KISI KISI PAT IPA KELAS 7/2, SEMESTER GENAP 2022
KISI
KISI PAT IPA KELAS 7/2, SEMESTER GENAP 2022
:
Jumlah Soal :
30 Soal
NO |
KD |
MATERI |
INDIKATOR |
LEVEL
KOGNITIF |
NO SOAL |
KUNCI JAWABAN |
|||||||||||||||||||||
PENCAPAIAN
KOMPETENSI |
SOAL |
||||||||||||||||||||||||||
1 |
3.1 Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan
menggunakan satuan standar (baku) |
Besaran dan satuan |
Disajikan tabel nama
besaran, satuan dan alat ukur. Siswa dapat mengidentifikasi nama besaran
beserta pasangannya yang termasuk besaran pokok. |
Perhatikan tabel berikut!
Pasangan besaran pokok, satuan dalam Sistem
Internasional (SI), dan alat ukur yang sesuai ditunjukkan oleh nomor … A.
(1) dan
(3) C. (2) dan (4) B.
(2) dan
(3) D. (1) dan (4) |
C2 |
1 |
A |
||||||||||||||||||||
2. |
3.2 Mengklasifikasi-kan makhluk hidup dan
benda berdasarkan karakteristik yang diamati |
Ciri-ciri makhluk hidup |
Siswa dapat menyebutkan
ciri-ciri makhluk hidup |
Berikut ini adalah ciri-ciri makhluk hidup, adalah.... A. Membutuhkan teman B. Berkembang biak C. Peka terhadap suara D. Tidak memerlukan makan |
C1 |
2 |
B |
||||||||||||||||||||
Klasifikasi makhluk hidup |
Disajikan ciri-ciri suatu
kelompok hewan, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan Aves |
Seorang siswa mengamati beberapa hewan. Diperoleh
data sebagai berikut: 1. Tubuh ditutupi oleh bulu 2. Bernapas dengan insang 3. Tubuh ditutupi rambut 4. Berkembang biak dengan
bertelur 5. Habitatnya di air Ciri-ciri hewan unggas (Aves) ditunjukkan
oleh nomor
…. A. 1 dan 3 C. 3
dan 5 B. 2 dan 4 D. 1
dan 4 |
C2 |
3 |
D |
||||||||||||||||||||||
3. |
3.3 Menjelaskan konsep campuran dan zat
tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan
kimia dalam kehidupan sehari-hari |
Perubahan fisika |
Siswa dapat mengaplikasikan
kejadian dalam kehidupan sehari-hari proses dari perubahan wujud mengembun |
Contoh proses mengembun pada kehidupan
sehari-hari terjadi ketika .... A. Kapur barus di dalam
lemari B. Es krim mencair terkena
panas matahari C. Memakai minyak wangi D. Air embun di pagi hari |
C3 |
4 |
D |
||||||||||||||||||||
Unsur, senyawa, dan campuran |
Siswa dapat mengetahui
defisini dari unsur |
Zat tunggal yang tidak bisa diuraikan lagi menjadi
zat yang lain dengan reaksi kimia disebut ... A. Unsur C. Senyawa B. Zat murni D. Campuran |
C1 |
5 |
A |
||||||||||||||||||||||
4. |
3.4 Menganalisis konsep suhu, pemuaian,
kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
Suhu |
Melalui penggunaan rumus oF
= 9/4 (oF+32), siswa dapat mengkonversi suhu benda dari derajat
Reamur menjadi derajat Fahrenheit |
Jika suhu zat cair diukur dengan menggunakan
termometer Reamur menunjukkan hasil 20oR, maka besar suhu zat cair
jika di ukur menggunakan termometer Fahrenheit adalah … A.
45oF C. 77oF B.
