KISI KISI SOAL PAT BAHASA INDONESIA KELAS 7/2, SEMESTER GENAP 2022
Satuan Pendidikan : MTS
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester : VII / 2
Jumlah Soal : 40 PG
Kurikulum Acuan : Kurikulum
2013 (Permen Diknas
No.24 tahun 2016 Revisi 2017/Kurikulum
Darurat Covid_19)
dan (KMA No. 183 dan 184 Th 2019)
Tahun Pelajaran : 2021/2022
KI 3 Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah kongkrit (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teoriteori.
NO |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI POKOK |
INDIKATOR SOAL |
LEVEL KOGNITIF/TAKSONOMI BLOOM |
BENTUK SOAL |
NOMOR SOAL |
1. |
3.1Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi
tentang sesuatu (objek budaya/peristiwa alam/sosial di sekitar siswa) yang
didengar dan dibaca |
Teks Deskripsi l Informasi teks
deskripsi |
Disajikan
penggalan teks, peserta didik dapat menunjukkan informasi teks deskripsi |
C1/L1 |
PG |
1 |
2. |
4.1Menjelaskan isi teks deskripsi tentang sesuatu
(objek budaya atau peristiwa alam/sosial di sekitar siswa) yang |
l Jenis teks
deskripsi |
Disajikan
penggalan teks, peserta didik dapat menentukan jenis teks deskripsi |
C3/L2 |
PG |
2 |
3. |
3.2
Menelaah struktur dan kebahasaan dari
teks deskripsi tentang sesuatu (objek budaya atau peristiwa alam/sosial di
sekitar siswa) yang didengar dan dibaca. |
l Menelaah struktur dan kebahasaan teks deskripsi |
Peserta didik dapat menentukan
penulisan kata depan yang tepat |
C3/L2 |
PG |
3 |
4. |
Disajikan
penggalan teks,
peserta didik dapat mengkategorikan striktur teks tersebut |
C6/L3 |
PG |
4 |
||
5. |
3.3
Menelaah struktur dan kebahasaan teks
narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar. |
Teks Narasi (cerita fantasi) ✔ Pengertian dan contoh-contoh teks
narasi (cerita fantasi) ✔ Unsur-unsur teks cerita narasi. ✔ Struktur teks narasi. |
Peserta didik dapat menjelaskan
ciri-ciri teks narasi |
C1/L1 |
PG |
5 |
6. |
Peserta didik dapat menjelaskan
unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) |
C1/L1 |
PG |
6 |
||
7. |
Disajikan penggalan certa, peserta
didik dapat menentukan watak tokoh dalam cerita tersebut |
C3/L2 |
PG |
7 |
||
8. |
✔ Struktur teks deskripsi dan
contoh-contoh telaahannya. |
Peserta didik dapat menggambarkan
salah satu struktur dari teks narasi (cerita fantasi) |
C3/L2 |
PG |
8 |
|
9. |
3.4 Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara
melakukan sesuatu dari informasi yang dibaca dan didengar |
Teks prosedur ✔ Ciri umum teks prosedur ✔ Struktur teks: Tujuan, bahan, alat
langkah, ü Ciri
kebahasaan: kalimat perintah, kalimat saran, kata benda, kata kerja, kalimat
majemuk (dengan, hingga, sampai), konjungsi urutan (kemudian, selanjutnya,
dll) |
Disajikan
pertanyaan, peserta didik dapat menunjukkan struktur teks prosedur |
C2/L1 |
PG |
9 |
10. |
Disajikan
pertanyaan, peserta didik dapat menentukan ciri umum teks prosedur |
C3/L2 |
PG |
10 |
||
11. |
Peserta didik dapat menentukan tujuan
teks prosedur |
C3/L1 |
PG |
11 |
||
12. |
Disajikan penggalan teks, peserta
didik dapat mengidentifikasi bahasa dalam teks prosedur |
C1/L1 |
PG |
12 |
||
13. |
3.13
Mengidentifikasi informasi (pesan, rima dan pilihan kata) dari puisi rakyat
(pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang di baca dan didengar |
Pusi Rakyat ✔ Ciri puisi rakyat
(pantun, gurindam, syair) ü
Cara menyimpulkan isi pada
pantun, gurindam, dan syair |
Peserta didik dapat menyatakan
persamaan puisi rakyat |
C1/L1 |
PG |
13 |
14. |
Disajikan teks ciri-ciri puisi rakyat,
peserta didik dapat menentukan struktur pantun. |
C3/L2 |
PG |
14 |
||
15. |
Disajikan teks puisi, peserta didik dapat menyimpulkan
tema puisi tersebut. |
C2/L1 |
PG |
15 |
||
16. |
Disajikan
teks puisi, peserta didik dapat menentukan jenis puisi rakyat dengan tepat. |
C3/L2 |
PG |
16 |
||
17. |
3.14
Menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk
puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar. |
Disajikan
kutipan puisi, peserta didik dapat menentukan makna kata bercetak miring pada
puisi tersebut dengan tepat. |
C4/L3 |
PG |
17 |
|
18. |
Disajikan
kutipan gurindam, peserta didik dapat menentukan nilai moral yang dapat diambil
dari kutipan gurindam tersebut. |
C5/L3 |
PG |
18 |
||
19. |
Disajikan
pantun yang beberapa kata akhir lariknya rumpang, peserta didik dapat
menuliskan kata yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dengan tepat.
