dahulu

·         Orang arab dulu berdagang dengan menggunakan kendaraan Unta

·         Para pedagang bisa berpindah-pindah tempat

 

ka’bah dikelilingi berhala


·         Kabah tidak bersihd dari berhala

·         Jumlah berhala di sekitar ka’bah sangat banyak

·         Berhala-berhala berbagai bentuk

 

Gambar Perang


·         Perang sudah ada sejak dahulu

·         Masyarakat Mekkah sudah terbiasa berperang

·         Pedang merupakan alat perang pada zaman dahulu

  

1.    Guru memotivasi peserta didik untuk menngungkapkan pertanyaan-pertanyaan yang berkenaan dengan kondisi Masyarakat Makkah Sebelum Islam

2.    Peserta didik menyampaikan pertanyaan-pertanyaannya, salah seorang peserta pencatannya.

3.    Guru mengarahkan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi Masyarakat Makkah Sebelum Islam

4.    Guru memberikan apresiasi atas pertanyaan-pertanyaan peserta didik

 

Catatan: bentuk petanyaan

 

No

Pertanyaan

1

Bagaimana Kondisi mekah sebelum Islam?

2

Sebutkan contoh kejahiliyaan di Mekkah sebelum datangnya Islam?

3

Kepan Penyembahan berhala mulai masuk ke Makkah?

4

Bagaimana kondisi social, ekonomi, politik masyarakat mekkah sebelum Islam

5

Siapakah pemimpim mekkah sebelum Islam?

6

Kenapa mereka menyembah berhala?

7

Apakah ada nabi sebelum datangnya Nabi Muhammad

8

Apa agama orang mekkah sebelum Islam?

dst

 

 

 

 

  1. Guru meminta peserta didik untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di “wawasanku”
  2. Peserta didik diberi waktu membaca dan menelaah  “wawasanku”
  3. Guru meminta peserta didik untuk mencatat jawaban-jawaban berdasarkan “wawasanku”
  4. Jika ada pertanyaan yang tidak ada jawabannya, guru bisa memberikan penjelasan singkat atau memberikan sumber-sumber bacaan yang bisa peserta didik dapatkan.

 

Catatan:

Jika ada pertanyaan yang menarik dan perlu dikaji lebih mendalam, guru bisa menjadikan pertanyaan tersebut menjadi tugas mandiri.

 

 

 

 

 

1. Guru membuat 4 kelompok besar yang beranggotakan 9-10 orang, dari tiap kelompok bentuk 3 kelompok kecil untuk membahasa salah satu dari 4 kondisi masyarakat arab sebelum Islam (kondisi kepercayaan, ekonomi, social, politik/kepemimpinan). Lakukan diskusi kecil di kelompok kecil untuk menjawab pertanyaan berikut:

a. Bagaimana kondisi masyarakat di aspek tersebut?

b. kenapa kondisi tersebut muncul?

c. Bandingkan antara kondisi Arab sebelum Islam dengan Kondisi sekarang?

2. Tulislah hasil diskusi kelompok kecil dan presentasikan di kelompok besar.. lalu catat saran dan masukan dari kelompok kecil lainnya dan susun menjadi laporan hasil diskusi kelompok besar. Tulislah dalam bentuk artikel  dengan ketentuan halaman minimal 4 halaman dan ukuran kertas 4A.

3. Guru meminta kelompok besar mempresentasikan hasil diskusinya.

4. Selama diskusi berlangsung, guru mengamati dengan menggunakan format pengamatan diskusi

 

 

 

1.    Guru meminta Peserta didik tetap di kelompok besarnya untuk mendiskusikan tentang perbandingan antara kondisi kepercayaan Makkah dengan kondisi kepercayaan sekarang

2.    Guru meminta setiap kelompok menulis hasil diskusinya di kertas. Kemudian hasilnya diserahkan ke guru untuk dinilai.

3.    Guru meminta salah satu kelompok mempresntasikan hasil kerjanya.

 

Contoh Jawabanya:

a. Persamaanya :

1) masih ada yang menyembah berhala, mempercayai benda-benda, dan selalu meminta kepada benda-benda.

2) mereka tidak bodoh secara keilmuwan

3) Mendatangi para dukun

 

b. Perbedaan :

       1) Berhala dilakukan oleh agama selain Islam yaitu hindu, budha

       2) Berhala sekarang adalah kuburan para wali

       3)  istilah dukun berubah menjadi paranormal atau guru spiritual

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Sebelum mengakhiri pembelajaran, setiap peserta didik diminta melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang ada.
  • Guru meminta sebagain peserta didik menyampaikan hasil refleksinya. Diusahakan memilih peserta didik yang tidak terbiasa menyampaikan pendapatnya atau komentarnya.
  • Guru menghargai setiap hasil refleksi peserta didik. Dan tidak perlu mengomentari untuk membenarkan atau menyalahkan, cukup dengan kata “bagus” atau “hebat” atau kata-kata yang memotivasi peserta didik agar berani mengungkapkan pendapatnya.

 

 

 

 

 

Guru memberi Tugas kelompok untuk mencari ayat-ayat tentang kondisi masyarakat mekkah sebelum Islam

 

Contoh: 1. Surat Quraisy

            2. (al-Nahl [16]: 58-59)                       : perlakukan terhadap anak perempuan

            3. (QS, Ibrahim [47]: 15)                    : thaif adalah daerah subur bagaikan surga

            4. (al-Nahl [16]: 5-8)                           : keutamaan unta

            5. (QS, al-Humazah [104]: 1-3)          : orang Arab praktek Riba + Menumpuk Harta

            6. (al-Najm [53]: 19-20)                      : menyembah berhala

            7. (al-Zumar [39]: 38                           :  mempercayai Allah tapi tidak beribadah

            8. (al-Zumar [39]: 3)                            : berhala sebagai perantara

            9. (al-Zuhruf [43]: 23-24,                    : mengikuti leluhur

 

 

 

Pertemuan 2 : B. Misi Dakwah Nabi Muhammad di Makkah

 

v  Persiapan

1.    Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.

2.    Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

3.    Guru meminta tugas yang telah diberikan pertemuan pertama tentang ayat-ayat al Qur’an berkenaan dengan kondisi Arab sebelum Islam

4.    Guru meminta beberapa orang membacakan hasil kerjanya.

5.    Guru memberi penguatan tentang pentingnya mempelajari kondisi Arab sebelum Islam. Antara lain:

a.    Membandingkan masyarakat sebelum Islam dengan setelah datang Islam

b.    Menghindari prilaku dan kebiasaan  buruk yang terjadi zaman Jahiliyah

c.    Menganalisa kondisi sekarang dengan membandingkan zaman Jahiliyah

d.   Mengetahui Strategi dakwah yang diterapkan untuk kondisi Jahiliyah.

6.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dari tema misi dakwah Nabi Muhammad di Makkah.

7.    Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau  menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.

 

v  Pelaksanaan

 

 

 

1.      Peserta didik mengamati gambar

2.      Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan terhadap gambar yang ada

3.      Guru mengarahkan pengamatan peserta didik kepada Misi dakwah Nabi Muhammad di Makkah

4.      Guru memberi penguatan terhadap hasil pengamatan peserta didik

 

 

Gambar Gua Hira

·      Gua hira merupakan tempat turunnya wahyu pertama

·      Tempat nabi Muhammad bertahanus

·      Gua hira menjadi tempat diangkatnya Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rosul

·      Tempat Nabi Muhammad bertemu dengan Jibril

 

Ujian Pengikut Nabi

·      Para pengikut Nabi mengahadapi siksaan yang keras.

