KISI-KISI PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) IPS KELAS 7/2, 2022 MADRASAH TSANAWIYAH
KISI-KISI PENILAIAN AKHIR TAHUN
(PAT) MADRASAH TSANAWIYAH
Mata Pelajaran : IPS
Kelas / Semester : VII / II
Tahun Pelajaran : 2021/2022
Jumlah Soal : 40
soal pilihan ganda
Kompetensi
Inti :
1. KI1 dan KI2:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai
dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional
2. KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis
dan spesifik sederhana
berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait
fenomena dan kejadian
tampak mata.
3. KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara
kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam
ranah konkret dan ranah
abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang teori.
No |
Kompetensi Dasar |
Kelas /Smtr |
Materi |
Indikator |
Level Kognitif |
No. Soal |
Jenis Soal |
1 |
3.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap
kehidupan manusia dalam aspek
ekonomi, sosial, budaya, dan
pendidikan |
VII/I |
ü Pengertian Ruang dan Interaksi Antarruang |
· Peserta didik dapat mengetahui
mengenai pengertian ruang |
C1 |
1 |
PG |
ü Letak dan Luas Indonesia |
· Peserta didik dapat
mengetahui mengenai letak Indonesia secara geografis |
C1 |
2 |
PG |
|||
ü Potensi Sumber Daya Alam dan Kemaritiman Indonesia |
· Peserta didik dapat
menyelidiki mengenai sebab adanya hutan hujan tropis |
C3 |
3 |
PG |
|||
ü Dinamika Kependudukan Indonesia |
· Peserta didik dapat
menganalisis mengenai alasan pulau Jawa menjadi pulau terpadat di Indonesia |
C3 |
4 |
PG |
|||
ü Kondisi Alam Indonesia |
· Peseta didik dapat
memahami mengenai ciri khas wilayah pada iklim tropis |
C2 |
5 |
PG |
|||
ü Perubahan Akibat Interaksi Antarruang |
· Peserta didik dapat
menyelidiki menganai faktor pendorong terjadinya alih fungsi lahan |
C3 |
6 |
PG |
|||
2 |
3.2 Mengidentifikasi
interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya
terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma
serta kelembagaan sosial budaya |
ü Interaksi Sosial |
· Peserta didik dapat
mengaplikasikan mengenai contoh interaksi sosial secara langsung |
C3 |
7 |
PG |
|
· Peserta didik dapat
mengaplikasikan mengenai bentuk interaksi sosial asosiatif |
C3 |
8 |
PG |
||||
· Disajikan sebuah
pernyataan. Peserta didik dapat mengkategorikan mengenai bentuk interaksi
sosial disosiatif |
C6 |
9 |
PG |
||||
ü Lembaga Sosial |
· Disajikan sebuah
pernyataan. Peserta didik dapat menyimpulkan mengenai ciri struktur lembaga
keluarga |
C5 |
10 |
PG |
|||
·
Peserta didik dapat
memahami mengenai fungsi lembaga agama |
C2 |
11 |
PG |
||||
·
Peserta didik dapat
mengetahui menganai hal yang berkaitan dengan lembaga ekonomi |
C1 |
12 |
PG |
||||
3 |
3.3 Menganalisis konsep interaksi antara
manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi
(produksi, distribusi, konsumsi, penawaran permintaan) dan interaksi
antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya
Indonesia. |
VII/II |
ü Kelangkaan dan kebutuhan
manusia |
· Peseta didik dapat
mengetahui mengenai arti kelangkaan |
C1 |
13 |
PG |
· Disajikan sebuah
pernyataan. Peserta didik dapat menyimpulkan mengenai barang komplementer |
C5 |
14 |
PG |
||||
· Peserta didik dapat
mengaplikasikan mengenai prinsip ekonomi |