|
C4/L3 |
PG |
19 |
||
20. |
3.15
Mengidentifikasi informasi tentang fable/legenda daerah setempat yang dibaca
dan didengar. |
Fabel/Legenda ✔ Ciri cerita fabel/
legenda ü |
Disajikan penggalan cerita, peserta
didik dapat menggolongkan
cerita tersebut. |
C2/L1 |
PG |
20 |
21. |
Peserta
didik dapat membedakan antara fabel
dan cerpen. |
C2/L1 |
PG |
21 |
||
22. |
3.16 Menelaah struktur dan kebahasaan fabel/legenda
daerah setempat yang dibaca dan didengar. |
Struktur teks
fabel/legenda: ✔ orientasi ✔ komplikasi ✔ resolusi ✔ koda Teknik penggambaran tokoh Pemeranan
isi fabel/legenda daerah setempat |
Disajikan 2 buah cuplikan cerita fabel, peserta didik
dapat
membedakan
penggunaan bahasa dengan
tepat. |
C4/L3 |
PG |
22 |
23. |
Disajikan
sebuah teks, peserta didik dapat menentukan
pesan moral yang dapat diambil dari penggalan teks tersebut |
C5/L3 |
PG |
23 |
||
24. |
Disajikan sebuah teks fabel, siswa dapat menentukan
struktur fabel teks tersebut dengan tepat. |
C4/L3 |
PG |
24 |
||
25. |
Disajikan dua teks fabel, peserta didik dapat
menentukan perbedaan nilai moral pada kedua teks fabel tersebut dengan tepat. |
C5/L3 |
PG |
25 |
||
26. |
Peserta didik dapat menentukan bagian klimaks dalam
sebuah fabel. |
C3/L2 |
PG |
26 |
||
27. |
3.13
Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau
permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar. |
Surat
pribadi dan surat dinas ·
Informasi isi surat pribadi,
surat dinas ·
Isi surat pribadi dan dinas Simpulan isi surat pribadi dan dinas |
Disajikan beberapa kalimat, peserta
didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri surat pribadi dengan tepat. |
C1/L1 |
PG |
27 |
28. |
Disajikan beberapa kalimat, peserta
didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri surat dinas dengan tepat. |
C1/L1 |
PG |
28 |
||
29. |
3.14
Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang
dibaca dan didengar. |
Disajikan kutipan surat dinas, siswa
dapat menentukan kalimat yang tepat pada surat dinas yang rumpang |
C3/L2 |
PG |
29 |
|
30. |
Disajikan kutipan surat pribadi, siswa
dapat menentukan kalimat penutup yang tepat pada surat pribadi yang rumpang |
C3/L2 |
PG |
30 |
||
31. |
4.14
Menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan
memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi. |
Disajikan alamat surat, siswa dapat
menentukan penulisan alamat surat yang tepat |
C3/L2 |
PG |
31 |
|
32. |
Disajikan penutup surat, siswa dapat
menentukan penulisan penutup surat yang tepat |
C3/L2 |
|
32 |
||
33. |
4.13
Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat
pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan |
Siswa dapat menyimpulkan informasi
yang tepat pada kutipan surat |
C5/L3 |
PG |
33 |
|
34. |
3.15
Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan non fiksi yang dibaca |
Literasi buku fiksi dan nonfiksi ✔ Unsur-unsur buku ✔ Cara membaca buku dengan SQ3R, yaitu:
1. Survey atau meninjau, 2. Question
atau bertanya, 3. Read
atau membaca, 4. Recite
atau menuturkan, 5. Review
atau mengulang Cara
membuat rangkuman |
Disajikan kutipan buku Fiksi dan Non
fiksi, siswa dapat menentukan perbedaan unsur-unsur dari buku fiksi dan non
fiksi |
C3/L2 |
PG |
34 |
35. |
Disajikan kutipan buku Fiksi dan Non
fiksi, siswa dapat membandingkan perbedaan unsur-unsur dari buku fiksi dan
non fiksi |
C5/L3 |
PG |
35 |
||
36. |
Siswa dapat menyusun langkah-langkah
membaca dengan teknik SQ3R |
C5/L3 |
PG |
36 |
||
37. |
4.16
Menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi non fiksi yang dibaca |
Disajikan kutipan buku non fiksi,
siswa dapat menentukan tokoh dan karakter dari tokoh didalam buku non fiksi
tersebut |
C3/L2 |
PG |
37 |
|
38. |
Disajikan kutipan buku non fiksi,
siswa dapat menentukan judul untuk buku non fiksi tersebut |
C3/L2 |
PG |
38 |
||
39. |
3.16
Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan non fiksi |
Disajikan kutipan buku fiksi, siswa
dapat menjelaskan kebahasaan/ejaan yang tepat |
C1/L1 |
PG |
39 |
|
40. |
Disajikan kutipan pernyataan, siswa
dapat menjelaskan memperkirakan persamaan yang tepat |
C1/L1 |
PG |
40 |
Comments
Post a Comment