KISI KISI PAT BAHASA ARAB KELAS 7/2, SEMESTER GENAP 2022
Satuan Pendidikan : MTS
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas/Semester : VII
(Tujuh)
/ Genap
Jumlah Soal : 40 PG
Kurikulum Acuan : Kurikulum
2013 (Permen Diknas No.24 tahun 2016 Revisi 2017/Kurikulum Darurat Covid_19) dan (KMA No. 183 dan 184 Th 2019)
Tahun Pelajaran : 2021/2022
KI3 Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
KI4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah kongkrit (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar |
Kelas/ Semester |
Materi |
Indikator Kompetensi |
Indikator Soal |
Level Pengetahuan |
No Soal |
Bentuk Soal |
3.1 Memahami
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, makna dan
gramatikal) dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: التعارف yang melibatkan tindak tutur memperkenalkan diri dan orang
lain, menanyakan asal negara/ daerah dengan menggunakan kata tanya ( هَلْ - مِنْ أَيْنَ ) |
VII/I |
التعارف |
Mengartikan makna |
Disajikan teks bacaan tentang التعارف, siswa dapat mengartikan dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia
dengan tepat |
C1 |
1 |
PG |
التعارف |
Melengkapi kalimat |
Disajikan teks tentang التعارف, siswa dapat melengkapi bagian
yang kosong dengan kata yang sesuai |
C4 |
2 |
PG |
||
هل
– من أين |
Menerapkan
kata tanya |
Disajikan teks hiwar tentang التعارف, siswa dapat menerapkan penggunaan هل – من أين
dengan tepat. |
C3 |
3 |
PG |
||
3.2
Menganalisis gagasan dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: التعارف dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan
gramatikal المبتدأ (ضمير مفرد) + الخبر |
VII/I |
المبتدأ (ضمير مفرد) + الخبر |
Menentukan mubtada yang tepat |
Disajikan kalimat tentang المبتدأ + الخبر , siswa
dapat menentukan المبتدأ (ضمير مفرد) dengan tepat |
C3 |
4 |
PG |
3.3
Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan
makna) dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema المدرسية المرافق
yang
melibatkan tindak tutur menunjuk fasilitas umum yang ada di lingkungan
sekolah dengan memperhatikan susunan
gramatika ( المكان ظرف / نعت ) الخبر + (إشارة) المبتدَأ |
VII/I |
المرافق
المدرسية |
Memilih kata sesuai gambar |
Disajikan gambar tentang المرافق المدرسية , siswa dapat memilih kata yang
sesuai dengan gambar |
C5 |
5 |
PG |
المرافق
المدرسية |
Menyusun kalimat acak menjadi paragraf |
Disajikan teks tentang المرافق
المدرسية, siswa dapat menyusun kalimat acak
menjadi paragraf yang benar |
C6 |
6 |
PG |
||
المرافق
المدرسية |
Menerjemahkan kalimat bahasa Arab |
Disajikan kalimat tentang المرافق
المدرسية, siswa dapat menerjemahkan kalimat dari
bahasa Arab ke bahasa Indonesia dengan tepat |
C2 |
7 |
PG |
||
3.4
Menerapkan kaidah tentang bentuk, makna dan fungsi gramatikal ( المكان ظرف
/ نعت ) الخبر
+ (إشارة) المبتدَأ dalam teks sederhana yang berkaitan dengan tema: المدرسية المرافق |
VII/I |
المرافق
المدرسية |
|
Disajikan kalimat rumpang tentang المرافق
المدرسية, siswa dapat melengkapi (إشارة) المبتدَأ dengan tepat |
C4 |
8 |
PG |
3.5 Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan
(bunyi, kata dan makna) dari teks naratif sederhana tentang jenis dan warna
yang berkaitan dengan tema: الأدوات المدرسية