·      Keimanan akan selalu menghadapi penyiksaan

·      Resiko keimanan adalah menghadapi ancaman fisik maupun psikis

·      Macam-macam siksaan yang diterima pengikut nabi

Dakwah Tauhid

·      Nabi mengajak pengikutnya untuk menyembah Allah

·      Nabi Mengajak untuk mentauhidkan Allah

·       

Mengahapus Perbudakan

·      Setiap manusia sama didepan hukum

·      Tidak ada perbedaan antara hamba sahaya dan bangsawan di mata Allah

·      Nabi mengajarkan persamaan manusia

 

 

 

 

 

1.  Guru memotivasi peserta didik untuk menngungkapkan pertanyaan-pertanyaan yang berkenaan dengan Misi Dakwah Nabi Muhammad di Makkah

2.  Peserta didik menyampaikan pertanyaan-pertanyaannya, salah seorang peserta pencatannya.

3.  Guru mengarahkan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan Misi Dakwah Nabi Muhammad di Makkah

4.  Guru memberikan apresiasi atas pertanyaan-pertanyaan peserta didik

 

Catatan: bentuk petanyaan

 

No

Pertanyaan

1

Apa misi dakwah Nabi Muhammad di Makkah?

2

Kapan nabi Muhammad diperintahkan berdakwah?

3

Kenapa Orang kafir menyiksa orang yang masuk Islam?

4

Bagaimana bentuk penyiksaan yang diterima oleh pengikut Nabi?

5

Apa Prioritas Dakwah  Nabi Muhammad?

6

Siapa yang paling keras menentang nabi Muhammad?

7

Bagaimana cara Nabi Menghadapi ancaman kafir Quraisy?

dst

 

 

 

 

  1. Guru meminta peserta didik untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di “wawasanku”
  2. Peserta didik diberi waktu membaca dan menelaah “wawasanku”
  3. Guru meminta peserta didik untuk mencatat jawaban-jawaban berdasarkan “wawasanku”
  4. Jika ada pertanyaan yang tidak ada jawabannya, guru bisa memberikan penjelasan singkat atau memberikan sumber-sumber bacaan yang bisa peserta didik dapatkan.

 

Catatan:

Jika ada pertanyaan yang menarik dan perlu dikaji lebih mendalam, guru bisa menjadikan pertanyaan tersebut menjadi tugas mandiri.

 

 

 

 

 

1.    Guru membentuk 5 kelompok besar beranggotakan 9-10 orang. Setiap kelompok mendiskusikan ke-5 pertanyaan tersebut.

2.    Guru mengamati proses diskusi peserta didik dengan menggunakan format pengamatan diskusi

3.    Guru Meminta setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok besar.

4.    Guru mengamati presentasi kelompok dengan menggunakan format pengamatan presentasi

5.    Guru meminta hasil kerja untuk dinilai dengan menggunakan format penilaian hasil kerja kelompok.

 

 

 

 

 

 

  • Sebelum mengakhiri pembelajaran, setiap peserta didik diminta melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang ada.
  • Guru meminta sebagain peserta didik menyampaikan hasil refleksinya. Diusahakan memilih peserta didik yang tidak terbiasa menyampaikan pendapatnya atau komentarnya.
  • Guru menghargai setiap hasil refleksi peserta didik. Dan tidak perlu mengomentari untuk membenarkan atau menyalahkan, cukup dengan kata “bagus” atau “hebat” atau kata-kata yang memotivasi peserta didik mau mengungkapkan pendapatnya.

 

 

 

 

 

Guru meminta setiap peserta didik menghapal surat al ‘Alaq 1-5 dan surat Al Mudatsir 1-7. Kemudian peserta didik memperdengarkan hapalannya di depan orang lain yaitu

  1. Orangtua ( wajib)
  2. Kerabat keluarga
  3. Teman

Minimal 3 orang di kedua surat. Dengan menggunakan format dibawah:

 

Nama : ......                              Kelas : .............................

No

Nama Surat

1

Nama ...............

2

Nama .............

3

Nama .........

1

Surat Al ‘Alaq 1-5

 

 

 

2

Surat Al Mudatsir

 

 

 

 

 

 

Pertemuan 3 : C. Pola dakwah Nabi Muhammad di Makkah

 

v  Persiapan

1.    Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.

2.    Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

3.    Guru meminta tugas yang telah diberikan pertemuan pertama tentang hafalan surat Al Alaq dan Al Mudatsir

4.    Guru menanyakan kesan selama melaksankan tugas hafalan kedua surat. Bisa menanyakan berapa orang yang menghafalkan di depan orang tua dan apa reaksi orang tua mendapat tugas mendengarkan hafalan anaknya.

5.    Guru memberi pengulangan tentang misi dakwah Nabi Muhammad di Makkah dengan menanyakan tentang

a.      Bagaimana Proses pengangkatan Nabi Muhammad sebagai nabi dan Rosul?

b.      Apa prioritas dakwah Nabi Muahmmad selama di Mekkah?

c.      Bagaimana respon masyarakat mekkah terhadap dakwah Nabi Muhammad?

d.      Apa tantangan dan rintangan yang dihadapi nabi Muhammad saw?

e.      Sebutkan faktor kesuksesan dakwah nabi di Mekkah?

6.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dari tema pola dakwah Nabi Muhammad di Makkah.

7.    Guru dapat menggunakan Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau  menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.

 

v  Pelaksanaan

 

 

 

1.      Peserta didik mengamati gambar

2.      Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan terhadap gambar yang ada

3.      Guru mengarahkan pengamatan peserta didik kepada Pola dakwah Nabi Muhammad di Makkah

4.      Guru memberi penguatan terhadap hasil pengamatan peserta didik

 

 

orang berkumpul sedang belajar

·           Nabi Muhammad berdakwah untuk keluarga terlebih dahulu

·           Mengajar secara berkelompok kecil merupakan bagian dakwah

·           Berdakwah bisa dimulai dilingkungan kecil dulu

·           Berdakwah akan efektif  jika mengurangi jarak antara guru dan murid

·           Dakwah sangat efektif  bagi kelompok kecil

Gambar orang sedang bicara di depan umum

·      Dakwah bisa dilakukan secara masal

·      Kemampuan bicara di depan umum menjadi modal utama untuk berdakwah

·      Perlu keberanian untuk berbicara di depan umum

·      Dakwah Islam perlu disampaikan kepada masyarakat umum

·      Nabi Melakukan dakwah terang-terangan

Gambar rombongan hijrah

·      Orang Islam dianjurkan hijrah untuk menghindari ancaman dan penyiksanaan

·      Orang berhijrah perlu membawa perbekalan supaya tidak membebani orang lain.

·      Nabi Muhammad menyuruh hijrah ke habasyah

 

Gambar orang sedang mengadakan perjanjian

·      Setiap perjanjian perlu ditulis di atas kertas.

·      Perjanjian harus dihadiri oleh saksi

·      Perjanjian harus berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak

·      Nabi mengadakan perjanjian Aqaba

 

 

 

 

 

  1. Guru memotivasi peserta didik untuk menngungkapkan pertanyaan-pertanyaan yang berkenaan dengan Pola Dakwah  Nabi Muhammad di Makkah
  2. Peserta didik menyampaikan pertanyaan-pertanyaannya, salah seorang peserta pencatannya.
  3. Guru mengarahkan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan Pola Dakwah  Nabi Muhammad di Makkah.
  4. Guru memberikan apresiasi atas pertanyaan-pertanyaan peserta didik

 

Catatan: bentuk petanyaan

 

No

Pertanyaan

1

Bagaiaman strategi Dakwah Nabi Muhammad saw

2

Kapan Nabi Muhammad memulai dakwah sembunyi-sembunyi?

3

Kenapa nabi Muhammad berdakwah secara sembunyi-sembunyi?

4

Siapa yang melindungi Nabi Ketika berdakwah sembunyi?

5

Kapan Nabi Muhammad berdakwah terang-terangan?

6

Kenapa terjadi perjanjian aqabah?

7

Apa strategi nabi Muhammad saw ketika berdakwah terang-terangan?

