KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN MAPEL QURDIS KELAS 7/2 SEMESTER GENAP 2022
KISI-KISI SOAL
PENILAIAN
AKHIR SEMESTER (PAS)
Satuan Pendidikan : MTs
Mata Pelajaran : Alquran Hadits
Kelas/Semester : VII / Genap
Jumlah Soal : 40 PG
Kurikulum Acuan : Kurikulum 2013 (Permen Diknas No.24 tahun 2016
Revisi 2017)
dan
(KMA
No. 183 Th 2019)
Tahun Pelajaran : 2021/2022
KI 3 Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah kongkrit (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teoriteori.
NO |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI POKOK |
INDIKATOR SOAL |
LEVEL KOGNITIF/TAKSONOMI BLOOM |
BENTUK SOAL |
NOMOR SOAL |
1 |
3.1 Memahami kedudukan dan fungsi Alquran Hadits dalam Islam |
Pengertian Alquran,
pengertian Hadits, fungsi Alquran dan Hadits, dan kedudukan Alquran dan
Hadits. |
Peserta didik dapat menganalisis
pengertian Al-Qur’an secara istilah Peserta didik dapat
menyebutkan kurun waktu diturunkannya Al-Qur’an Peserta didik dapat menganalisis
pengertian
hadis secara istilah Peserta didik dapat mengaplikasikan
sikap cara memfungsikan Al-Qur’an dan hadis dalam kehidupan bermasyarakat |
C4 C1 C4 C3 |
|
1 2 3 4 |
|
3.2. Menganalisis isi kandungan Q.S. as- Syams
(91): 1-10, Q.S. Ali Imran (3): 190 dan hadis riwayat Bukhari dari Abu Huraira tentang kekuasan dan rahmat
Allah SWT. |
Isi Kandungan QS. Asy-Syams
(91):1-10, QS. Ali
Imron: 190 dan hadis riwayat Bukhari dari Abu Hurairah |
Peserta
didik dapat menyebutkan arti
dari Surat Asy-Syams Peserta
didik dapat menyebutkan jumlah ayat dari Surat Asy-Syams Disajikan
potongan hadis, peserta didik dapat mengemukakan maksud dari isi kandungan hadis tersebut Peserta didik dapat
mengidentifikasi 7 kekuasaan Allah yang terdapat dalam QS. Asy-Syams |
C1 C1 C2 C1 |
|
5 6 7 8 |
|
3.3 Menganalisis
isi
kandungan Q.S. al-Lail
(92): 1-11, hadis Hadis
Riwayat Muslim dari Abu
Hurairah dan Hadis
Riwayat Muslim dari Jabir
bin Abdillah tentang sifat
pemurah dan menjauhi
sifat kikir |
|
Peserta
didik dapat mengidentifikasi golongan dari surat Al-lail Disajikan QS. Al-Lail ayat 5, peserta didik dapat menyebutkan surat dan urutan ayatnya. Disajikan penyataan-pernyataan, peserta
didik dapat menganalisis tentang ancaman Allah dalam Qs. Al-Lail bagi orang
yang bakhil/kikir Peserta didik dapat mengidentifikasi pernyataan hadis sesuai
dengan terjemah diatas |
C1 C1 C4 C1 |
|
9 10 11 12 |
2 |
3.4
Memahami ketentuan hukum bacaan mad thabi’i, mad wajib muttashil, dan mad
jaiz munfashil |
3.4.1Menyebutkan
pengertian Hukum Bacaan mad thabi’i, mad wajib muttashil, dan mad jaiz
munfashil 3.4.2Menjelaskan ketentuan
Hukum Bacaan mad thabi’i, mad wajib muttashil, dan mad jaiz munfashil 3.4.3Menentukan Hukum
Bacaan mad thabi’i, mad wajib muttashil, dan mad jaiz munfashil |
Siswa dapat memahami hukum
mempelajari ilmu tajwid Siswa dapat menyebutkan pengertian mad secara
bahasa Siswa dapat menyebutkan
huruf-huruf mad Siswa dapat menyebutkan pengertian Hukum
Bacaan mad thabi’i Siswa dapat menunjukan contoh