yang melibatkan tindak tutur menunjuk peralatan sekolah dengan memperhatikan
susunan gramatikal الضمير المتصل |
VII/I |
الأدوات المدرسية |
Mengartikan makna |
Disajikan kalimat tentang الأدوات المدرسية, siswa dapat mengartikan kata yang
digaris bawahi dengan benar |
C1 |
9 |
PG |
الأدوات المدرسية |
Melengkapi jawaban dengan tepat |
Disajikan dialog rumpang tentang الأدوات المدرسية , siswa dapat
melengkapi jawaban sesuai pertanyaan dengan tepat |
C4 |
10 |
PG |
||
الأدوات المدرسية |
Menentukan dlomir muttasil |
Disajikan kalimat tentang الأدوات المدرسية, siswa dapat menentukan الضمير المتصل dengan
tepat |
C3 |
11 |
PG |
||
الأدوات المدرسية |
Melengkapi kata |
Disajikan kalimat tentang الأدوات المدرسية, siswa dapat melengkapi bagian yang kosong dengan kata yang sesuai |
C4 |
12 |
PG |
||
3.7 Menganalisis gagasan dari teks
sederhana yang berkaitan dengan tema: العنوان dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan
gramatikal الأرقام
100 - 1 |
VII/II |
العنوان |
Menyeleksi mufrodat |
Disajikan teks bacaan tentang العنوان, siswa dapat menyeleksi mufrodat untuk melengkapi teks
qira’ah |
C4 |
13 |
PG |
العنوان |
Menyeleksi
mufrodat |
Disajikan teks bacaan tentang العنوان, siswa dapat menyeleksi mufrodat untuk melengkapi teks
qira’ah |
C4 |
14 |
PG |
||
العنوان |
Menyeleksi
mufrodat |
Disajikan teks bacaan tentang العنوان, siswa dapat menyeleksi mufrodat untuk melengkapi teks
qira’ah |
C4 |
15 |
PG |
||
العنوان |
Merubah tulisan angka Arab ke dalam bahasa Arab |
Disajikan kalimat tentang العنوان, siswa dapat merubah angka Arab ke dalam tulisan bahasa Arab
dengan tepat |
C3 |
16 |
PG |
||
مَا - كَمْ |
Menerapkan kata tanya |
Disajikan dialog tentang العنوان, siswa dapat menerapkan kata tanya yang tepat |
C3 |
17 |
PG |
||
العنوان |
Menentukan kata |
Disajikan kalimat tentang العنوان, siswa dapat menentukan kata yang tepat |
C3 |
18 |
PG |
||
العنوان |
Mengartikan makna |
Disajikan kalimat tentang العنوان, siswa dapat mengartikan kata yang digaris bawahi dengan
benar |
C1 |
19 |
PG |
||
العنوان |
Merubah tulisan bahasa Arab ke dalam angka Arab |
Disajikan kalimat tentang angka-angka,
siswa dapat merubah tulisan bahasa Arab ke dalam angka Arab
dengan tepat |
C3 |
20 |
PG |
||
العنوان |
Melengkapi kata |
Disajikan teks bacaan tentang العنوان, siswa dapat melengkapi bagian
yang kosong dengan kata yang sesuai |
C4 |
21 |
PG |
||
العنوان |
Menerjemahkan kalimat |
Disajikan kalimat tentang العنوان, siswa dapat menerjemahkan kalimat bahasa Indonesi ke bahasa
Arab |
C2 |
22 |
PG |
||
3.9
Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan
makna} dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: البيت yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi
tentang rumah dengan memperhatikan susunan gramatikal الخبر
المقدم + المبتدأ المؤخر |
VII/II |
البيت |
Mengartikan kata |
Disajikan teks tentang البيت, siswa dapat mengartikan kata yang digaris bawahi dengan benar |
C1 |
23 |
PG |
البيت |
Menentukan kosakata |
Disajikan teks tentang البيت, siswa dapat menentukan kosakata yang tepat |
C3 |
24 |
PG |
||
مَاذَا - مَنْ |
Menerapkan kata tanya |
Disajikan teks tentang البيت, siswa dapat menerapkan kata tanya yang tepat |
C3 |
25 |
PG |
||
البيت |
Menerjemahkan kalimat |
