KISI KISI PAT AKIDAH AKHLAK KELAS 7/2, SEMESTER GENAP 2022
VII / II
KI |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Indikator |
Level Cognitif |
No Soal |
BentukSoal |
3 |
3.1 Menguraikan
al-asma’ al-husna ( al-‘Aziz,
al-Ghaffar,al-Basit,an-Nafi,ar-Ra’uf,al-Barr,al-Fattah,al- ‘Adl,al-Qayyum) |
Pengertian Asmaul Husna |
Ø
Diuraikan tentang sifat-sifat kesempurnaan Allah,peserta didik dapat
menyebutkan istilah bagi nama-nama Allah yang terbaik Ø
Disajikan HR. Bukhori dan Muslim, peserta didik
dapat menyebutkan jumlah Asmaul Husna yang dijelaskan dalam hadist diatas Ø
Peserta didik dapat menunjukkan bukti bahwa
Allah Swt. bersifat Al Ghaniy Ø
Peserta didik dapat menunjukkan bukti bahwa
Allah Swt. memilki sifat Asmaul Husna Al-Aziz Ø
Disajikan Qs. At Thur ayat 8 Peserta
didik dapat menunjukan dalil naqli tentang Asmaul Husna Al-Bar Ø
Peserta didik dapat menjelaskan arti Al Basit Ø
Diuraikan bahwa Allah Swt. berdiri diri sendirri
tidak butuh bantuan orang lain dalam mengurus dan menjaga alam jagat raya
ini. Peserta didik dapat menunjukkan salah satu sifat Asmaul Husna Ø
Peserta didik dapat menunjukkan salah satu ayat
dalam Al-Qur’an yang memerintahkan agar manusia berdo’a dengan menggunakan
media Asmaul Husna Ø
Disajikan uraian bahwa Allah Swt. Dzar yang Maha Lembut dan Mengampuni dosa hambanya yang meminta apunan. Peserta didik dapat menunjukan salah
satu sifat Allah yang ada dalam Asmaul husna Ø
Peserta didik dapat menunjuk sikap dan perilaku
yang meneladani sifat Asmaul-Husna Al-Adl Ø
Disajikan perilaku dan sikap orang yang mandiri yang merupakan keteladani salah
satu sifat asmaul husna, peserta
didik dapat menunjukkan salah
satu sifat asmaul husna yang sesuai Ø
Disajikan tentang bukti-bukti bahwa Allah lah Yang Maha Belas Kasih yang banyak memberi
karunia kepada hamba-Nya, peserta didik dapat menyebutkan salah satu sifat
Asmaul-Husna Ø
Disajikan beberapa sifat al asmaul husna dan beberapa arti dari asmaul
husna Peserta didik
dapat menunjukkan sifat asmaul husna dan artinya dengan benar |
2 2 2 3 2 1 2 3 1 2 3 3 2 |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 |
PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG |
3 |
3.2
Mendiskripsikan tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk
ghaib lainnya seperti jin,iblis dan setan |
Pengertian, tugas-tugas
dan sifat-sifat malaikat |
Ø
Disajikan pengertian tentang macam-macam makhluk
ghaib , peserta didik dapat mneunjukkan pengertian malaikat Ø
Peserta didik dapat menunjukan dalil naqli yang
menjelaskan bahwa malaikat mampu mengubah wujudnya Ø
Peserta didik dapat menyebutkan gelar yang
diberikan kepada malaikat jibril Ø
Disajikan sebuah cerita tentang amal perbuatan
manusia didunia yang tidak luput dari penjagaan malaikat, peserta didik dapat
menyebutkan salah satu nama malaikat
Ø
Peserta didik dapat menunjukkan pasangan
malaikat beserta tugasnya dengan benar Ø
Disajikan QS.Az-Zariyat ayat 28, peserta didik
dapat menyebutkan salah satu sifat yang dimiliki malaikat Ø
Disajikan berbagai sifat yang dimiliki oleh
makhluk ghaib, peserta didik dapat mengidentifikasikan sifat-sifat yang
dimiliki iblis dan syetan Ø
