FORMAT KISI-KISI SOAL PAT MATEMATIKA KELAS 7/2, SEMESTER GENAP 2022
Satuan Pendidikan : MTS
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Semester : VII / 2
Jumlah Soal : 30 PG
Kurikulum Acuan : Kurikulum
2013 (Permen Diknas
No.24 tahun 2016 Revisi 2017/Kurikulum
Darurat Covid_19)
dan (KMA No. 183 dan 184 Th 2019)
Tahun Pelajaran : 2021/2022
KI 3 Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah kongkrit (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teoriteori.
NO |
KOMPETENSI
DASAR |
MATERI POKOK |
INDIKATOR SOAL |
LEVEL
KOGNITIF/TAKSONOMI BLOOM |
BENTUK SOAL |
NOMOR SOAL |
1 |
3.1 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
dengan mengaitkannya pada garis bilangan dan memanfaatkan berbagai sifat
operasi. |
BILANGAN
BULAT l Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan penggunaan bilangan bulat, Misal: zona pembagian waktu berdasarkan GMT
(Greenwich Meredian Time) |
Peserta
didik dapat menghitung selisih waktu antara indonesia dan korea
selatan |
C2/L1 |
PG |
1 |
2. |
l Mencermati urutan bilangan, |
Peserta
didik dapat mengurutkan bilangan bulat dari yang terbesar sampai
terkecil |
C3/L2 |
PG |
2 |
|
3. |
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan
bulat dan pecahan |
l Operasi dan sifat-sifat operasi hitung bilangan pecahan |
Peserta
didik diberikan soal cerita dan peserta didik dapat merumuskan hasil
dari operasi hitung bilangan pecahan |
C6/L3 |
PG |
3 |
4. |
3.2 Menjelaskan himpunan, himpunan bagian,
himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan melakukan operasi
biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual |
HIMPUNAN l
Menyatakan
himpunan |
Peserta didik dapat menunjukkan contoh yang merupakan himpunan |
C1/L1 |
PG |
4 |
5. |
l Operasi pada himpunan |
Peserta didik dapat menentukan irisan dari himpuan P dan Q |
C3/L2 |
PG |
5 |
|
6. |
3.3 Menjelaskan
bentuk aljabar dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan
pembagian) |
OPERASI ALJABAR l
Menjelaskan
koefesien, variabel, konstanta, dan suku pada bentuk aljabar |
Peserta
didik dapat menyebutkan konstanta pada bentuk aljabar |
C1/L1 |
PG |
6 |
7. |
l Operasi hitung bentuk aljabar |
Peserta
didik dapat melakukan operasi perkalian pada bentuk
aljabar |
C3/L2 |
PG |
7 |
|
8. |
3.4 Menjelaskan persamaan dan pertidaksamaan linear
satu variabel dan penyelesaiannya |
PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL l Pernyataan l
Kalimat
terbuka |
Peserta
didik dapat menentukan nilai x dari persamaan linear
satu variabel |
C3/L2 |
PG |
8 |
9. |
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel |
l Penyelesaian persamaan linear satu variabel dan
pertidaksamaan linear satu variable |
Peserta
didik dapat menentukan Panjang diagonal pintu jika masing-masing
ukurannya diketahui |
C5/L3 |
PG |
9 |
10. |
3.5 Menjelaskan rasio
dua besaran (satuannya sama dan berbeda) dengan fokus pada faktor skala,
proporsi, kecepatan dan debit |
PERBANDINGAN l
Skala |
Peserta didik
dapat menuliskan skala pada peta jika diketahui
jarak yang sebenarnya dan jarak pada peta |
C2/L1 |
PG |
10 |
11. |
4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rasio dua
besaran (satuannya sama dan berbeda) dengan fokus pada faktor skala, proporsi,
kecepatan dan debit |
l Perbandingan senilai l |
Peserta didik
dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbandingan yang senilai |
C3/L2 |
PG |
11 |
12. |
l Perbandingan berbalik nilai |
Peserta didik
dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbandingan berbalik nilai |
C3/L2 |
PG |
12 |
|
13. |
l Membandingan dua besaran |
Peserta didik
dapat merancang ukuran bingkai poto jika ukuran
bingkai poto mempunyai perbandingan yang sama dengan ukuran potonya |
C6/L3 |
PG |
13 |
|
14. |
3.6 Mengenal
dan menganalisis berbagai situasi terkait aritmetika sosial (penjualan,
pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto,
neto, tara) |
ARITMETIKA SOSIAL l
Harga
penjualan dan pembelian |
Peserta
didik dapat menyimpulkan pernyataan-pernyataan yang berkaitan dengan masalah