8

Kenapa Nabi Memilih Habasyah sebagai tempat hijrah sahabat?

dst

 

 

 

 

  1. Guru meminta peserta didik untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di “wawasanku”
  2. Peserta didik diberi waktu membaca dan menelaah “wawasanku”
  3. Guru meminta peserta didik untuk mencatat jawaban-jawaban berdasarkan “wawasanku”
  4. Jika ada pertanyaan yang tidak ada jawabannya, guru bisa memberikan penjelasan singkat atau memberikan sumber-sumber bacaan yang bisa peserta didik dapatkan.

 

Catatan:

Jika ada pertanyaan yang menarik dan perlu dikaji lebih mendalam, guru bisa menjadikan pertanyaan tersebut menjadi tugas mandiri.

 

 

 

 

 

1.    Guru membentuk 6 kelompok besar, setiap kelompok mendiskusikan satu pertanyaan.

2.    Guru mengamati proses diskusi peserta didik dengan menggunakan format pengamatan diskusi

3.    Guru Meminta setiap kelompok menukar hasil kerjanya dengan kelompok lain.

4.    Guru meminta setiap kelompok memperbaiki hasil kerjanya dan menulis kembali di kertas yang siap untuk ditempel di Majalah dinding.

 

 

 

 

 

 

  • Sebelum mengakhiri pembelajaran, setiap peserta didik diminta melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang ada.
  • Guru meminta sebagain peserta didik menyampaikan hasil refleksinya. Diusahakan memilih peserta didik yang tidak terbiasa menyampaikan pendapatnya atau komentarnya.
  • Guru menghargai setiap hasil refleksi peserta didik. Dan tidak perlu mengomentari untuk membenarkan atau menyalahkan, cukup dengan kata “bagus” atau “hebat” atau kata-kata yang memotivasi peserta didik mau mengungkapkan pendapatnya.

 

  1. Guru meminta kelompok untuk mewancarai ustadz atau ustadzah tentang pengalaman dakwahnya.
  2. Guru memberi penjelasan tentang tujuan tugas ini yaitu

a.  Mengamati pola dakwah di sekitar tempat tinggal

b.  Menumbuhkan tanggungjawab dakwah pada diri peserta didik.

c.   Mengamati tantangan dakwah di sekitar tempat tinggal

d.  Menganalisa pola dakwah yang tepat di sekitar tempat tinggal.

e.  Memahami tugas para ustadz/ustadszah

 

 

 

H. Penilaian

1.      Pengamatan Sikap (Diskusi)

  1. Format Penilaian

 

 

 

 

No.

 

 

Nama

peserta didik

Aktifitas

Skor

Kerjasama

Keaktifan

Partisipasi

Inisiatif

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

  1. Rubrik penilaian:

1.    Kerjasama

a.       jika Peserta didik belum memperlihatkan kerjasamanya, skor 1

b.       jika Peserta didik mulai memperlihatkan kerjasamanya, skor 2

c.       jika Peserta didik mulai berkembang  kerjasamanya, skor 3

d.      jika Peserta didik mulai membudayakan  kerjasamanya, skor 4

2.      Keaktifan.

a.    jika Peserta didik belum memperlihatkan keaktifan, skor 1

b.     jika Peserta didik mulai memperlihatkan keaktifan, skor 2

c.    jika Peserta didik mulai berkembang  keaktifan, skor 3

d.   jika Peserta didik mulai keaktifan, skor  4

3.      Partisipasi

a.    jika Peserta didik belum memperlihatkan Partisipasi, skor 1

b.     jika Peserta didik mulai memperlihatkan Partisipasi, skor 2

c.    jika Peserta didik mulai berkembang  Partisipasi, skor 3

d.   jika Peserta didik mulai Partisipasi, skor 4

4.      Inisiatif

a.    jika Peserta didik belum memperlihatkan Inisiatif, skor 1

b.     jika Peserta didik mulai memperlihatkan Inisiatif, skor 2

c.    jika Peserta didik mulai berkembang  Inisiatif, skor 3

d.   jika Peserta didik mulai membudayakan  Inisiatif, skor 4

 

 

 

  1. Pedoman Pen-skoran

 

Nilai

=

Jumlah Nilai Skor Yang diperoleh

x

100

Jumlah Skor maksimal (16)

 

 

 

2.      Format Penilaian “Aktifitasku” (presentasi)

  1. Format Penilaian

 

 

 

 

No.

 

 

Nama siswa

Aspek yang dinilai

 

 

Skor

Maks.

 

 

 

Nilai

 

 

Ketuntasan

 

Tindak

Lanjut

1

2

3

T

TT

R

P

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Aspek dan rubrik  penilaian:

1)   Kejelasan dan kedalaman informasi.

a. Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30.

b. Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan  kurang sempurna, skor 20.

c. Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap, skor 10.

2)   Keaktifan dalam diskusi.

a. Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 30.

 b. Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 20.

c. Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 10.

3)   Kejelasan dan kerapian presentasi.

a. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan rapi, skor 40.

b. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan rapi, skor 30. c. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 20.

d. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 10.

 

 

  1. Pedoman Pen-Skoran

 

 

Nilai

=

Jumlah Nilai Skor Yang diperoleh

x

100

Jumlah Skor maksimal

 

 

3.      Penilaian “Tugasku”

Skor penilaian sebagai berikut:

  1. Jika  peserta  didik  dapat  mengumpulkan  tugasnya  tepat  pada  waktu  yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 100.
  2. Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 90.
  3. Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya sedikit ada kekurangan, nilai 80.

 

 

 

4.      Uji Kompetensi (pilihan ganda)

a.    Soal Uji kompetensi

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dan benar !

1) Nabi Muhammad SAW diutus di muka bumi sebagai rahmat untuk ….

a.  seluruh alam semesta                                           

b. keluarganya

c. dirinya sendiri                                                      

d. para sahabatnya

2) Cara dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah adalah ....

 a. sirri                                                                      

 b. Jahr

c. Sirri dan jahr                                                                    

d. Terpusat di masjid

3)  Salah satu keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah adalah ....

a.  menanamkan aqidah Islam                                

b. mengajarkan cara hidup bermasyarakat

c. menunjukkan perbedaan derajat                         

d. hanya mengajarkan cara berperang

4) Di bawah ini yang bukan termasuk prilaku Nabi Muhammad SAW membangun kebudayaan di Mekkah  adalah ....

a.  merubah budaya jahiliyah                                   

b. mengajarkan hidup menyendiri

c. menunjukkan persamaan derajat

d. mengajarkan srategi perang

5) Di bawah ini yang bukan termasuk hikmah yang dapat diambil dari misi Nabi Muhammad SAW di Mekkah adalah ....

a. senantiasa menomorsatukan Allah

b. selalu menjunjung tinggi persamaan derajat manusia dihadapan Allah swt.

c. agar mementingkan kelompok atau golongannya

d. mengangkat harkat dan martabat wanita

6) Nabi Muhammad menolak pencampuran ajaran Islam dan ajaran lain karena dengan surat ....

a. Quraisy

b. Al Alaq

c. Al Mudatsir

d. Al Kafirun

7) Di bawah ini yang bukan termasuk keladanan yang dapat diambil dari perjuangan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah adalah ....

a.   kebersamaan dalam membantu si miskin 

b.   kegigihan dalam mempertahankan iman  

c. keutuhan dalam menjaga persatuan

d. kesatuan dalam tekad perang

8) Masyarakat Mekkah memiliki kepercayaan terhadap ...

a. Agama tahudi

b. Yahudi

c. Paganisme

d. Nasrani

9) Sebelum kedatangan Islam, Masyarakat memiliki kebiasaan yang baik, kecuali ...

a. Menghormati harga diri

b. loyal terhadap pepimpin

c. jiwa pemberani

d. menghargai anak perempuan

10) Masyarakat Makkah belajar berniaga dan berdagang dari orang-orang ....

       a. Yaman

b. Syam

c. Persia

d. Yahudi

11) Suku Quraisy merupakan pendudukan Makkah yang memegang perniagaan di jazirah Arab karena beberapa faktor, kecuali ....

a. keberadaan Orang Yaman yang ahli perniagaan di  Makkah

b. Keberadaan Kabah sebagai tempat melaksanakan haji

c. Kebiasaan Suku Quraisy melakukan perjalan perdagangan ke daerah lain.

