KISI-KISI PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) FIQIH KELAS 7/2, SEMESTER GENAP MTs TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Mata Pelajaran FIKIH
Pilihan Ganda : 40 soal
Kelas/Semester : VII / Genap
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
NO |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI |
INDIKATOR PENCAPAIAN |
INDIKATOR SOAL |
LEVEL KOGNITIF |
BENTUK SOAL |
NO SOAL |
1 |
3.1 Mengidentifi- kasi macam-macam
najis dan tata cara bersucinya 3.2 Mengidentifi-kasi
macam-macam hadats dan tata cara
taharah |
Thaharah (Hadats dan Najis) |
3.1.1 Menjelaskan macam-macam najis 3.1.3 Menjelaskan tata cara mensucikankan najis 3.2.2
Menjelaskan macam-macam hadas 3.2.1 Menjelaskan
macam-macam air |
Ø Disajikan cerita singkat tentang seseorang yang terkena najis,
peserta didik menyebutkan nama najisnya Ø Disajikan hadits yang menjelaskan tata cara mensucikan najis
mukhafafah, peserta didik menjelaskan bagaimana cara mensucikan najis
mukhafafah sesuai dengan hadits yang di sajikan, Ø Disajikan contoh seseorang yang mempunyai hadast
kecil, peserta didik mampu membedakan orang yang mempunyai hadats kecil dan
besar, Ø Peserta didik membedakan air thahir muthahir dan air thahir ghair
muthahir dengan contohnya |
Level 1/C1 Level 3/C1 Level 1/C2 Level 1/C1 |
PG PG PG PG |
1 2 3 4 |
2 |
3.3 Memahami waktu-waktu
shalat lima waktu 3.4 Memahami ketentuan sujud sahwi |
Shalat fardhu lima waktu Sujud sahwi |
3.3.1 Menjelaskan ketentuan shalat 3.4.1 Menjelaskan ketentuan sujud sahwi |
Ø Disajikan opsi, peserta didik menyebutkan hal-hal yang termasuk syarat sah
shalat Ø Disajikan bacaan sujud sahwi, peserta didik mampu
mengetahui arti dari bacaan sujud sahwi |
Level 1/C1 Level 1/C2 |
PG PG |
5 6 |
3 |
3.5 Memahami ketentuan
azan dan iqamah |
Adzan dan Iqamah |
3.5.1 Menjelaskan ketentuan adzan dan iqamah |
Ø Disajikan arti dari salah satu bacaan adzan: “Shalat itu lebih baik dari tidur”, peserta
didik menunjukkan lafadz atau bacaannya |
Level1/C1 |
PG |
7 |
4 |
3.6 Menganalisis ketentuan shalat berjamaah 3.7 Memahami tatacara
berdzikir dan berdo’a setelah shalat |
Salat berjamaah Dzikir
dan do’a |
3.6.1 Menjelaskan ketentuan shalat berjamaah 3.7.2 Menjelaskan kalimah toyyibah 3.7.1 Menjelaskan tata cara berdo’a dan berdzikir |
Ø Disajikan Hadits tentang keutamaan shalat berjamaah, peserta didik menjelaskan keutamaan shalat
berjamaah sesuai dengan hadits yang disajikan (HR. Muslim) Ø Disajikan tabel tentang kalimat-kalimat thayyibah, peserta didik dapat menyebutkan artinya Ø Disajikan QS. Al A’raf ayat 55, peserta didik dapat menjelaskan
cara berdo’a berdasarkan kalimat yang digaris bawah pada ayat tersebut |
Level 1/C1 Level 1/C2 Level 2/C1 |
PG PG PG |
8 9 10 |
5 |
3.1
Memahami ketentuan salat Jum’at |
Ketentuan Shalat Jum’at Mempraktikkan
salat Jum’at |
3.1.1
Menjelaskan syarat mendirikan salat jumat 3.1.2
Menunjukan dasar hukum salat jumat 3.1.3
Menjelaskan syarat khutbah jumat 3.1.6
Menjelaskan rukun khutbah jumat 4.1.2
Memperagakan salat jumat |
Ø Disajikan opsi, peserta didik menunjukan syarat sah
shalat jum’at Ø Disajikan Ilustrasi hukum berjamaah dalam shalat
jum’at, peserta didik mengetahui ketentuan hokum berjmaah dalam shalat
jum’at, Ø Disajikan Opsi, peserta didik menunjukan syarat
wajib shalat jum’at Ø Disajikan ayat al-qur’an Surat Al Jumuah ayat 9,
peserta didik menunjukan ari kalimat yang digaris bawahi Ø Disajikan ilustrasi khatib yang sedang melaksanakan khutbah
jum’at, peserta didik menunjukan salah satu syarat khatib khutbah jum’at Ø Disajikan tabel opsi sunnah khutbah jum’at, peserta
didik menunjukan sunnah khutbah jum’at Ø Disajikan kalimat yang dibaca oleh khatib dalam khutbah jum’at, peserta didik mengetahui kedudukan
bacaan tersebut Ø Disajikan opsi tata cara pelaksanaan shalat jum’at,
peserta didik mengetahui tata cara pelaksanaan shalat jum’at |
L1/C1 L2/C1 L2/C2 L1/C1 L1/C2 L2/C1 L1/C2 L1/C1 |
PG PG PG PG PG PG PG PG |
11 12 13 14 15 16 17 18 |
6 |
1.2 Menghayati
hikmah dari ketentuan shalat Jamak dan Qasar 1.3 Memahami
ketentuan salat Jamak dan Qasar 1.4 Memahami
kaifiat shalat dalam berbagai keadaan |
· Penghayatan
pemahaman ketentuan shalat Jamak dan Qasar ·
Salat Jamak dan Qasar ·