Disajikan perilaku makhluk ghaib yang memiliki
rupa, tabi’at dan perangai yang mirip manusia serta memiliki tugas yang sama
didunia seperti manusia, peserta didik dapat menyebutkan salah satu makhluk
ghaib Ø
Peserta didik dapat menujukan salah satu
perilaku yang mencerminkan beriman kepada malaikat Ø
peserta
didik dapat menunjukan dalil naqli yang menjelaskan bahwah jin dan manusia
diciptakan oleh Allah untuk beribadah kepadaNya Ø
Peserta didik dapat menunjukkan perngertian beriman kepada malaikat |
2 2 2 3 2 3 3 3 2 4 2 |
14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 |
PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG |
3 |
3.3 memahami akhlak tercela riya dan nifaq |
Pengertian akhlak tercela
Riya dan Sum’ah |
Ø
Disajikan berbagai pengertian dari akhlak
tercela,peserta didik dapat menunjukan pengertian riya menurut istilah Ø
Diuraikan tentang contoh perilaku manusia yang
senang menceritakan dan memperdengarkan amal perbuatan secara berlebihan dengan tujuan ingin
mendapatkan sanjungan dan pujian dari orang lain Peserta didik dapat menunjukkan
salah satu akhlak tercela Ø
Diuraikan berbagai ciri perilaku riya. Peserta
didik dapat mengidentifikasi sikap dan perbuatan yang termasuk riya amali Ø
Peserta didik dapat menunjukan hadits rosul
tentang larangan riya Ø
Disajikan berbagai dampak negatif dari akhlak
tercela secara acak,peserta didik dapat mengidentifikasi dampak tercela dari
riya Ø
Disajikan sebuah hadits Rosul tentang ancaman
bagi orang riya,peserta didik dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam
hadits tersebut Ø
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian nifaq
menurut istilah Ø
Disajikan HR Bukhari dan Muslim tentang
nifaq,peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri nifaq berdasarkan hadits
tersebut Ø
Peserta didik dapat menunjukan cara – cara
menghindarkan diri dari akhlak tercela riya Ø
Peserta didik dapat menjelaskan 3 dampak negative perbuatan nifaq untuk diri sendiri Ø
Peserta didik dapat menyebutkan istilah akidah
bagi orang yang suka menyembunyikan kekafiran didalam hatinya dan suka
menampakan keimanannya dengan ucapan dan perbuatan Ø
Peserta didik dapat menyebutkan tokoh munafik di
Madinah pada zaman Rosulullah Saw. Ø
Peserta didik dapat menunjukan salah satu ayat
di dalam al-Qur’an yang menjelaskan bahwa Allah akan memasukan orang munafik
dan orang kafir bersama-sama ke dalam neraka |
2 3 3 3 3 4 2 3 3 2 2 3 |
25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 |
PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG |
3 |
3.4 Memahami adab membaca al-Qur’an dan adab
berdoa’ |
Adab berdoa |
Ø
Disajikan beberapa adab dalam islam, peerta
didik dapat mengidentifikasi adab berdo’a Ø
Disajikan QS. al-Isra ayat 109, peserta didik dapat menyebutkan
salah satu adab dalam membaca Al-Qur’an |
3 3 |
57 38 |
PG PG |
3 |
3.5 Menganalisis kisah
keteladanan Ashabul Kahfi |
Keteladan Ashabul kahfi |
Ø Diuraikan kisah Nabi Ibrahim secara singkat,peserta didik dapat
mengidentifikasi salah saru nama
putra nabi Ibrahim dari
kisah tersebut Ø Peserta didik dapat
menunjukan salah satu mujizat
nabi ibrahim |
3 3 |
39 40 |
PG PG |
Comments
Post a Comment