d. Kekayaan sumber daya Alam di Makkah

12) pada zaman Jahiliyah, Pasar bukan hanya berfungsi sebagai pusat perdagangan saja, tapi memiliki fungsi lain kecuali  ....

a. pusat peradaban dan kekayaan bahasa

b. pusat transaksi global

 c. pusat pertemuan pemimpin bangsa

d. pusat pertemuan para penyair

13)  Nabi Muhammad diangkat menjadi Nabi dan Rosul  setelah menerima pertama surat Al Alaq ayat 1-5 di gua hira yang terletak di gunung ...

a. Gunung Tsur

b. Gunung Nur

c. Gunug Uhud

d. Gunung Rimayah

14)  Nabi Muhammad melakukan dakwah secara terang-terangan setelah menerima perintah yang tercantum pada surat ....

a. Surat al Hijr ayat 94

b. Surat al Alaq ayat 1-5

c. Surat Asy Syu’ara ayat 214

d. Surat Al Mudatsir ayat 1-7

15)  Kafir Quraisy merasa khawatir kehilangan status sosial sehingga menolak dakwah Nabi Muhammad karena salah satu prioritas dakwah nabi Muhammad saw  ....

a. mengajarkan persaman hak asasi

b. merubah prilaku jahiliyah

c.  menegaskan hari kiamat

d. mengajarkan ketauhian

16)  berikut ini adalah para shahabat yang ikut Hijrah ke Habasyah, kecuali ....

a. Utsman bin Affan

b. Zubair bin Awwam

c. Abdurrahman bin Auf

d. Hamzah bin abdul Muthalib

17)  Utusan kafir Quraisy untuk menemui Raja Habasyah dengan harapan Raja Habasyah mau  mengembalika Para pengikut nabi Muhammad ke Makkah adalah ....

a. Amr bin Ash

b. Abu Sufyan bin Harb

c. Khalid bin Walid

d. Zubair bin Umayah

18)  Salah satu Alasan Nabi Muhammad memilih Thaif sebagai tempat berlindung adalah ....

a. penduduknya sangat mendukung Nabi Muhammad

b. Kaya dengan sumber alamnya

c. sukunya termasuk suku Arab yang paling kuat

b. Sukunya bermusuhan dengan Kafir Quraisy

19)  Da’i pertama dalam sejarah Islam adalah ....

a. Ali bin Abi Thalib

b. Mus’ab bin Umair

c. Mu’adz bin Jabal

d. Amar bin Yasir

20) Perjanjian Aqabah pertama disebut baiat wanita karena ....

a. pesertanya wanita

b. tanpa perintah perang

c. baiat sumpah setia

d. kondisi ketakutan

 

 

b. Kunci Jawaban

1)  a                    6)  d                             11)  d                           16)  d

2)  c                    7)  d                             12)  c                           17)  a

3)  a                    8)  c                             13)  b                           18)  c

4)  b                   9) d                              14)  c                           19)  b

5)  c                    10)  a                           15)  a                           20)  b

 

c. Pedoman Penskoran

Jumlah jawaban benar x 1 = nilai (maksimal 20 x 1=20)

 

 

5.      Uji Kompetensi (Uraian)

a. Soal Uraian

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !

1) Mengapa Nabi Muhammad memerintahkan Para shahabatnya berhijrah ke Habasyah?

2) Bagaimana pola dakwah Nabi Muhammad di Mekkah?

3) Jelaskan kondisi masyarakat Mekkah sebelum Islam?

4) Jelaskan misi dakwah Nabi Muhammad di Mekkah?

5) Bagaimana Nabi Muhammad dan Para shahabat menghadapi siksaan dan Ancamam dari Kaum Quraisy?

 

 

b. Kunci jawaban

1) Untuk menyelamatkan diri dari siksaan kafir Quraisy, Raja habasyah terkenal adil, memelihara iman

2) Dakwah Sirri, Dakwah Jahr, Hijrah Habasyah, Hijrah Thaif dan Perjanjian Aqabah

3)  Menyembah berhala, membunuh Anak perempuan, pelaku sistem riba, perang saudara,

4) tahudi, menegaskan hari kiamat, menghapus prilaku jahiliyah, dan mengangkata dan melindungi hak asasi manusia.

5) sabar, kegigihan, berkenyakinan kuat, akhlak terpuji, kesetaraan derajat.

 

 

c. Pedoman pen-skoran

 

No. Soal

Rubrik Penilaian

Skor

1

a.       Jika Peserta didik dapat menuliskan sangat lengkap dan sempurna, skor 4

b.      Jika Peserta didik dapat menuliskan tentang keduanya lengkap, skor 3

c.       Jika Peserta didik dapat menuliskan tentang keduanya tidak lengkap, skor 2

4

2

a.    Jika Peserta didik dapat menuliskan 4 pola, skor 4

b.    Jika Peserta didik dapat menuliskan 3 pola, skor 3

c.    Jika Peserta didik dapat menuliskan 2 pola, skor 2

d.    Jika Peserta didik dapat menuliskan 1 pola, skor 1

4

3

a.    Jika Peserta didik dapat menuliskan 4 kondisi,  skor 4

b.    Jika Peserta didik dapat menuliskan 3 kondisi, skor 3

c.    Jika Peserta didik dapat menuliskan 2 kondisi, skor 2

d.    Jika Peserta didik dapat menuliskan 1 kondisi, skor 1

4

4

a.       Jika Peserta didik dapat menuliskan 4 misi,  skor 4

b.      Jika Peserta didik dapat menuliskan 3 misi, skor 3

c.       Jika Peserta didik dapat menuliskan 2 misi, skor 2

d.      Jika Peserta didik dapat menuliskan 1 misi, skor 1

4

5

e.       Jika Peserta didik dapat menuliskan 4 reaksi,  skor 4

f.       Jika Peserta didik dapat menuliskan 3 reaksi, skor 3

g.       Jika Peserta didik dapat menuliskan 2 reaksi, skor 2

a.       Jika Peserta didik dapat menuliskan 1 reaksi, skor 1

4

 

Jumlah Skor

20

 

 

Rounded Rectangle: Nilai Akhir Peserta Didik sebagai berikut
a.	Jumlah nilai rata- rata pada kolom “Uji kompetensi (UK)  dan tugas  (TG) x 50% 
b.	Jumlah nilai  rata-rata pada kolom Aktifitasku (AK) dan Pengamatan (PM) x 50%.
a = ( (UK x 60%) + (TG x 30%) ) x 50%
    b = (AK + PB) x 50%
    Nilai akhir = nilai a + nilai b

 

H. Pengayaan

 

Peserta didik yang sudah menguasai materi, mengerjakan soal pengayaan yang telah  disiapkan  oleh  guru  berupa  pertanyaan-pertanyaan  tentang Perjuangan Nabi Muhammad di Mekah (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).

 

 

 

I. Remedial

Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi tentang “Perjuangan Nabi Muhammad di Mekah”. Guru akan melakukan penilaian kembali (lihat penilaian tentang uji kompetensi) dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).

 

J. Interaksi Guru Dengan Orang Tua

Guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “Tugasku” dalam buku teks kepada orang tuanya. Adapun peran orang tua bisa dilihat di tabel berikut:

No

Tugas

Peran Orang Tua

1

Mencari Ayat-ayat tentang Kondisi Masyarakat Makkah sebelum Islam

·      Mengamati kegiatan Anaknya

·      Mendampingi anaknya ketika melaksankan tugas.

2

Memperdengarkan hapalan surat al Alaq dan Al Mudatsir

·      Meluangkan waktu untuk mendengar hapalan anaknya.

·      Memberikan penilaian dan tanda tangan setelah mendengar anaknya membacakan

3

Mewancarai Ustadz/h tentang pengalaman menjadi da’i

·      Mengamati kegiatan anaknya

·      Mengenalkan anaknya dengan ustadz/h sekitar lingkungannya

·      Memfalisitasi kebutuhan anaknya

 

Cara lainnya dapat juga dengan menggunakan buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang perubahan perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung baik langsung, maupun memalui telepon, tentang perkembangan perilaku anaknya.