13oF D. 52oF |
C3 |
6 |
C |
||||||||||||||||||||
Pemuaian |
Disajikan gambar peristiwa
pemuaian dalam kehidupan sehari-hari. Siswa dapat menginterpretasi gambar
yang termasuk kedalam peristiwa pemuaian |
Peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang tidak berhubungan dengan konsep pemuaian adalah.... A. B. C. D. |
C3 |
7 |
B |
||||||||||||||||||||||
5. |
3.5 Menganalisis konsep energi, berbagai
sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari
termasuk fotosintesis |
Perubahan bentuk energi |
Peserta didik dapat
mengaplikasikan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari |
Perubahan
energi listrik menjadi energi kalor terjadi pada …. A. Bola lampu
dan batu baterai B. Televisi
dan mesin cuci C. Bola jatuh
dan memanah D. Setrika
dan oven |
C3 |
8 |
D |
||||||||||||||||||||
Fotosintesis |
Disajikan gambar suatu percobaan fotosintesis. siswa dapat menganalisis
hasil percobaan tersebut |
Perhatikan gambar percobaan fotosintesis di bawah! Berdasarkan percobaan tersebut, dapat disimpulkan
bahwa fotosintesis … A.
Memerlukan
air B.
Menghasilkan
oksigen C.
Menghasilkan
karbon diokisda D.
Membutuhkan
sinar matahari |
C4 |
9 |
B |
||||||||||||||||||||||
6. |
3.6 Mengidentifikasi sistem organisasi
kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi utama
penyusun sel |
Tingkat oeganisasi sel |
Siswa mampu mengaitkan contoh organ dengan
pengertiannya |
Jantung disebut organ, karena … A.
Terdiri
atas sel-sel aneka bentuk B.
Bagian dari
sistem peredaran darah C.
Tersusun
dari beberapa jaringan D.
Berfungsi
memompa darah |
C3 |
10 |
C |
||||||||||||||||||||
Tingkat oeganisasi sel |
Siswa mampu mengidentifikasi jenis sistem organ pada
manusia |
Sistem organ pada manusia yang mengatur pertukaran
oksigen dan karbon dioksida adalah … A.
Sistem
gerak B.
Sistem
pernapasan C.
Sistem
pencernaan D.
Sistem
sirkulasi |
C2 |
11 |
B |
||||||||||||||||||||||
Tingkat oeganisasi sel |
Siswa mampu mengurutkan organ-organ yang menyusun
sistem organ pada manusia |
Berikut yang merupakan organ penyusun sistem
pencernaan manusia adalah … A.
Mulut –
tenggorokan – lambung – usus – rectum – anus B.
Mulut –
kerongkongan – lambung – usus – rectum – anus C.
Mulut –
hidung – tenggorokan – lambung – usus halus – usus besar – anus D.
Hidung
– mulut – kerongkongan – lambung – hati – usus halus – usus besar - anus |
C3 |
12 |
B |
||||||||||||||||||||||
7. |
3.7 Menganalisis interaksi antara makhluk
hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut |
Ekosistem |
Disajikan suatu pernyataan mengenai urutan satuan
makhluk hidup. Siswa dapat menyebutkan definisi dari masing-masing urutannya
tersebut |
Mahluk hidup serta faktor biotik yang terdapat di
dalam sebuah lingkungan merupakan suatu kesatuan yang utuh. Pernyataan
tersebut merupakan definisi dari istilah … A. Populasi B. Ekosistem C. Bioma D. Komunitas |
C1 |
13 |
B |
||||||||||||||||||||
|
|
Komponen ekosistem |
Siswa dapat menyebutkan komponen-komponen abiotik
dalam suatu ekosistem |
Contoh komponen abiotik dalam suatu ekosistem yang
benar adalah … A.
Karbon dioksida, air, klorofil, dan cahaya B.
Tanah, air, tumbuhan, dan hewan C.
Air, bakteri, cahaya, dan udara D.
Udara, suhu, tanah, dan air |
C1 |
14 |
D |
||||||||||||||||||||
Jenis-jenis ekosistem |
Siswa dapat memberi contoh jenis ekosistem alami
maupun buatan |
Berikut yang tidak termasuk ke dalam ekosistem alami
adalah … A.