Hikmah Shalat Jamak dan Qasar ·
Salat dalam berbagai keadaan |
1.2.1 Menunjukan
penghayatan terhadap hikmah dari ketentuan shalat Jamak dan Qasar 1.3.1
Menjelaskan pengertian shalat jamak 1.3.2
Menjelaskan tata cara salat jamak 1.3.3
Mengidentifikasikan syarat-syarat salat qasar 1.3.4
Mengidentifikasikan hikmah
disyariatkannya salat jamak dan qasar 1.4.1 Menjelaskan
ketentuan salat dalam keadaan darurat |
Ø
Disajikan
opsi shalat yang boleh di jama, Peserta didik mampu menunjukan shalat yang
boleh dijama dan yang tidak boleh di jama Ø
Disajikan
ilustrasi seseorang yang melakukan perjalanan religi, peserta didik mampu
menyebutkan hukum shalat jama terhadap seseorang yang melakukan perjalanan Ø
Disajikan
ilustrasi orang yang bepergian dan melakukan shalat jama dengan cara jama
taqdim, peserta didik mampu menunjukan pengertian shalat jama taqdim Ø
Disajikan
ilustrasi peserta didik yang melakukan studi tour dan melaksanakan shalat
dengan cara jama takhir, peserta didik mampu menunjukan cara melaksanakan
shalat jama takhir Ø
Disajikan
ilustrasi seseorang yang melakukan perjalanan selama 4 hari dan melaksanakan
shalat dengan cara shalat zuhur 2 rakaat dan asar dua rakaat, peserta didik
mampu menunjukan shalat yang dilakukan orang tersebut. Ø
Disajikan
opsi shalat yang boleh di qasar, peserta didik mampu menunjukan shalat apa
saja yang boleh di qasar Ø
Disajikan
opsi syarat sah shalat qasar, peserta didik mampu menunjukan syarat sah
shalat qasar Ø
Disajikan
opsi salah satu hikmah disyariatkannya shalat jamak dan qasar, peserta didik
mampu menunjukan hikmah dari shalat jamak dan qasar Ø
Disajikan
hadits yang menjelaskan tata cara sujud bagi orang yang tak mampu shalat
dalam keadaan berdiri, peserta didik mampu mengartikan kalimat yang digaris bawahi. Ø
Disajikan
Ilustrasi orang yang shalat dalam keadaan terlentang, peserta didik mampu
menunjukan opsi bagaimana tata cara shalat dengan cara terlentang Ø
Disajikan
table tata cara shalat dengan tidur pada lambung, peserta didik mampu
menunjukan tata cara shalat dengan posisi tidur pada lambung Ø
Disajikan
hadits yang berkaitan dengan tata cara shalat dalam kendaraan, peserta didik
mampu menunjukan maksud dari hadits tersebut |
C1/L1 C2/L2 C2/L1 C2/L2 C2/L1 C1/L2 C2/L2 L2/C2 L2/C3 L2/C2 L2/C2 L2/C2 |
PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG |
19 20 21 22 25 23 24 26 27 28 29 30 |
7 |
1.5 Memahami
shalat sunah muakkad dan shalat
sunah gairu
muakkad 1.6 Mensimulasikan
shalat sunah muakkad dan
shalat sunah gairu muakkad |
·
Macam-macam shalat sunah |
1.5.1
Menjelaskan jenis salat sunah muakkad 1.5.2
Menjelaskan jenis salat sunah ghairu muakkad 1.6.1 Mempraktikkan tata
cara salat sunah muakkad 1.6.2 Mempraktikan tata
cara salat sunah ghairu muakkad |
Ø
Disajikan
opsi macam-macam shalat sunnah muakad, peserta didik mampu menunjukan
macam-macam shalat sunnah muakad Ø
Disajikan
pengertian shalat sunnah rawatib, peserta didik mampu menunjukan shalat
sunnah rawatib muakad Ø
Disajikan contoh
orang yang melakukan shalat sunnah dua rakaat sebelum subuh, peseta didik
menunjukan kedudukan shalat tersebut Ø
Disajikan
opsi orang yang melaksanakan shalat sunnah rawatib muakkad, peserta didik
menunjukan kedudukan shalat sunnah rawatib muakkad Ø
Disajikan
contoh orang yang melakukan shalat sunnah tahajud, peserta didik menunjukan
kedudukan shalat sunnah tahajud Ø
Disajikan
pengertian shalat sunnah ghair muakkad, peserta didik menunjukan contoh
shalat sunnah ghair muakkad Ø
Disajikan
ilustrasi orang yang melukukan shalat dikarenakan bingung memustuskan antara
dua hal, peserta didik menunjukan kedudukan shalat yang dilakukan orang
tersebut Ø
Disajikan
opsi macam-macam shalat sunnah, peserta didik menunjukan kedudukan shalat
sunnah ghairu muakkad Ø
Disajikan
contoh orang yang melakukan shalat 20 rakaat pada malam bulan rhamadan,
peserta didik menunjukan kedudukan shalat tersebut Ø
Disajikan
ilustrasi orang yang melakukan shalat saat gerhana bulan, peserta didik
menunjukan nama shalat tersebut |
L2/C1 L2/C2 L1/C1 L2/C2 L1/C1 L1/C2 L1/C2 L2/C1 L1/C1 L2/C2 |
PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG |
31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 |
Comments
Post a Comment