 

 

 


  

1.    Guru memotivasi peserta didik untuk menngungkapkan pertanyaan-pertanyaan yang berkenaan dengan kondisi Masyarakat Makkah Sebelum Islam

2.    Peserta didik menyampaikan pertanyaan-pertanyaannya, salah seorang peserta pencatannya.

3.    Guru mengarahkan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi Masyarakat Makkah Sebelum Islam

4.    Guru memberikan apresiasi atas pertanyaan-pertanyaan peserta didik

 

Catatan: bentuk petanyaan

 

No

Pertanyaan

1

Bagaimana Kondisi mekah sebelum Islam?

2

Sebutkan contoh kejahiliyaan di Mekkah sebelum datangnya Islam?

3

Kepan Penyembahan berhala mulai masuk ke Makkah?

4

Bagaimana kondisi social, ekonomi, politik masyarakat mekkah sebelum Islam

5

Siapakah pemimpim mekkah sebelum Islam?

6

Kenapa mereka menyembah berhala?

7

Apakah ada nabi sebelum datangnya Nabi Muhammad

8

Apa agama orang mekkah sebelum Islam?

dst

 

 

 

 

  1. Guru meminta peserta didik untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di “wawasanku”
  2. Peserta didik diberi waktu membaca dan menelaah  “wawasanku”
  3. Guru meminta peserta didik untuk mencatat jawaban-jawaban berdasarkan “wawasanku”
  4. Jika ada pertanyaan yang tidak ada jawabannya, guru bisa memberikan penjelasan singkat atau memberikan sumber-sumber bacaan yang bisa peserta didik dapatkan.

 

Catatan:

Jika ada pertanyaan yang menarik dan perlu dikaji lebih mendalam, guru bisa menjadikan pertanyaan tersebut menjadi tugas mandiri.

 

 

 

 

 

1. Guru membuat 4 kelompok besar yang beranggotakan 9-10 orang, dari tiap kelompok bentuk 3 kelompok kecil untuk membahasa salah satu dari 4 kondisi masyarakat arab sebelum Islam (kondisi kepercayaan, ekonomi, social, politik/kepemimpinan). Lakukan diskusi kecil di kelompok kecil untuk menjawab pertanyaan berikut:

a. Bagaimana kondisi masyarakat di aspek tersebut?

b. kenapa kondisi tersebut muncul?

c. Bandingkan antara kondisi Arab sebelum Islam dengan Kondisi sekarang?

2. Tulislah hasil diskusi kelompok kecil dan presentasikan di kelompok besar.. lalu catat saran dan masukan dari kelompok kecil lainnya dan susun menjadi laporan hasil diskusi kelompok besar. Tulislah dalam bentuk artikel  dengan ketentuan halaman minimal 4 halaman dan ukuran kertas 4A.

3. Guru meminta kelompok besar mempresentasikan hasil diskusinya.

4. Selama diskusi berlangsung, guru mengamati dengan menggunakan format pengamatan diskusi

 

 

 

1.    Guru meminta Peserta didik tetap di kelompok besarnya untuk mendiskusikan tentang perbandingan antara kondisi kepercayaan Makkah dengan kondisi kepercayaan sekarang

2.    Guru meminta setiap kelompok menulis hasil diskusinya di kertas. Kemudian hasilnya diserahkan ke guru untuk dinilai.

3.    Guru meminta salah satu kelompok mempresntasikan hasil kerjanya.

 

Contoh Jawabanya:

a. Persamaanya :

1) masih ada yang menyembah berhala, mempercayai benda-benda, dan selalu meminta kepada benda-benda.

2) mereka tidak bodoh secara keilmuwan

3) Mendatangi para dukun

 

b. Perbedaan :

       1) Berhala dilakukan oleh agama selain Islam yaitu hindu, budha

       2) Berhala sekarang adalah kuburan para wali

       3)  istilah dukun berubah menjadi paranormal atau guru spiritual

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Sebelum mengakhiri pembelajaran, setiap peserta didik diminta melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang ada.
  • Guru meminta sebagain peserta didik menyampaikan hasil refleksinya. Diusahakan memilih peserta didik yang tidak terbiasa menyampaikan pendapatnya atau komentarnya.
  • Guru menghargai setiap hasil refleksi peserta didik. Dan tidak perlu mengomentari untuk membenarkan atau menyalahkan, cukup dengan kata “bagus” atau “hebat” atau kata-kata yang memotivasi peserta didik agar berani mengungkapkan pendapatnya.

 

 

 

 

 

Guru memberi Tugas kelompok untuk mencari ayat-ayat tentang kondisi masyarakat mekkah sebelum Islam

 

Contoh: 1. Surat Quraisy

            2. (al-Nahl [16]: 58-59)                       : perlakukan terhadap anak perempuan

            3. (QS, Ibrahim [47]: 15)                    : thaif adalah daerah subur bagaikan surga

            4. (al-Nahl [16]: 5-8)                           : keutamaan unta

            5. (QS, al-Humazah [104]: 1-3)          : orang Arab praktek Riba + Menumpuk Harta

            6. (al-Najm [53]: 19-20)                      : menyembah berhala

            7. (al-Zumar [39]: 38                           :  mempercayai Allah tapi tidak beribadah

            8. (al-Zumar [39]: 3)                            : berhala sebagai perantara

            9. (al-Zuhruf [43]: 23-24,                    : mengikuti leluhur

 

 

 

Pertemuan 2 : B. Misi Dakwah Nabi Muhammad di Makkah

 

v  Persiapan

1.    Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.

2.    Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

3.    Guru meminta tugas yang telah diberikan pertemuan pertama tentang ayat-ayat al Qur’an berkenaan dengan kondisi Arab sebelum Islam

4.    Guru meminta beberapa orang membacakan hasil kerjanya.

5.    Guru memberi penguatan tentang pentingnya mempelajari kondisi Arab sebelum Islam. Antara lain:

a.    Membandingkan masyarakat sebelum Islam dengan setelah datang Islam

b.    Menghindari prilaku dan kebiasaan  buruk yang terjadi zaman Jahiliyah

c.    Menganalisa kondisi sekarang dengan membandingkan zaman Jahiliyah

d.   Mengetahui Strategi dakwah yang diterapkan untuk kondisi Jahiliyah.

6.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dari tema misi dakwah Nabi Muhammad di Makkah.

7.    Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau  menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.

 

v  Pelaksanaan

 

 

 

1.      Peserta didik mengamati gambar

2.      Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan terhadap gambar yang ada

3.      Guru mengarahkan pengamatan peserta didik kepada Misi dakwah Nabi Muhammad di Makkah

4.      Guru memberi penguatan terhadap hasil pengamatan peserta didik

 

 

Gambar Gua Hira

·      Gua hira merupakan tempat turunnya wahyu pertama

·      Tempat nabi Muhammad bertahanus

·      Gua hira menjadi tempat diangkatnya Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rosul

·      Tempat Nabi Muhammad bertemu dengan Jibril

 

Ujian Pengikut Nabi

·      Para pengikut Nabi mengahadapi siksaan yang keras.

·      Keimanan akan selalu menghadapi penyiksaan

·      Resiko keimanan adalah menghadapi ancaman fisik maupun psikis

·      Macam-macam siksaan yang diterima pengikut nabi

Dakwah Tauhid

·      Nabi mengajak pengikutnya untuk menyembah Allah

·      Nabi Mengajak untuk mentauhidkan Allah

·       

Mengahapus Perbudakan

·      Setiap manusia sama didepan hukum

·      Tidak ada perbedaan antara hamba sahaya dan bangsawan di mata Allah

·      Nabi mengajarkan persamaan manusia

 

 

 

 

 

1.  Guru memotivasi peserta didik untuk menngungkapkan pertanyaan-pertanyaan yang berkenaan dengan Misi Dakwah Nabi Muhammad di Makkah

2.  Peserta didik menyampaikan pertanyaan-pertanyaannya, salah seorang peserta pencatannya.

3.  Guru mengarahkan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan Misi Dakwah Nabi Muhammad di Makkah

4.  Guru memberikan apresiasi atas pertanyaan-pertanyaan peserta didik

 

Catatan: bentuk petanyaan

 

No

Pertanyaan

1

Apa misi dakwah Nabi Muhammad di Makkah?

