KISI KISI PENILAIAN AKHIR TAHUN PAT PKN KELAS 7/2. SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022
KISI KISI PENILAIAN AKHIR TAHUN
·
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Satuan Pendidikan : MTs Mata Pelajaran : PKN |
|
Kelas/Semester : VII/2
(Genap) Alokasi Waktu : 90 menit |
Kompetensi
Dasar |
Materi
Esensial |
Indikator
Soal |
Level
Kognitif |
Bentuk
Soal |
Skor |
||||
L1 |
L2 |
L3 |
PG |
Uraian |
|||||
3.4 |
Mengidentifikasi
keberagaman suku, agama, ras dan antargologan dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika |
·
Keberagaman dalam masyarakat Indonesia |
Mengidentifikasi upaya
meningkatkan keberagaman masyarakat Indonesia |
|
√ |
|
1 |
|
|
Menjelaskan faktor yang
menyebabkan keanekaragaman bangsa Indonesia |
|
|
√ |
2,3 |
|
|
|||
Mendeskripsikan
keberagaman suku bangsa |
|
|
√ |
4,5 |
|
|
|||
Menentukan keberagaman
agama dan kepercayaan |
√ |
|
|
6 |
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|||
Menjelaskan keberagaman
di Indonesia sebagai aset nasional |
|
√ |
|
7 |
|
|
|||
Menjelaskan dampak
positif dari keberagaman bangsa Indonesia |
|
√ |
|
8 |
|
|
|||
Menjelaskan makna dari
semboyan Bhineka Tunggal Ika |
|
√ |
|
9 |
|
|
|||
Menganalisis keberagaman
masyarakat Indonesia bisa menjadi potensi ( kekayaan bangsa ) |
|
|
|
|
|||||
·
Arti penting memahami keberagaman dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika |
|
|
|
|
|
|
|
||
·
Perilaku toleran terhadap keberagaman Suku, Agama, Ras,
dan Antargolongan |
Menerapkan wujud
perilaku toleransi dalam kehidupan antar umat beragama |
√ |
|
|
10 |
|
|
||
Menerapkan nilai-nilai
toleransi dalam keberagaman |
√ |
|
|
11 |
|
|
|||
3.5 |
Menganalisis
bentuk-bentuk kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat |
·
Kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan |
Menjelaskan kemerdekaan
adalah kerja sama yang dilakukan oleh para pejuang tanpa dibatasi suku,
bangsa, agama ras dan adat istiadat |
|
|
√ |
12 |
|
|
Mengidentifikasi bentuk
kerja sama atau gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara dapat tampak dalam kehidupan |
|
√ |
|
13 |
|
|
|||
Mengidentifikasi tujuan
nasional bangsa Indonesia |
|
√ |
|
14 |
|
|
|||
Menjelaskan kelebihan
gotong royong dibandingkan bentuk kerja sama yang lainnya |
|
|
√ |
15 |
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|||
Menjelaskan bentuk
kerjasama dalam kehidupan sosial politik |
|
|
√ |
16 |
|
|
|||
Menjelaskan bentuk
kerjasama dalam bidang ekonomi |
|
|
√ |
17 |
|
|
|||
|
|
|
|
|
|||||
Menjelaskan sikap yang
harus dihindari dalam kerjasama diberbagai bidang kehidupan masyarakat. |
|
|
√ |
18 |
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|||
·
Arti penting kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan |
Menjelaskan arti
pentingnya kerjasama |
|
|
√ |
19 |
|
|
||
Mengidentifikasi cara
kerja sama antar sesama warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara |
|
√ |
|
20 |
|
|
|||
·
Mewujudkan kerjasama dalam berbagai lingkungan
kehidupan |
Menerapkan perilaku yang
menunjukkan sikap bekerja sama antar umat beragama |
√ |
|
|
21 |
|
|
||
Memberi contoh
pelaksanaan kerja sama atau gotong goyong di dalam kehidupan sekolah, yang
melibatkan seluruh warga sekolah. |
√ |
|
|
22 |
|
|
|||
3.6 |
Mengasosiasikan
karakteristik daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia |
·
Daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik
Indonesia |
Menjelaskan makna
proklamasi dilihat dari asfek sosiologis |
|
|
√ |
23 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Mengidentifikasi bunyi
pasal 18B UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
|
√ |
|
24 |
|
|
|||
Menjelaskan hakikat
otonomi daerah |
|
|
√ |
25 |
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|||
Menjelaskan peran daerah
dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia antara lain |
|
|
√ |
26 |
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|||
·
Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia |
|
|
|
|
|
|
|
||
Menjelaskan nilai-nilai
yang ditanamkan dan disadari oleh setiap warga negara (di daerah) demi
tegaknya NKRI |
|
|
√ |
27 |
|
|
|||
Memberi contoh usaha
bela Negara demi mempertahankan NKRI |
√ |
|
|
28 |
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|||
Bentuk Soal |
28 |
- |
|
||||||
Total Jumlah Soal |
40 |
Keterangan |
: |
§
Level 1 : Aplikasi §
Level 2 : Pengetahuan §
Level 3 : Pemahaman |
Comments
Post a Comment