KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN ( PAT ) SKI KELAS 7/2, SEMESTER GENAP TP 2020 / 2021
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN ( PAT ) TP 2020 / 2021
SatuanPendidikan :
Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran :
SejarahKebudayaan Islam
Kelas :
VII
Semester :
Genap
KOMPETENSI DASAR |
MATERI |
INDIKATOR
SOAL |
LEVEL KOGNITIF |
BENTUK SOAL |
NO SOAL |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
3.1. Menganalisis
misi Nabi Muhammad SAW. Sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta. |
Kondisi kepercayaan, dan sosial masyarakat Mekkah
sebelum kedatangan agama Islam. Kondisi ekonomi dan politik masyarakat Mekkah
sebelum kedatangan agama Islam. Misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh
alam semesta. Respon masyarakat Mekkah terhadap dakwah Nabi |
Ø Disajikan suatu karakter positif bangsa Arab Jahiliyah, peserta didik
dapat mengidentifikasi karakter negatif bangsa Arab Jahiliyah yang
bertentangan dengan Hak Asasi Manusia. Ø
Peserta didik dapat
menyebutkan kekuatan politik yang mempengaruhi politik Arab sebelum Islam. Ø Disajikan suatu cerita, peserta didik dapat menunjukkan surat atau
wahyu yang pertama diturunkan kepada Nabi Muhammad Ø Peserta didik dapat menyebutkan waktu Nuzulul Qur’an Ø Peserta didik dapat menyebutkan nama tempat dakwah Nabi Muhammad
diawal dakwahnya Ø
Disajikan suatu
cerita, peserta didik dapat menyebutkan nama-nama sahabat Nabi yang mendapat
siksa dari Kafir Quraisy |
C4 C1 C2 C1 C1 C1 |
PG PG PG PG PG PG |
1 2 3 4 5 6 |
3.2. Menganalisis
strategi dakwah Nabi Muhammad SAW. Di Mekah 3.3. Menganalisis
strategi dakwah Nabi Muhammad Saw di Mekkah 3.1. Mengidentifikasi
berbagai kemajuan yang dicapai umat islam pada masa Khulafaur Rasyidin |
Dakwah sirriyah dan Jahr Nabi Muhammad SAW di
Mekkah. Peristiwa hijrah ke Habsyi dan misi dakwah Nabi ke
Thaif. Perjanjian Aqobah. Kondisi masyarakat Madinah sebelum kedatangan agama
Islam. Khulafaurrasyidin. |
Ø
Peserta didik dapat
menyebutkan karakter yang menjadi modal kesuksekan dakwah Nabi Muhammad di
Mekkah Ø
Peserta didik dapat
menyebutkan orang-orang yang pertama masuk Islam Ø Peserta didik dapat menyebutkan nama tempat dakwah awal nabi Muhammad
secara terang-terangan dengan benar Ø Disajikan
suatu cerita, peserta didik dapat mengidentifikasi isi pengumuman boikot atau
embargo yang dilakukan kafir Quraisy terhadap Bani Hasyim dan Bani Abdul
Mutholib Ø Disajikan
suatu cerita, peserta didik dapat menyebutkan pemimpin hijrah ke
Habsyi Ø Disajikan
suatu cerita, peserta didik dapat mengidentifikasi alasan Nabi
Muhammad memilih Thaif sebagai tempat misi dakwahnya dengan benar Ø
Peserta didik dapat
menyebutkan isi Bai’at Aqobah I Ø
Peserta didik dapat
menyebutkan kepercayaan dan agama yang dianut penduduk di Madinah Ø Peserta didik dapat menyebutkan kabilah Yahudi yang ada di Madinah Ø Disajikan
pernyataan mengenai arti kata Khulafaurrasyidin, peserta didik dapat
mengemukakan pengertian Khulafaurrasyidin Ø Disajikan
deskripsi kehidupan abu bakar as-sidiq, peserta didik dapat
mengemukakan alasan Abu Bakar mendapat gelar ash-shidiq Ø Disajikan deskripsi kehidupan Umar bin Khattab setelah masuk Islam,
peserta didik dapat mengemukakan gelar yang diberikan Rasulullah SAW terhadap
Umar bin Khattab Ø
Disajikan deskripsi
kehidupan Usman bin Affan, peserta didik dapat mengemukakan gelar yang
diberikan kepada Usman bin Affan Ø
Disajikan
deskripsi perjuangan Ali bin Abi Thalib dalam membela Rasulullah SAW, peserta
didik dapat menentukan sifat positif yang dapat kita teladani Ø Disajikan
pernyataan proses pengangkatan Umar bin Khattab, peserta didik dapat
menganalisis sikap positif yang dapat kita ambil dari cara pengangkatan
Khalifah Umar bin Khattab |
C1 C1 C1 C4 C1 C4 C1 C1 C1 C2 C2 C2 C2 C3 C4 |
PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG |
7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 |
3.2. Memahami
perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Bani Umayah |
Dinasti Umayah. |
Ø
Disajikan model-model
kepemimpinan Khulafaurrasyidin, peserta didik dapat menganalisis model
kepemimpinan Khalifah Abu Bakar Ash-Shidiq Ø
Disajikan pernyataan
kebijakan kepemimpinan Khalifah ali bin Abi Thalib, peserta didik dapat
menganalisis model kepemimpinan Ali bin Abi Thalib Ø Disajikan
deskripsi perjuangan Abu Bakar melawan nabi palsu, peserta didik dapat
menentukan nama peperangan melawan nabi palsu Ø
Disajikan pernyataan kondisi
Al-Qur’an pada masa Khalifah Abu Bakar, peserta didik dapat mengemukakan
alasan kodifikasi Al-Qur’an pada masa Abu Bakar Ø
Disajikan pernyataan
kondisi setelah pengumpulan Al-quran pada masa Abu Bakar, peserta didik dapat
mengemukakan nama sahabat yang dijadikan tempat penyimpanan mushaf Al-Qur’an Ø
Disajikan pernyataan kondisi
perluasan wilayah pada masa Umar bin Khattab, peserta didik dapat
menganalisis daerah-daerah kekuasaan pada masa Umar bin Khattab Ø
Disajikan prestasi-prestasi
Umar bin Khattab, peserta didik dapat menganalisis jasa Umar bin Khattab yang
dapat membedakan antara umat islma dengan kaum nasrani Ø
Disajikan pernyataan
kondisi wilayah pada masa Usman bin Affan, peserta didik dapat menganalisis
prestasi Usman bin Affan yang dalam perkembangannya membawa dan menyebarkan
islam sampai ke eropa bahkan sampai Indonesia Ø
Disajikan deskripsi
kodifikasi Al-Qur’an pada masa Usman bin Affan, peserta didik dapat
mengemukakan kota-kota yang dikirim mushaf hasil kodifikasi tersebut Ø Disajikan
prestasi-prestasi Ali bin Abi Thalib, peserta didik dapat menganalisis
prestasi Ali bin Abi Thalib yang berkaitan untuk membangun pemerintahan yang
efektif dan efisien Ø Disajikan
pernyataan kondisi umat Islam di akhir masa Khulafaurrasyidin, peserta
didik dapat menganalisis kekuasaan setelah Khulafaurrasyidin Ø Disajiakn
proses berdirinya Dinasti Umayah, peserta didik mengemukakan asal
penamaan Dinasti Umayah Ø Disajikan
deskripsi proses berdirinya Dinasti Umayah, peserta didik dapat
mengemukakan masa kekuasaan Dinasti Umayah |
C4 C4 C3 C2 C2 C4 C4 C4 C2 C4 C4 C2 C2 |
PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG |
22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 |
3.3. Mengidentifikasi ilmuwan muslim dan perannya
dalam memajukan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Bani Umayah 3.4. Memahami sikap dan gaya kepemimpinan Umar
bin Abdul Aziz |
Ilmuwan muslim dan perannya dalam memajukan
kebudayaan/peradaban islam pada masa Dinasti Umayyah. Sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz |
Ø Disajikan
pernyataan nama-nama ilmuwan pada masa Dinasti Umayah, peserta
didik dapat menganalisis ilmuwan yang ahli dibidang Fikih pada masa Dinasti
Umayah Ø Disajikan
pernyataan perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti
Umayah, peserta didik dapat menganalisis nama ilmu yang berkembang yang
berfungsi untuk mengetahui kandungan ayat-ayat Al-Qur’an Ø Disajikan nama-nama ilmuwan muslim masa Dinasti Umayah,
peserta didik dapat mengemukakan nama ilmuwan yang menguasai bidang Tasawuf Ø Disajikan pernyataan kebijakan umar bin abdul aziz, peserta didik
dapat menganalisis kebijakan Umar bin Abdul Aziz yang berkaitan dengan
perlindungan terhadap hak asasi manusia Ø Disajikan pernyataan kepribadian Umar bin Abdul Aziz, peserta didik
dapat menganalisis karakter Umar bin Abdul Aziz yang dapat kita contoh dalam
kehidupan sehari-hari Ø Disajikan pernyataan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz, peserta
didik dapat menganalisis gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz yang sangat
berperan terhadap kemajuan pemerintahan Dinasti Umayah |
C4 C4 C2 C4 C4 C4 |
PG PG PG PG PG PG |
35 36 37 38 39 40 |
Comments
Post a Comment