2

Kapan nabi Muhammad diperintahkan berdakwah?

3

Kenapa Orang kafir menyiksa orang yang masuk Islam?

4

Bagaimana bentuk penyiksaan yang diterima oleh pengikut Nabi?

5

Apa Prioritas Dakwah  Nabi Muhammad?

6

Siapa yang paling keras menentang nabi Muhammad?

7

Bagaimana cara Nabi Menghadapi ancaman kafir Quraisy?

dst

 

 

 

 

  1. Guru meminta peserta didik untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di “wawasanku”
  2. Peserta didik diberi waktu membaca dan menelaah “wawasanku”
  3. Guru meminta peserta didik untuk mencatat jawaban-jawaban berdasarkan “wawasanku”
  4. Jika ada pertanyaan yang tidak ada jawabannya, guru bisa memberikan penjelasan singkat atau memberikan sumber-sumber bacaan yang bisa peserta didik dapatkan.

 

Catatan:

Jika ada pertanyaan yang menarik dan perlu dikaji lebih mendalam, guru bisa menjadikan pertanyaan tersebut menjadi tugas mandiri.

 

 

 

 

 

1.    Guru membentuk 5 kelompok besar beranggotakan 9-10 orang. Setiap kelompok mendiskusikan ke-5 pertanyaan tersebut.

2.    Guru mengamati proses diskusi peserta didik dengan menggunakan format pengamatan diskusi

3.    Guru Meminta setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok besar.

4.    Guru mengamati presentasi kelompok dengan menggunakan format pengamatan presentasi

5.    Guru meminta hasil kerja untuk dinilai dengan menggunakan format penilaian hasil kerja kelompok.

 

 

 

 

 

 

  • Sebelum mengakhiri pembelajaran, setiap peserta didik diminta melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang ada.
  • Guru meminta sebagain peserta didik menyampaikan hasil refleksinya. Diusahakan memilih peserta didik yang tidak terbiasa menyampaikan pendapatnya atau komentarnya.
  • Guru menghargai setiap hasil refleksi peserta didik. Dan tidak perlu mengomentari untuk membenarkan atau menyalahkan, cukup dengan kata “bagus” atau “hebat” atau kata-kata yang memotivasi peserta didik mau mengungkapkan pendapatnya.

 

 

 

 

 

Guru meminta setiap peserta didik menghapal surat al ‘Alaq 1-5 dan surat Al Mudatsir 1-7. Kemudian peserta didik memperdengarkan hapalannya di depan orang lain yaitu

  1. Orangtua ( wajib)
  2. Kerabat keluarga
  3. Teman

Minimal 3 orang di kedua surat. Dengan menggunakan format dibawah:

 

Nama : ......                              Kelas : .............................

No

Nama Surat

1

Nama ...............

2

Nama .............

3

Nama .........

1

Surat Al ‘Alaq 1-5

 

 

 

2

Surat Al Mudatsir

 

 

 

 

 

 

Pertemuan 3 : C. Pola dakwah Nabi Muhammad di Makkah

 

v  Persiapan

1.    Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.

2.    Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

3.    Guru meminta tugas yang telah diberikan pertemuan pertama tentang hafalan surat Al Alaq dan Al Mudatsir

4.    Guru menanyakan kesan selama melaksankan tugas hafalan kedua surat. Bisa menanyakan berapa orang yang menghafalkan di depan orang tua dan apa reaksi orang tua mendapat tugas mendengarkan hafalan anaknya.

5.    Guru memberi pengulangan tentang misi dakwah Nabi Muhammad di Makkah dengan menanyakan tentang

a.      Bagaimana Proses pengangkatan Nabi Muhammad sebagai nabi dan Rosul?

b.      Apa prioritas dakwah Nabi Muahmmad selama di Mekkah?

c.      Bagaimana respon masyarakat mekkah terhadap dakwah Nabi Muhammad?

d.      Apa tantangan dan rintangan yang dihadapi nabi Muhammad saw?

e.      Sebutkan faktor kesuksesan dakwah nabi di Mekkah?

6.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dari tema pola dakwah Nabi Muhammad di Makkah.

7.    Guru dapat menggunakan Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau  menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.

 

v  Pelaksanaan

 

 

 

1.      Peserta didik mengamati gambar

2.      Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan terhadap gambar yang ada

3.      Guru mengarahkan pengamatan peserta didik kepada Pola dakwah Nabi Muhammad di Makkah

4.      Guru memberi penguatan terhadap hasil pengamatan peserta didik

 

 

orang berkumpul sedang belajar

·           Nabi Muhammad berdakwah untuk keluarga terlebih dahulu

·           Mengajar secara berkelompok kecil merupakan bagian dakwah

·           Berdakwah bisa dimulai dilingkungan kecil dulu

·           Berdakwah akan efektif  jika mengurangi jarak antara guru dan murid

·           Dakwah sangat efektif  bagi kelompok kecil

Gambar orang sedang bicara di depan umum

·      Dakwah bisa dilakukan secara masal

·      Kemampuan bicara di depan umum menjadi modal utama untuk berdakwah

·      Perlu keberanian untuk berbicara di depan umum

·      Dakwah Islam perlu disampaikan kepada masyarakat umum

·      Nabi Melakukan dakwah terang-terangan

Gambar rombongan hijrah

·      Orang Islam dianjurkan hijrah untuk menghindari ancaman dan penyiksanaan

·      Orang berhijrah perlu membawa perbekalan supaya tidak membebani orang lain.

·      Nabi Muhammad menyuruh hijrah ke habasyah

 

Gambar orang sedang mengadakan perjanjian

·      Setiap perjanjian perlu ditulis di atas kertas.

·      Perjanjian harus dihadiri oleh saksi

·      Perjanjian harus berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak

·      Nabi mengadakan perjanjian Aqaba

 

 

 

 

 

  1. Guru memotivasi peserta didik untuk menngungkapkan pertanyaan-pertanyaan yang berkenaan dengan Pola Dakwah  Nabi Muhammad di Makkah
  2. Peserta didik menyampaikan pertanyaan-pertanyaannya, salah seorang peserta pencatannya.
  3. Guru mengarahkan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan Pola Dakwah  Nabi Muhammad di Makkah.
  4. Guru memberikan apresiasi atas pertanyaan-pertanyaan peserta didik

 

Catatan: bentuk petanyaan

 

No

Pertanyaan

1

Bagaiaman strategi Dakwah Nabi Muhammad saw

2

Kapan Nabi Muhammad memulai dakwah sembunyi-sembunyi?

3

Kenapa nabi Muhammad berdakwah secara sembunyi-sembunyi?

4

Siapa yang melindungi Nabi Ketika berdakwah sembunyi?

5

Kapan Nabi Muhammad berdakwah terang-terangan?

6

Kenapa terjadi perjanjian aqabah?

7

Apa strategi nabi Muhammad saw ketika berdakwah terang-terangan?

8

Kenapa Nabi Memilih Habasyah sebagai tempat hijrah sahabat?

dst

 

 

 

 

  1. Guru meminta peserta didik untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di “wawasanku”
  2. Peserta didik diberi waktu membaca dan menelaah “wawasanku”
  3. Guru meminta peserta didik untuk mencatat jawaban-jawaban berdasarkan “wawasanku”
  4. Jika ada pertanyaan yang tidak ada jawabannya, guru bisa memberikan penjelasan singkat atau memberikan sumber-sumber bacaan yang bisa peserta didik dapatkan.