jual beli |
C1/L1 |
PG |
14 |
15. |
4.6 Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan,
keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara). |
l Keuntungan, kerugian, dan impas |
Peserta
didik dapat menghitung jumlah pendapatan dari hasil penjualan yang memperolah
keuntungan |
C3/L2 |
PG |
15 |
16. |
l Harga penjualan dan pembelian |
Peserta
didik dapat menentukan harga penjualan suatu barang |
C3/L2 |
PG |
16 |
|
17. |
l Bunga tunggal |
Peserta
didik dapat menghitung jumlah uang tabungan setelah 3 bulan menabung |
C5/L3 |
PG |
17 |
|
18. |
3.7 Menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis
sejajar yang dipotong oleh garis transversal |
GARIS DAN SUDUT l Garis l Kedudukan garis l Membagi garis l Pengertian sudut l
Jenis-jenis
sudut |
Disajikan
gambar hubungan antar sudut dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis
lain, peserta didik dapat menentukan besar sudut yang ditanyakan |
C2/L1 |
PG |
18 |
19. |
l Hubungan antar sudut |
Disajikan
gambar bersuplemen, peserta didik dapat menentukan salah satu besar
sudut pelurusnya. |
C3/L2 |
PG |
19 |
|
20. |
Diberikan
ilustrasi tentang sudut sepihak, peserta didik dapat menentukan sudut
yang belum diketahui dari sudut tersebut. |
C4/L3 |
PG |
20 |
||
21. |
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antar sudut
sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal. |
Disajikan
gambar, peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan sudut yang
ditentukan pada gambar tersebut. |
C5/L3 |
PG |
21 |
|
22. |
3.8 Mengaitkan rumus keliling dan luas untuk berbagai jenis
segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium,
dan layang-layang) dan segitiga |
l BANGUN DATAR (SEGIEMPAT DAN SEGITIGA) l Pengertian segi empat dan segitiga l Jenis-jenis dan sifat-sifat bangun datar |
Diberikan
empat pernyataan , peserta didik dapat menentukan ciri-ciri belah
ketupat |
C1/L1 |
PG |
22 |
23. |
l Keliling dan luas segi empat dan segitiga |
Diberikan
gambar layang-layang beserta ukurannya, peserta didik dapat menentukan
luas layang-layang |
C3/L2 |
PG |
23 |
|
24. |
Peserta
didik dapat menentukan tinggi segitiga jika diketahui luas segitiga
dan perbandingan alas dan tingginya. |
C3/L2 |
PG |
24 |
||
25. |
4.8 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan
keliling segiempat (persegi, persegi panjang, belahketupat, jajargenjang,
trapezium, dan laying-layang) dan segitiga |
Peserta
didik dapat menentukan Panjang dan lebar jika diketahui luas persegi
panjang dan perbandingan panjang dan lebarnya |
C5/L3 |
|
25 |
|
26. |
3.9
Menganalisis hubungan antara data dengan cara penyajiannya (tabel, diagram
garis, diagram batang, dan diagram lingkaran) |
PENYAJIAN DATA l Menyajikan data (tabel,
diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran) |
Peserta didik dapat menentukan program di
komputer yang dapat membuat diagram. |
C3/L2 |
PG |
26 |
27. |
4.9 Menyajikan dan menafsirkan data dalam bentuk tabel, diagram garis,
diagram batang, dan diagram lingkaran |
l Mengolah
dan menyajikan
data
dalam bentuk diagram batang |
Disajikan data
dalam bentuk diagram batang tentang sesuatu. Peserta didik dapat menentukan
informasi yang sesuai dengan diagram tersebut |
C3/L2 |
PG |
27 |
28. |
l Mengolah
dan menyajikan
data
dalam bentuk
tabel |
Disajikan tabel tentang golongan darah siswa kelas VII dari suatu sekolah.
Peserta didik dapat menentukan informasi yang sesuai dengan tabel tersebut |
C3/L2 |
PG |
28 |
|
29. |
l Mengolah
dan menyajikan
data
dalam bentuk
diagram
garis |
Disajikan
data dalam bentuk diagram garis tentang sesuatu. Peserta
didik dapat menghitung sesuai informasi yang sesuai dengan diagram
tersebut |
C1/L1 |
PG |
29 |
|
30. |
l Mengolah
dan menyajikan
data
dalam bentuk
diagram
lingkaran |
Disajikan
data dalam bentuk diagram lingkaran tentang
sesuatu.
Peserta didik dapat menghitung sesuai informasi yang sesuai dengan
diagram tersebut |
C1/L1 |
PG |
30 |
Comments
Post a Comment