Kolam B.
Danau C.
Hutan D.
Sungai |
C2 |
15 |
A |
||||||||||||||||||||||
Interaksi makhluk hidup |
Siswa dapat menganalisis jaring-jaring makanan pada
ekosistem pesawahan |
Perhatikan
gambar berikut! Gambar berikut
menunjukkan jaring-jaring makanan pada ekosistem persawahan. Jika ular habis
diburu manusia, agar hama tikus tidak menganggu pertanian padi, maka dapat
diupayakan dengan mengganti ular dengan … A.
Katak B.
Ayam C.
Elang D.
Belalang |
C4 |
16 |
C |
||||||||||||||||||||||
8. |
3.8 Menganalisis terjadinya pencemaran
lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem |
Pencemaran air |
Siswa dapat mengevaluasi upaya untuk mengatasi
pencemaran lingkungan yang sesuai |
Penggunaan obat pembasmi hama yang berlebihan dapat menyebabkan pencemaran air karena
mikroorganisme sulit menguraikannya, upaya yang ditempuh untuk mengatasi
jenis pencemaran tersebut adalah… A. Membuat unit pengolahan
limbah B. Mengalirkan air yang
tercemar ke sungai C. Menggunakan pestisida
sesuai dosis D. Menanam tanaman air |
C5 |
17 |
A |
||||||||||||||||||||
Pencemaran udara |
Siswa dapat menentukan jenis gas yang paling banyak
mencemari udara diperkotaan |
Polutan yang paling banyak mencemari udara perkotaan
yang padat kendaraan bermotor adalah … A.
CFC C. H2O B.
CO D. CO2 |
C2 |
18 |
D |
||||||||||||||||||||||
Pencemaran tanah |
Siswa dapat menganalisis
akibat dari penebangan dan pembakaran hutan |
Penebangan dan pembakaran hutan dapat menyebabkan
perubahan lingkungan, yaitu … A.
Tanah menjadi tandus B.
Tanaman tumbuh subur C.
Air tersedia melimpah D.
Udara terasa segar |
C4 |
19 |
A |
||||||||||||||||||||||
Pencemaran tanah |
Siswa dapat menentukan jenis sampah yang membuat
tanah sangat tercemar |
Sampah berikut yang sulit diuraikan oleh
mikroorganisme adalah … A.
Daun kering C. Plastik B.
Kulit pisang D. Kotoran
hewan |
C2 |
20 |
C |
||||||||||||||||||||||
9. |
3.9 Menganalisis perubahan iklim dan
dampaknya bagi ekosistem |
Pemanasan global |
Siswa dapat mengimplementasikan aktivitas-aktivitas
manusia yang dapat menyebabkan pemanasan global |
Berikut ini adalah beberapa aktivitas manusia yang
dapat menyebabkan pemanasan global, kecuali… A. Pembakaran sampah B. Polusi metana oleh
peternakan C. Membuang sampah
sembarangan D. Asap kendaraan bermotor |
C3 |
21 |
C |
||||||||||||||||||||
|
|
Pemanasan global |
Siswa dapat mendefinisikan proses terjadinya
pemanasan global |
Aktivitas manusia dapat menyebabkan peningkatan
konsentrasi gas di atmosfer sehingga melebihi konsentrasi yang seharusnya,
dan panas matahari yang tidak dapat dipantulkan ke angkasa juga akan
meningkat. Fenomena ini dinamakan … A.
Efek rumah kaca B.
Pemanasan global C.
Hujan asam D.
Pencemaran lingkungan |
C1 |
22 |
B |
||||||||||||||||||||
Pemanasan global |
Siswa dapat mengidentifikasi proses terjadinya
pemanasan global |
Pada mekanisme efek rumah kaca, kalor yang
terperangkap di bumi menyebabkan … A.
Meningkatnya suhu rata-rata di bumi B.