 

Catatan:

Jika ada pertanyaan yang menarik dan perlu dikaji lebih mendalam, guru bisa menjadikan pertanyaan tersebut menjadi tugas mandiri.

 

 

 

 

 

1.    Guru membentuk 6 kelompok besar, setiap kelompok mendiskusikan satu pertanyaan.

2.    Guru mengamati proses diskusi peserta didik dengan menggunakan format pengamatan diskusi

3.    Guru Meminta setiap kelompok menukar hasil kerjanya dengan kelompok lain.

4.    Guru meminta setiap kelompok memperbaiki hasil kerjanya dan menulis kembali di kertas yang siap untuk ditempel di Majalah dinding.

 

 

 

 

 

 

  • Sebelum mengakhiri pembelajaran, setiap peserta didik diminta melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang ada.
  • Guru meminta sebagain peserta didik menyampaikan hasil refleksinya. Diusahakan memilih peserta didik yang tidak terbiasa menyampaikan pendapatnya atau komentarnya.
  • Guru menghargai setiap hasil refleksi peserta didik. Dan tidak perlu mengomentari untuk membenarkan atau menyalahkan, cukup dengan kata “bagus” atau “hebat” atau kata-kata yang memotivasi peserta didik mau mengungkapkan pendapatnya.

 

  1. Guru meminta kelompok untuk mewancarai ustadz atau ustadzah tentang pengalaman dakwahnya.
  2. Guru memberi penjelasan tentang tujuan tugas ini yaitu

a.  Mengamati pola dakwah di sekitar tempat tinggal

b.  Menumbuhkan tanggungjawab dakwah pada diri peserta didik.

c.   Mengamati tantangan dakwah di sekitar tempat tinggal

d.  Menganalisa pola dakwah yang tepat di sekitar tempat tinggal.

e.  Memahami tugas para ustadz/ustadszah

 

 

 

H. Penilaian

1.      Pengamatan Sikap (Diskusi)

  1. Format Penilaian

 

 

 

 

No.

 

 

Nama

peserta didik

Aktifitas

Skor

Kerjasama

Keaktifan

Partisipasi

Inisiatif

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

  1. Rubrik penilaian:

1.    Kerjasama

a.       jika Peserta didik belum memperlihatkan kerjasamanya, skor 1

b.       jika Peserta didik mulai memperlihatkan kerjasamanya, skor 2

c.       jika Peserta didik mulai berkembang  kerjasamanya, skor 3

d.      jika Peserta didik mulai membudayakan  kerjasamanya, skor 4

2.      Keaktifan.

a.    jika Peserta didik belum memperlihatkan keaktifan, skor 1

b.     jika Peserta didik mulai memperlihatkan keaktifan, skor 2

c.    jika Peserta didik mulai berkembang  keaktifan, skor 3

d.   jika Peserta didik mulai keaktifan, skor  4

3.      Partisipasi

a.    jika Peserta didik belum memperlihatkan Partisipasi, skor 1

b.     jika Peserta didik mulai memperlihatkan Partisipasi, skor 2

c.    jika Peserta didik mulai berkembang  Partisipasi, skor 3

d.   jika Peserta didik mulai Partisipasi, skor 4

4.      Inisiatif

a.    jika Peserta didik belum memperlihatkan Inisiatif, skor 1

b.     jika Peserta didik mulai memperlihatkan Inisiatif, skor 2

c.    jika Peserta didik mulai berkembang  Inisiatif, skor 3

d.   jika Peserta didik mulai membudayakan  Inisiatif, skor 4

 

 

 

  1. Pedoman Pen-skoran

 

Nilai

=

Jumlah Nilai Skor Yang diperoleh

x

100

Jumlah Skor maksimal (16)

 

 

 

2.      Format Penilaian “Aktifitasku” (presentasi)

  1. Format Penilaian

 

 

 

 

No.

 

 

Nama siswa

Aspek yang dinilai

 

 

Skor

Maks.

 

 

 

Nilai

 

 

Ketuntasan

 

Tindak

Lanjut

1

2

3

T

TT

R

P

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Aspek dan rubrik  penilaian:

1)   Kejelasan dan kedalaman informasi.

a. Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30.

b. Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan  kurang sempurna, skor 20.

c. Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap, skor 10.

2)   Keaktifan dalam diskusi.

a. Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 30.

 b. Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 20.

c. Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 10.

3)   Kejelasan dan kerapian presentasi.

a. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan rapi, skor 40.

b. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan rapi, skor 30. c. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 20.

d. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 10.

 

 

  1. Pedoman Pen-Skoran

 

 

Nilai

=

Jumlah Nilai Skor Yang diperoleh

x

100

Jumlah Skor maksimal

 

 

3.      Penilaian “Tugasku”

Skor penilaian sebagai berikut:

  1. Jika  peserta  didik  dapat  mengumpulkan  tugasnya  tepat  pada  waktu  yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 100.
  2. Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 90.
  3. Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya sedikit ada kekurangan, nilai 80.

 

 

 

4.      Uji Kompetensi (pilihan ganda)

a.    Soal Uji kompetensi

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dan benar !

1) Nabi Muhammad SAW diutus di muka bumi sebagai rahmat untuk ….

a.  seluruh alam semesta                                           

b. keluarganya

c. dirinya sendiri                                                      

d. para sahabatnya

2) Cara dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah adalah ....

 a. sirri                                                                      

 b. Jahr

c. Sirri dan jahr                                                                    

d. Terpusat di masjid

3)  Salah satu keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah adalah ....

a.  menanamkan aqidah Islam                                

b. mengajarkan cara hidup bermasyarakat

c. menunjukkan perbedaan derajat                         

d. hanya mengajarkan cara berperang

4) Di bawah ini yang bukan termasuk prilaku Nabi Muhammad SAW membangun kebudayaan di Mekkah  adalah ....

a.  merubah budaya jahiliyah                                   

b. mengajarkan hidup menyendiri

c. menunjukkan persamaan derajat

d. mengajarkan srategi perang

5) Di bawah ini yang bukan termasuk hikmah yang dapat diambil dari misi Nabi Muhammad SAW di Mekkah adalah ....

a. senantiasa menomorsatukan Allah

b. selalu menjunjung tinggi persamaan derajat manusia dihadapan Allah swt.

c. agar mementingkan kelompok atau golongannya

d. mengangkat harkat dan martabat wanita

6) Nabi Muhammad menolak pencampuran ajaran Islam dan ajaran lain karena dengan surat ....

a. Quraisy

b. Al Alaq

c. Al Mudatsir

d. Al Kafirun

7) Di bawah ini yang bukan termasuk keladanan yang dapat diambil dari perjuangan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah adalah ....

a.   kebersamaan dalam membantu si miskin 

b.   kegigihan dalam mempertahankan iman  

c. keutuhan dalam menjaga persatuan

d. kesatuan dalam tekad perang

8) Masyarakat Mekkah memiliki kepercayaan terhadap ...

a. Agama tahudi

b. Yahudi

c. Paganisme

d. Nasrani

9) Sebelum kedatangan Islam, Masyarakat memiliki kebiasaan yang baik, kecuali ...

a. Menghormati harga diri

b. loyal terhadap pepimpin

c. jiwa pemberani

d. menghargai anak perempuan

10) Masyarakat Makkah belajar berniaga dan berdagang dari orang-orang ....

       a. Yaman

b. Syam

c. Persia

d. Yahudi

11) Suku Quraisy merupakan pendudukan Makkah yang memegang perniagaan di jazirah Arab karena beberapa faktor, kecuali ....

a. keberadaan Orang Yaman yang ahli perniagaan di  Makkah

b. Keberadaan Kabah sebagai tempat melaksanakan haji

c. Kebiasaan Suku Quraisy melakukan perjalan perdagangan ke daerah lain.

d. Kekayaan sumber daya Alam di Makkah

12) pada zaman Jahiliyah, Pasar bukan hanya berfungsi sebagai pusat perdagangan saja, tapi memiliki fungsi lain kecuali  ....