Disajikan kalimat tentang البيت, siswa dapat menerjemahkan kalimat bahasa Indonesi ke bahasa
Arab |
C2 |
26 |
PG |
||
البيت |
Menentukan kosakata |
Disajikan teks tentang البيت, siswa dapat menentukan kosakata yang tepat |
C3 |
27 |
PG |
||
مَاذَا - مَنْ |
Menerapkan kata tanya |
Disajikan teks tentang البيت, siswa dapat menerapkan kata tanya yang tepat |
C3 |
28 |
PG |
||
3.10
Menerapkan
kaidah tentang bentuk, makna dan fungsi dari susunan
gramatikal الخبر
المقدم + المبتدأ المؤخر dalam teks deskriptif
sederhana yang berkaitan dengan tema: البيت |
VII/II |
الخبر
المقدم + المبتدأ المؤخر |
Merubah kalimat menjadi pola الخبر
المقدم + المبتدأ المؤخر |
Disajikan teks tentang البيت, siswa dapat merubah kalimat menjadi pola الخبر
المقدم + المبتدأ المؤخر |
C3 |
29 |
PG |
الخبر
المقدم + المبتدأ المؤخر |
Menyusun kata acak menjadi kalimat |
Disajikan teks tentang البيت, siswa dapat menyusun kata acak menjadi kalimat sesuai kaidah
الخبر المقدم + المبتدأ المؤخر |
C6 |
30 |
PG |
||
الخبر
المقدم + المبتدأ المؤخر |
Menentukan الخبر
المقدم dengan tepat |
Disajikan teks tentang البيت, siswa dapat menentukan الخبر
المقدم dengan tepat |
C3 |
31 |
PG |
||
3.11 Memahami
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi,
kata, dan makna) dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan
tema: من يوميات
الأسرة yang
melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang kegiatan
sehari-hari keluarga dengan memperhatikan susunan gramatikal تصريف المضارع للمفرد |
VII/II |
من يوميات الأسرة |
Mengartikan kata |
Disajikan teks tentang من
يوميات الأسرة, siswa dapat mengartikan kata yang digaris
bawahi dengan benar |
C1 |
32 |
PG |
من يوميات الأسرة |
Menyusun kalimat acak menjadi paragraf |
Disajikan teks tentang من يوميات الأسرة, siswa dapat menyusun kalimat acak
menjadi paragraf yang benar |
C6 |
33 |
PG |
||
من يوميات الأسرة |
Menerapkan kosakata yang benar |
Disajikan teks tentang من يوميات الأسرة, siswa dapat menerapkan kosakata yang
benar sesuai dengan تصريف
المضارع للمفرد |
C3 |
34 |
PG |
||
من يوميات الأسرة |
Menerapkan kosakata yang benar |
Disajikan teks tentang من
يوميات الأسرة, siswa dapat menerapkan kosakata yang
benar sesuai dengan تصريف
المضارع للمفرد |
C3 |
35 |
PG |
||
3.12 Menganalisis
gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: من
يوميات الأسرة dengan memperhatikan bentuk, makna dan
fungsi dari susunan gramatikal تصريف
المضارع للمفرد |
VII/II |
من يوميات الأسرة |
Menganalisis gagasan |
Disajikan teks qira’ah tentang من يوميات الأسرة, siswa dapat menganalisis gagasan dari
teks sederhana |
C4 |
36 |
PG |
من يوميات الأسرة |
Menganalisis gagasan |
Disajikan teks qira’ah tentang من يوميات الأسرة, siswa dapat menganalisis gagasan dari
teks sederhana |
C4 |
37 |
PG |
||
من يوميات الأسرة |
Menganalisis gagasan |
Disajikan teks qira’ah tentang من يوميات الأسرة, siswa dapat menganalisis gagasan dari
teks sederhana |
C4 |
38 |
PG |
||
من يوميات الأسرة |
Menganalisis gagasan |
Disajikan teks qira’ah tentang من يوميات الأسرة, siswa dapat menganalisis gagasan dari
teks sederhana |
C4 |
39 |
PG |
||
من يوميات الأسرة |
Menganalisis gagasan |
Disajikan teks qira’ah tentang من يوميات الأسرة, siswa dapat menganalisis gagasan dari
teks sederhana |
C4 |
40 |
PG |
Comments
Post a Comment