Meningkatnya kelembaban udara C.
Menurunnya suhu rata-rata di bumi D.
Menurunnya kelembaban udara |
C2 |
23 |
A |
||||||||||||||||||||||
Pemanasan global |
Siswa dapat menganalisis kejadian yang diakibatkan
dari terjadinya pemanasan global |
Perhatikan pernyataan berikut. (1)
Suhu rata-rata tahunan meningkat (2)
Perubahan cuaca yang stabil (3)
Es di kutub mencair (4)
Angin putting beliung (5)
Naiknya permukaan air laut Pernyataan yang merupakan dampak dari pemanasan
global terhadap lingkungan adalah pernyataan nomor…. A.
1, 2, dan 3 B.
3 dan 4 C.
3, 4, dan 5 D.
1, 3 dan 5 |
C4 |
24 |
D |
||||||||||||||||||||||
10. |
3.10 Menjelaskan lapisan bumi, gunung api,
gempa bumi, dan tindakan pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasca
bencana sesuai ancaman bencana di daerahnya |
Lapisan bumi |
Siswa dapat mengurutkan susunan litosfer dari dalam
hingga ke permukaan bumi |
Susunan litosfer dari dalam hingga ke permukaan bumi
secara berurutan adalah … A.
Inti dalam, inti luar, mantel bumi, dan kerak bumi B.
Inti dalam, inti luar, kerak bumi, dan mantel bumi C.
Inti dalam, mantel bumi, inti luar, dan kerak bumi D.
Inti dalam, atmosfer, inti luar, dan kerak bumi |
C3 |
25 |
A |
||||||||||||||||||||
Bencana alam |
Siswa dapat menentukan jenis jenis gempa |
Gempa yang diakibatkan oleh pergeseran lapisan
permukaan bumi disebut gempa … A.
Runtuhan B.
Guguran C.
Tektonik D.
Vulkanik |
C2 |
26 |
C |
||||||||||||||||||||||
Bencana alam |
Siswa dapat mengaplikasikan dalam kehidupan
sehari-hari upaya menghindari bencana gempa bumi |
Berikut upaya yang tepat dilakukan saat terjadi
gempa, kecuali … A.
Tetap tenang dan tidak panik B.
Mencari tanah lapang C.
Berlindung di bawah meja yang kokoh D.
Berlari masuk ke dalam rumah |
C3 |
27 |
D |
||||||||||||||||||||||
11. |
3.11 Menganalisis sistem tata surya, rotasi
dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan, serta dampaknya bagi kehidupan
di bumi |
Planet dan tata surya |
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri setiap planet |
Perhatikan pernyataan berikut! (1)
Bidang edarnya terletak antara Yupiter dan Uranus (2)
Terkenal akan cincinnya (3)
Memiliki satu buah satelit (4)
Bidang edarnya terletak antara Venus dan Mars Karakteristik planet Bumi terdapat pada nomor … A.
(1) dan (2) C. (2) dan
(3) B.
(1) dan (3) D. (3) dan (4) |
C2 |
28 |
D |
||||||||||||||||||||
Planet dan tata surya |
Siswa dapat mengetahui penyebab terjadinya revolusi
bumi |
Revolusi bumi terhadap matahari menyebabkan
terjadinya … A.
Pergantian siang dan malam B.
Perubahan musim C.
Pasang dan surutnya air laut D.
Angin darat dan angin laut |
C1 |
29 |
B |
||||||||||||||||||||||
|
|
Gerhana |
Siswa dapat menganalisis proses terjadinya gerhana
matahari total |
Perhatikan
gambar berikut! Posisi matahari,
bumi, dan bulan yang benar ketika terjadi gerhana matahari total adalah …. A.
P= 1, Q= 2, R= 3 C. P= 2, Q= 1, R= 3 B.
P= 1, Q= 3, R= 2 D. P= 2, Q= 3, R= 1 |
C4 |
30 |
B |
`
Comments
Post a Comment