a. pusat peradaban dan kekayaan bahasa

b. pusat transaksi global

 c. pusat pertemuan pemimpin bangsa

d. pusat pertemuan para penyair

13)  Nabi Muhammad diangkat menjadi Nabi dan Rosul  setelah menerima pertama surat Al Alaq ayat 1-5 di gua hira yang terletak di gunung ...

a. Gunung Tsur

b. Gunung Nur

c. Gunug Uhud

d. Gunung Rimayah

14)  Nabi Muhammad melakukan dakwah secara terang-terangan setelah menerima perintah yang tercantum pada surat ....

a. Surat al Hijr ayat 94

b. Surat al Alaq ayat 1-5

c. Surat Asy Syu’ara ayat 214

d. Surat Al Mudatsir ayat 1-7

15)  Kafir Quraisy merasa khawatir kehilangan status sosial sehingga menolak dakwah Nabi Muhammad karena salah satu prioritas dakwah nabi Muhammad saw  ....

a. mengajarkan persaman hak asasi

b. merubah prilaku jahiliyah

c.  menegaskan hari kiamat

d. mengajarkan ketauhian

16)  berikut ini adalah para shahabat yang ikut Hijrah ke Habasyah, kecuali ....

a. Utsman bin Affan

b. Zubair bin Awwam

c. Abdurrahman bin Auf

d. Hamzah bin abdul Muthalib

17)  Utusan kafir Quraisy untuk menemui Raja Habasyah dengan harapan Raja Habasyah mau  mengembalika Para pengikut nabi Muhammad ke Makkah adalah ....

a. Amr bin Ash

b. Abu Sufyan bin Harb

c. Khalid bin Walid

d. Zubair bin Umayah

18)  Salah satu Alasan Nabi Muhammad memilih Thaif sebagai tempat berlindung adalah ....

a. penduduknya sangat mendukung Nabi Muhammad

b. Kaya dengan sumber alamnya

c. sukunya termasuk suku Arab yang paling kuat

b. Sukunya bermusuhan dengan Kafir Quraisy

19)  Da’i pertama dalam sejarah Islam adalah ....

a. Ali bin Abi Thalib

b. Mus’ab bin Umair

c. Mu’adz bin Jabal

d. Amar bin Yasir

20) Perjanjian Aqabah pertama disebut baiat wanita karena ....

a. pesertanya wanita

b. tanpa perintah perang

c. baiat sumpah setia

d. kondisi ketakutan

 

 

b. Kunci Jawaban

1)  a                    6)  d                             11)  d                           16)  d

2)  c                    7)  d                             12)  c                           17)  a

3)  a                    8)  c                             13)  b                           18)  c

4)  b                   9) d                              14)  c                           19)  b

5)  c                    10)  a                           15)  a                           20)  b

 

c. Pedoman Penskoran

Jumlah jawaban benar x 1 = nilai (maksimal 20 x 1=20)

 

 

5.      Uji Kompetensi (Uraian)

a. Soal Uraian

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !

1) Mengapa Nabi Muhammad memerintahkan Para shahabatnya berhijrah ke Habasyah?

2) Bagaimana pola dakwah Nabi Muhammad di Mekkah?

3) Jelaskan kondisi masyarakat Mekkah sebelum Islam?

4) Jelaskan misi dakwah Nabi Muhammad di Mekkah?

5) Bagaimana Nabi Muhammad dan Para shahabat menghadapi siksaan dan Ancamam dari Kaum Quraisy?

 

 

b. Kunci jawaban

1) Untuk menyelamatkan diri dari siksaan kafir Quraisy, Raja habasyah terkenal adil, memelihara iman

2) Dakwah Sirri, Dakwah Jahr, Hijrah Habasyah, Hijrah Thaif dan Perjanjian Aqabah

3)  Menyembah berhala, membunuh Anak perempuan, pelaku sistem riba, perang saudara,

4) tahudi, menegaskan hari kiamat, menghapus prilaku jahiliyah, dan mengangkata dan melindungi hak asasi manusia.

5) sabar, kegigihan, berkenyakinan kuat, akhlak terpuji, kesetaraan derajat.

 

 

c. Pedoman pen-skoran

 

No. Soal

Rubrik Penilaian

Skor

1

a.       Jika Peserta didik dapat menuliskan sangat lengkap dan sempurna, skor 4

b.      Jika Peserta didik dapat menuliskan tentang keduanya lengkap, skor 3

c.       Jika Peserta didik dapat menuliskan tentang keduanya tidak lengkap, skor 2

4

2

a.    Jika Peserta didik dapat menuliskan 4 pola, skor 4

b.    Jika Peserta didik dapat menuliskan 3 pola, skor 3

c.    Jika Peserta didik dapat menuliskan 2 pola, skor 2

d.    Jika Peserta didik dapat menuliskan 1 pola, skor 1

4

3

a.    Jika Peserta didik dapat menuliskan 4 kondisi,  skor 4

b.    Jika Peserta didik dapat menuliskan 3 kondisi, skor 3

c.    Jika Peserta didik dapat menuliskan 2 kondisi, skor 2

d.    Jika Peserta didik dapat menuliskan 1 kondisi, skor 1

4

4

a.       Jika Peserta didik dapat menuliskan 4 misi,  skor 4

b.      Jika Peserta didik dapat menuliskan 3 misi, skor 3

c.       Jika Peserta didik dapat menuliskan 2 misi, skor 2

d.      Jika Peserta didik dapat menuliskan 1 misi, skor 1

4

5

e.       Jika Peserta didik dapat menuliskan 4 reaksi,  skor 4

f.       Jika Peserta didik dapat menuliskan 3 reaksi, skor 3

g.       Jika Peserta didik dapat menuliskan 2 reaksi, skor 2

a.       Jika Peserta didik dapat menuliskan 1 reaksi, skor 1

4

 

Jumlah Skor

20

 

 

Rounded Rectangle: Nilai Akhir Peserta Didik sebagai berikut
a.	Jumlah nilai rata- rata pada kolom “Uji kompetensi (UK)  dan tugas  (TG) x 50% 
b.	Jumlah nilai  rata-rata pada kolom Aktifitasku (AK) dan Pengamatan (PM) x 50%.
a = ( (UK x 60%) + (TG x 30%) ) x 50%
    b = (AK + PB) x 50%
    Nilai akhir = nilai a + nilai b

 

H. Pengayaan

 

Peserta didik yang sudah menguasai materi, mengerjakan soal pengayaan yang telah  disiapkan  oleh  guru  berupa  pertanyaan-pertanyaan  tentang Perjuangan Nabi Muhammad di Mekah (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).

 

 

 

I. Remedial

Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi tentang “Perjuangan Nabi Muhammad di Mekah”. Guru akan melakukan penilaian kembali (lihat penilaian tentang uji kompetensi) dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).

 

J. Interaksi Guru Dengan Orang Tua

Guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “Tugasku” dalam buku teks kepada orang tuanya. Adapun peran orang tua bisa dilihat di tabel berikut:

No

Tugas

Peran Orang Tua

1

Mencari Ayat-ayat tentang Kondisi Masyarakat Makkah sebelum Islam

·      Mengamati kegiatan Anaknya

·      Mendampingi anaknya ketika melaksankan tugas.

2

Memperdengarkan hapalan surat al Alaq dan Al Mudatsir

·      Meluangkan waktu untuk mendengar hapalan anaknya.

·      Memberikan penilaian dan tanda tangan setelah mendengar anaknya membacakan

3

Mewancarai Ustadz/h tentang pengalaman menjadi da’i

·      Mengamati kegiatan anaknya

·      Mengenalkan anaknya dengan ustadz/h sekitar lingkungannya

·      Memfalisitasi kebutuhan anaknya

 

Cara lainnya dapat juga dengan menggunakan buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang perubahan perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung baik langsung, maupun memalui telepon, tentang perkembangan perilaku anaknya.

 

 

 


 


Comments