C3 |
15 |
PG |
||||
ü Kegiatan Ekonomi. |
· Peserta didik dapat
mengetahui mengenai jenis-jenis kegiatan ekonomi |
C1 |
16 |
PG |
|||
· Peserta didik dapat
mengetahui mengenai pengertian produksi |
C1 |
17 |
PG |
||||
· Peserta didik dapat
memehami mengenai tujuan distribusi |
C2 |
18 |
PG |
||||
ü Permintaan, penawaran,
pasar dan harga |
· Peserta didik dapat
memahami mengenai kurva permintaan |
C2 |
19 |
PG |
|||
· Peserta didik dapat
memahami mengenai dampak permintaan |
C2 |
20 |
PG |
||||
· Disajikan sebuah
gambar. Peserta didik dapat menganalisis mengenai pembagian pasar menurut
wudujnya |
C4 |
21 |
PG |
||||
· Peserta didik dapat
memahami mengenai fungsi pasar |
C2 |
22 |
PG |
||||
ü Peran iptek dalam kegiatan ekonomi |
· Peserta didik dapat
memahami mengenai dampak positif perkembangan IPTEK bagi kegiatan ekonomi |
C2 |
23 |
PG |
|||
· Peserta didik dapat
memahami mengenai peran IPTEK pada kegiatan produksi |
C2 |
24 |
PG |
||||
ü Peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia |
· Peserta didik dapat
mengetahui mengenai arti kreatif |
C1 |
25 |
PG |
|||
· Disajikan sebuah
gambar. Peserta didik dapat menganalisis mengenai manfaat memiliki jiwa
wirausaha |
C4 |
26 |
PG |
||||
4 |
3.4 Memahami berpikir kronologi, perubahan
dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik,
sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa
Hindu-Buddha, dan Islam |
ü Kehidupan
manusia pada masa praaksara |
· Peserta didik dapat
mengetahui mengenai arti dari masa praaksara |
C1 |
27 |
PG |
|
· Peserta didik dapat
memahami mengenai periodisasi masa praaksara secara arkeologis |
C2 |
28 |
PG |
||||
· Peserta didik dapat
memahami mengenai nilai religius yang ada pada masa praaksara |
C2 |
29 |
PG |
||||
· Peserta didik dapat
mengetahui mengenai suku bangsa Indonesia yang tergolong proto melayu |
C1 |
30 |
PG |
||||
ü Kehidupan
masyarakat pada masa Hindu-Buddha |
·
Peserta didik
dapat mengetahui mengenai teori masuknya kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia |
C1 |
31 |
PG |
|||
·
Peserta didik
dapat menganalisis mengenai pengaruh Hindu-Buddha terhadap masyarakat
Indonesia pada bidang pemerintahan |
C4 |
32 |
PG |
||||
·
Peserta didik
dapat menganalisis mengenai pengaruhn Hindu-Buddha terhadap masyarakat
Indonesia pada bidang sosial |
C4 |
33 |
PG |
||||
·
Peserta didik
dapat mengetahui mengenai kerajaan Hindu pertama yang berdiri di Pulau Jawa |
C1 |
34 |
PG |
||||
·
Disajikan
sebuah gambar. Peserta didik dapat menganalisis mengenai peninggalan masa
Hindu-Buddha berupa relief |
C4 |
35 |
PG |
||||
ü Kehidupan
masyarakat pada masa Islam. |
·
Peserta didik
dapat menyelidiki mengenai cara persebaran Agama Islam yang dapat mudah
diterima oleh masyarakat Indonesia |
C3 |
36 |
PG |
|||
·
Disajikan
sebuah pernyataan. Peserta didik dapat mengkategorikan mengenai nama-nama
kerajaan Islam di Indonesia |
C6 |
37 |
PG |
||||
·
Peserta didik
dapat mengetahui mengenai anggota walisangan dari Kesultanan Demak |
C1 |
38 |
PG |
||||
·
Peserta didik
dapat menyelidiki mengenai faktor pendukung berkembangnya Kerajaan Banten |
C3 |
39 |
PG |
||||
·
Disajikan
sebuah gambar. Peserta didik dapat menganalisis mengenai Peninggalan masa
Islam di Indonesia berupa kaligrafi |
C4 |
40 |
PG |
Comments
Post a Comment