hukum bacaan mad thobi’i Siswa dapat menjelaskan
pengertian hukum bacaan mad jaiz munfashil Disajikan Qs At-thoriq :1-2,
peserta didik dapat menelaah ayat tersebut yang termasuk contoh mad wajib
muttashil Peserta didik dapat
menyebutkan ketentuan hukum bacaan mad wajib mutashil Peserta didik dapat menentukan
contoh hukum bacaan mad jaiz munfashil Disajikan ayat-ayat pendek,
peserta didik dapat mnganalisis contoh-contoh mad jaiz munfashil |
C2 C1 C1 C1 C2 C1 C4 C1 C3 C4 |
|
13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 |
|
1.5 Menerima bahwa optimis dan
sabar adalah perintah Allah SWT. 3.5
Menganalisis isi kandungan Q.S. al-Balad (90): 1-10, Q.S. az-Zumar (39): 53
dan Q.S. al- Baqarah (2): 153 |
Menjelaskan pengertian optimis dan sabar. Menganalisis Qs. Al-Balad(90):1-10,
Qs.Az-Zumar(39):53, Qs.Al-Baqarah(2):153 |
Peserta didik dapat
menyebutkan pengertian optimis Peserta didik dapat
menyebutkan pengertian sabar Peserta didik dapat
menganalisis sikap yang tidak mencerminkan sikap sabar Peserta didik dapat
menyebutkan jumlah dari Qs. Al-Balad Peserta didik dapat
menganalisis isi kandungan Qs Al-Balad 1-10 Peserta didik dapat
mengidentifikasi maksud dari Qs. Al-Balad : 1 Disajikan Qs.Al-Balad:4,
siswa dapat menterjemahkan kalimat yang digarisbawahi dari ayat tersebut Disajikan potongan ayat
Qs-Al-balad:10, siswa dapat menganalisis maksud dari isi kandungan
QS.Al-Balad:10 Disajikan potongan
Qs.Az-Zumar:53, peserta didik dapat menganalisis maksud dari potongan ayat
tersbut Peserta didik dapat
menganalisis isi kandungan Qs.Az-Zumar:53 Peserta didik dapat
menyebutkan ciri-ciri orang yang tidak memiliki sikap optimis Disajikan kisah Nabi Musa
A.S, siswa dapat menganalisis sikap yang ditunjukan oleh Beliau Disajikan potongan ayat,
peserta didik dapat mengidentifikasi tentang kunci pembuka pertolongan Allah
SWT yang terdapat dalam Qs.Al-Baqarah:153 |
C1 C1 C4 C1 C4 C1 C2 C3 C4 C4 C1 C4 C1 |
|
23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 |
|
3.6 Memahami isi kandungan Hadis riwayat
Muslim dari Abu Yahya Shuhaib bin Sinan, hadis riwayat Tirmidzi dari Abdullah
bin Abbas dan hadis riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah |
3.6.2 Menjelaskan isi
Hadis riwayat Muslim dari Abu Yahya Shuhaib bin Sinan, hadis riwayat Tirmidzi
dari Abdullah bin Abbas dan hadis riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah |
Peserta didik dapat menyebutkan karakreristik seorang mukmin yang
terdapat pada Hadits sanad Abu Yahya Shuhaibbin Sinan Disajikan matan hadis Abu Yahya Shuhaibbin Sinan, peserta didik dapat
menafsirkan maksud dari kata yang digaris bawahi Disajikan potongan matan hadis Abdullah bin Abbas, peserta didik dapat
mengemukakan terjemahan potongan matan hadis tersebut Peserta didik dapat
menunjukan hikmah dari mempelajari sikap optimis dan sabar Peserta didik dapat
menyebutkan kalimat thoyyibah ketika seorang mukmin mendapatkan musibah |
C1 C5 C2 C1 |
|
36 37 38 39 |
|
|
|
|
|
|
|
Comments
Post a Comment